Biografi Seniman I Wayan Gador

Biografi Seniman I Wayan Gador
Latar belakang
Peranan seniman, khususnya pada kalangan masyarakat Bali, dalam upaya mengaktualisasikan seni tradisinya agar mampu beradaptasi dengan situasi dan jamannya telah menunjukkan hasil. Sebagaimana yang terjadi dalam seni karawitan Bali dewasa ini. Karya-karya karawitan di Bali tidak terlepas dari para konseptor atau komposer yang mampu menerima segala jenis perkembangan maupun pengaruh budaya global tetapi masih berpegang teguh pada seni-seni tradisi yang diwariskan nenek moyang terdahulu. Sebagai salah satu contoh seniman bali adalah I wayan gador, Maka dari itu saya tertarik untuk membuat biografi sosok seniman I wayan gador, untuk mencari tahu asal-usul beliau dan secara tidak langsung juga bisa belajar dari pengalaman beliau

Nama : I wayan godor
Alamat :br.tegaljaya , batubulan, sukawati , gianyar
Tahunlahir: 1938 bulan dan tanggal tidak di ketahui
Pendidikan terakhir : SD
I wayan gador yang sering di panggil “kak gador” beliau adalah seniman alam.Beliau di lahirkan dari keluarga yang sederhana pada tahun 1938.
Beliau mulai sekolah padaumur 7 tahun di sekolah SR (sekolahrakyat) .Karena tekanan ekonomi beliau hanya sempat mengenyam pendidikan formal sampai SR saja.Dengan berbekalkan semangat yang membaja dan disertai dengan ketekunan dan kerja keras beliau memulai berkesenian sejakmasih bersekolah yang dilatih oleh ayahnya.
Bakat kesenimanan wayan gador sebagai pengrawit sudah kelihatan mulai sejak beliau masih di SR(sekolah rakyat) Bakatnya itu terbukti dari kecakapannya bermain kendang karena terdahulu ayah beliau adalah juga sebagai pemain kendang. Di setiap pementasan beliau selalu dapat bermain kendang,
Baliau adalah anak pertama dari pasangan I wayan rubeg(alm) dan ni ketut cenol(alm) pasangan ini dikaruniai 5 anak yang pertama I wayan gador , ni made celuk, I nyoman latih(alm), ni ketut renci dan ni ketut gembrong.
Beliau I wayan gador mempunyai 2 istri, yang pertama I ketut pundung yang karuniai 6 anak; ni wayan sontri, I made sutame, ni nyoman runih, I katut sukra ,ni made koti , I nyoman nonok.
Dan istri yang kedua ni katut kemprot dikaruniai 1 anak yaitu I made nirta.

Pengalamanmelatih
Di banjar abasan singapadu pada tahun 1964 melatih gending lelambatan di pakai untuk mlaspas bale banjar abasan singapadu.
Di banjar kutri singapadu beliau juga pernah melatih gending pelegongan pada tahun 1970
Di jagapati juga tahunnya beliau lupa
Sampai saat ini beliau hanya masih melatih di banjar bungsu singapadu yaitu materi lelambatan klasik
saat itu tidak ada imbalan menurut beliau sudah dapat melatih di banjar lain sudah menjadi kebanggan tersendiri bagi beliau. Hanya saja kadang-kadang sekehe yang di latih tersebut memberikan uang kerumah beliau, namun beliau tidak pernahmanerimanya.
Penghargaan yang pernah beliau terima adalah (vijayakasuma) penghargaan seni dari kabupaten gianyar .tidak mendapatkan uang namun mendapatkan mendali emas seberat 10 gram. Namun sayang sekali karena kebutuhan keluarga anak beliau menjual penghargaan tersebut yang saat ini hanya suratnya saja.
Demikian biografi I wayan gador ialah salah satu orang senimannalam yang ada di batubulan. Dari cipta,rasa dan karsa nenek moyang yang kita pada zamannya yang masih dapat bertahan dari terpaan gelombang peradaban manusia dalam entan waktu yang cukup lama, dan inihanya dimungkinkan oleh adanya suatu vitalitas nilai univesal yang terkandung didalamnya dan terjalin erat dengan masyarakat pendukungnya. Apabilaa dakesalahan yang kurang berkenan di hati para pembaca, saya minta maaf sebesar-besarnya. SekiandanTerimakasih.