Sibelius 4

Maret 26th, 2018

Sibelius adalah sebuah program software khusus untuk mengetik notasi musik berupa not balok. Program ini dipakai oleh para penggubah lagu, arranger, musisi, videografer, DJ, penerbit lagu. Biasanya digunakan dalam menggubah atau mengedit musik klasik, jazz, pop, band, dan vokal.

Sejarah sibelius

Pada tahun 1986 Ben dan Jonathan Finn, saudara kembar yang berasal dari Britania Raya, memulai membuat perancangan program Sibelius untuk Acorn Archimedes. Penamaan Sibelius berasal dari nama seorang komposer Finlandia, Jean Sibelius, yang merupakan salah satu komposer favorit mereka. Alasan mengapa mereka menciptakan program tersebut karena mereka adalah mahasiswa musik yang kurang menyukai proses menulis dengan tangan.Oleh karena itu mereka membuat sebuah program yang dapat mempermudah penulisan musik.

Ben dan Jonathan Finn menjual produk mereka secara luas pada bulan April tahun 1993, dengan memori yang masih kecil, hanya kurang dari 1 MB, untuk sistem operas RISC. Pengguna pertama program Sibelius adalah Richard Emsley, komposer Inggris, yang menggunakannya sebelum rilis dan merekomendasikan Sibelius untuk dipakai oleh para musikus lainnya. Partitur yang pertama kali dicetak adalah Antara, oleh George Benjamin. Pengguna awal lainnya yang cukup dikenal kalangan masyarakat adalah John Rutter, dirigen Michael Tilson Thomas, dan penerbit Music Sales. Sejak itu, Sibelius dengan cepat mendominasi pasar Inggris.

Pada tahun 1998, versi pertama untuk Windows dirilis, yaitu Sibelius 1.0. Versi untuk Mac baru dirilis sebulan kemudian. Sibelius semakin dikenal banyak orang hingga membuka cabang di Amerika Serikat pada akhir tahun 1996, dan meraih kesuksesannya pada tahun 1999, dengan perubahan menjadi Sibelius 1.2.

Pada bulan Agustus 2006, Sibelius Software Ltd. diambil alih oleh Avid (perusahaan Amerika yang bergerak di bidang software dan hardware untuk produksi audio dan video). Avid terus merilis versi-versi Sibelius sebagai satu-satunya produk yang dapat menulis not balok serta mengintegrasikannya dengan beberapa software yang ada.

Pada bulan Juli 2012, Avid berencana untuk melepaskan konsumennya, menutup kantor Sibelius Software di London untuk mengembangkan lebih jauh di Kiev dan memberhentikan beberapa pegawai kerjanya.

 

Kronologi[sunting | sunting sumber]

  • 1986: Jonathan & Ben Finn memulai mendesain Sibelius 7 untuk Acorn Archimedes.
  • 1993: Perangkat lunak Sibelius berdiri sendiri dan menjual Sibelius 7 ke pasar di Inggris. Pelanggan pertama merupakan penerbit musik terbesar di Eropa, komposer John Rutter, dan Royal Academy of Music. Selain itu, pada tahun yang sama, Sibelius 6 untuk edukasi dirilis.
  • 1994: Sudah mendistribusikan ke seluruh Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Sibelius 7 untuk edukasi pelajar dirilis.
  • 1995: Sibelius versi bahasa Jerman dirilis.
  • 1996: Membuka cabang di California, AS. Sibelius Junior (program untuk SMP) dirilis.
  • 1998: Sibelius untuk Windows, diluncurkan ke seluruh dunia.
  • 1999: Sibelius untuk Mac, PhotoScore dan Scorch diluncurkan. Ada seorang Amerika yang mensubsidi pembukaan cabang di AS, membuat Sibelius Group yang memiliki 25 karyawan.
  • 2000: Sibelius edisi internet diluncurkan, dan diadopsi untuk diluncurkan di internet oleh penerbit Music Sales dan Booset & Hawkes di Eropa dengan link SibeliusMusic.com.
  • 2001: Penerbit partitur musik terbesar, Hal Leonard, juga mengadosi Sibelius edisi internet. Lalu Sibelius Group sudah mencapai 50 karyawan.
  • 2002: Sibelius adalah program musik paling utama untuk Mac OS X.
  • 2003: Pendapatan Sibelius mengalahkan kompetitornya MakeMusic Inc (20% lebih besar), menjadikan Sibelius sebagai pemimpin pasar dunia. Starclass, Instrumen, G7 dan G7music.net diluncurkan. Sibelius Group memulai pendistribusian Musition dan Auralia. Di Jepang, Sibelius diluncurkan oleh Yamaha.
  • 2004: Compass, Kontakt Gold, Sibelius edisi pelajar, Sibelius dalam bahasa Perancis dan Spanyol diluncurkan. Perusahaan memperoleh SequenceXtra. Perangkat lunak Sibelius digunakan di lebih dari 50% sekolah tingkat SMA di Inggris.
  • 2005: Cabang yang disubsidi di Australia, dibentuk setelah memperoleh distributor Australia. Perusahaan mencapai 75 karyawan. Sibelius memenangkan penghargaan bergengsi, “Queen’s Award for Innovation”. Pada tahun yang sama, merilis koleksi suara Rock dan Pop.
  • 2006: Groovy Music dan Keyboard berwarna diluncurkan. Perangkat lunak Sibelius dibeli oleh Avid Technology.
  • 2007: Cabang kantor di Jepang dibuka.
  • 2012: Avid menutup kantor di Inggris dan memberhentikan tim orisinil pengembang Sibelius

Leave a Reply