BALAGANJUR NGARAP

Balaganjur merupakan salah satu dari sekian barungan gamelan berasa dari Bali. Gamelan balaganjur ini sendiri merupakan salah satu gamelan yang dibutuhkan dihampir setiap yadnya seperti pitra yadnya, dewa yadnya, manusa yadnya, maupun bhuta yadya yang dimana sebagian besar fungsinya adalah sebagai gamelan pengiring memargi/berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya dalam rangkaian yadnya tersebut. Istilah… Continue reading BALAGANJUR NGARAP

Pola pukulan ceng-ceng balaganjur cak telu yang dimainkan oleh 8 orang dibagi dengan 2 orang.

Balaganjur merupakan salah satu dari sekian barungan gamelan berasal dari Bali. Dalam gamelan Balaganjur memiliki beberapa instrumen dalam barungannya, yaitu : 2 buah kendang jedugan 2 buah gong wadon dan lanang 1 kempur 1 bebende 2 buah ponggang 1 buah kajar 1 buah kempli 4 buah reong 8 pasang ceng-ceng kopyak. Dalam semua barungan tersebut… Continue reading Pola pukulan ceng-ceng balaganjur cak telu yang dimainkan oleh 8 orang dibagi dengan 2 orang.

Halo dunia!

Selamat datang di Blog.isi-dps.ac.id. Ini adalah artikel pertama Anda. Edit atau hapus artikel ini, dan mulailah menulis!