CAKEPUNG

Rabu, Mei 2nd, 2018

Merupakan tari pergaulan rakyat yang terdiri dari 10-20 orang laki-laki. Penari cakepung duduk melingkar sambil bernyanyi, membaca lontar tembang, menirukan bunyi instrument dan kemudian berteriak menyatakan kegembiraan. Cakepung hanya terdapat didaerah Karangasem diantaranya di Desa Sidemen, Bugbug dan Kota Amlapura.

Cakepung mempunyai persamaan dengan cak yang ada didaerah Badung dan Gianyar. Persamaan terlihat dari koor atau tembang-tembang yang dinyanyikan dan motif-motif ritme yang dipakai dalam pementasan cakepung yang hampir sama dengan motif dan ritme cak. Perbedaannya terletak pada penggunaan instrument rebab dan suling sebagai pembawa melodi dalam cakepung, sedangkan cak melodinya dibawakan oleh penari itu sendiri.

Mengenai bentuk tari dalam cakepung lebih banyak merupakan improvisasi, gaya bebas perseorangan yang sangat sukar untuk menentukan pembendaharaan gerak tarinya. Namun, sering pula ikut penari-penari topeng dan gambuh yang kemudian memasukan gerak tari topeng dan gambuh dalam tari cakepung. Hal yang terpenting dari gerak tari cakepung ini adalah penggunaan ekspresi kegembiraan, sedih dan rasa pengabdian kepada para leluhurnya. Cakepung dipertunjukan untuk upakara-upakara yang berhubungan dengan musim panen, dipertunjukan pada malam hari dimana para penarinya sudah berisap-siap dari rumahnya masing-masing dengan membawa makanan seperti kacang, tuak, arak, lawar dan makanan lainya. Busananya sangat sederhana dengan menggunakan pakaian adat Bali antara lain lelancingan, baju kemeja dan destar (ikat kepala).

Ada seorang tokoh cakepung yang sangat pandai yaitu Ida Bagus Kompyang, dari Sidemen. Beliau adalah ahli tari gambuh, sehingga sekeha cakepung yang berada dibawah asuhannya mendapat pengaruh dari tari gambuh dan meningkatkan mutu dari tari cakepung khususnya dalam gerak tarinya. Didalam koornya penari cakepung bernyanyi dengan menyuarakan “cak pung, cak pung, cak pung, cak pung” sehingga tari itu disebut cakepung.

 

PUSTAKAAN :

Bandem, I Made, 1983, Ensiklopedi Tari Bali, Denpasar, Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar Bali.

Comments are closed.