TEKNIK DASAR MEMAINKAN RINDIK

Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional Bali dan telah menjadi ciri khas dari budaya Bali. Berawal ketika pihak wengker melakukan pemberontakan kepada majapahit, banyak angklung Reog yang merupakan senjata kerajaan majapahit juga berfungsi sebagai alat musik di tinggal di kerajaan. Sejarah singkat perjalanan alat musik Rindik berawal dari orang-orang Wengker (kini Ponorogo) yang memberontak terhadap kerajaan Majapahit. Orang-orang Wengker memiliki alat musik yang bernama Angklung Reyog yang juga digunakan sebagai senjata. Suatu waktu terjadi serangan dari kerajaan Demak yang membuat orang-orang Wengker lari pulang ke Bali sembari membawa Angklung Reyog dan sebagian gamelan. Sesampainya di Bali, mereka kesulitan dalam merangkai alat musik tersebut akibat ada beberapa bagian yang rusak dan berubah posisi. Kemudian Angklung Reyog tersebut ditata ulang dan dapat menghasilkan suara dengan cara dipukul seperti memainkan Gambang. Alat musik tersebut akhirnya diberi nama Rindik yang dalam bahasa Jawa Kuno berarti ditata rapi dengan celah sedikit.
Bentuk alat musik Rindik yakni potongan-potongan bambu yang berjumlah 11 hingga 13 buah ditata dengan rapi dan terdapat celah di antara potongan-potongan tersebut. Setiap potongan bambu memiliki ukuran yang berbeda dengan nada tangga nada yang berbeda pula. Semakin besar ukuran potongan bambu maka semakin rendah nada yang dihasilkan, sehingga semakin kecil ukuran potongan bambu maka semakin tinggi nada yang dihasilkan. Urutan peletakkan potongan bambu tersebut dimulai dari potongan yang paling besar di sebelah kiri hingaa ukuran paling kecil di sebelah kanan. Rindik memiliki 5 tangga nada utama karena nada yang dihasil oleh Rindik berjenis laras slendro. Cara memainkan alat musik Rindik ini dengan cara dipukul. Kedua tangan memegang masing-masing satu pemukul dengan tugas yang berbeda. Tangan kanan memainkan kotekan dan tangan kiri memainkan melodi.
Fungsi alat musik Rindik ini berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Dahulu, di Bali sendiri alat musik Rindik biasa digunakan sebagai hiburan rakyat terutama bagi para petani sebagai salah satu alat musik yang mengiringi pertunjukan tari Joged Bumbung. Namun, kini penggunaan alat musik Rindik kian bervariasi mulai dari mengiringi musik di pernikahan hingga festival budaya.