Archive for the ‘Tak Berkategori’ Category

Photoshop Touch, Aplikasi Editing Terbaru Untuk Smartphone dan Tablet

Selasa, Desember 3rd, 2013

Anda hobi desain dan editing? Tentu tak lepas dari yang namanya Photoshop. Memang aplikasi satu ini merupakan senjata ampuh untuk berkreasi. Namun sayangnya Anda tentu tak akan luwes bekerja dengan desain Anda bila menggunakan Photoshop Express. Menjawab kegelisahan Anda tersebut, maka kini Adobe memboyong aplikasi yang lebih ciamik untuk editing di tablet maupun smartphone Anda, Photoshop Touch.

Aplikasi Photoshop Touch ini menawarkan antarmuka yang lebih disesuaikan dengan layar yang lebih kecil dan fungsional. Hadir dengan fitur utama layer yang terbagi menjadi tiga bagian bila Anda mengedit di resolusi maksimal serta fitur populer Scribble Selection yang memungkinkan Anda menyeleksi dan memotong gambar cukup dengan sentuhan. Tak hanya itu ada pula fitur filter, Paint-stroke dan komponen lain di dalamnya.

Fitur unik lain yang bisa ditemukan di aplikasi ini yaitu fitur yang memadukan kamera Anda untuk mengambil gambar background sekitar Anda, sementara menumpuk potongan-potongan gambar di atasnya. Desain Anda di tablet maupun smartphone ini selanjutnya bisa disinkronisasikan ke komputer dengan bantuan layanan Cloud Adobe Creative.
img_9272
Manager Produk Photoshop, Stephen Nelson, berkomentar bahwa kita mungkin akan menemukan perbedaan antara aplikasi di tablet dan di smartphone, makanya aplikasi ini dibuat masing-masing bukan dipasarkan sebagai aplikasi universal.

“Salah satu keunggulan dari aplikasi terpisah ini yaitu aplikasi ini akan lebih fleksibel dengan dua jenis produk yang berbeda. Anda akan melihat perbedaan setelah menggunakan versi smartphone yang disesuaikan dengan layar yang lebih kecil dibandingkan versi tablet yang memiliki layar lebih besar.” ujar Nelson.

YouTube Preview ImageMembandrol biaya 4,99USD atau sekitar 49rb rupiah, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di App Store dan Google Play. Aplikasi ini kompatibel dengan iPhone 4S ke atas, iPod Touch generasi terbaru dan  smartphone Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas.

(http://www.beritateknologi.com/photoshop-touch-aplikasi-editing-terbaru-untuk-smartphone-dan-tablet-anda/)

APLIKASI AVIARY DENGAN PHOTOSHOP.

Dari artikel di atas kita ketahui kalau photoshop itu memang canggih sih, tapi harganya itu yang bikin kita mundur untuk membeli lisensi resminya. Jangan kuatir dah, sekarang ada alternatif atau pengganti Photoshop sebagai software graphic design yang gratis bahkan lebih lengkap dari Photoshop karena juga bisa berfungsi untuk editor grafik vektor bahkan audio juga bisa.

Sebenarnya Aviary sebagai editor grafis berbasis web sudah cukup lama eksis tetapi sebelumnya merupakan aplikasi web komersial seharga 25 USD setahun. Saat ini Aviary hanya bisa diakses melalui internet / online tetapi menurut FAQ dari situs Aviary akan dirilis produk berbasis Adobe AIR ke depannya sehingga bisa mengedit secara offline.

Aplikasi editor grafis ini dibuat dengan teknologi Adobe Flash, jadi untuk menjalankannya Anda hanya memerlukan browser dengan plugin Flash (di mana biasa sudah terinstall).

Tampilan image editor yang disebut Phoenix ini sudah mirip-mirip Photoshop, bahkan memiliki menu Filters. Jadi untuk versi gratis sudah canggih banget deh aplikasi dari Aviary ini.

Bahkan ternyata sudah banyak karya grafis yang dibuat dengan Aviary yang bisa dilihat di:
http://aviary.com/popular

Lalu mungkin Anda yang sudah terbiasa Photoshop atau tidak pernah menggunakan editor grafis mungkin berpikir, ah cape deh, saya belum tahu cara menggunakan Aviary ini. Untuk Anda yang ingin belajar Aviary sudah menyediakan banyak tutorialnya yang bisa diakses di:
http://aviary.com/tutorials
(http://www.beritateknologi.com/aviary-editor-grafis-online-ciamik-alternatif-photoshop-sekarang-gratis/)

Jadi berdasarkan kesimpulan dari dua artikel di atas, dapat kita simpulkan kalau Adobe Flash photoshop itu memang canggih bahkan sekarang dapat digunakan untuk android namun kecanggihan Aviary pun juga dapat menandingi photoshop.