yudikrisnajaya

April 24, 2012

TETABUHAN BALI I

Filed under: Tulisan —— yudikrisnajaya @ 8:48 am

Penulis :

Pande Made Sukerta

 

Lay Out & Desain

Irvan M.N

 

Cetakan :

Pertama, Oktober 2010

ISBN 978-602-8755-20-7

 

Penerbit :

ISI Press Solo

Jl. Ki Hadjar Dewantara 19

Kentingan, Jebres, Surakarta 57126

Telp. (0271) 647658, Fax. (0271) 646175

 

Pada bagian ini menjelaskan hal-hal yang bersifat umum dalam karawitan Bali yang meliputi jenis-jenis barungan gamelan, fungsi tiap-tiap barungan gamelan, beberapa pengertian yang terkait dengan karawitan Bali seperti kata gaya, gong, gamelan, dan hal-hal yang salah kaprah yang sampai sekarang masih banyak terjadi dan telah beredar dalam masyarakat.

  1. A.    Pengertian

Pengertian empat istilah yaitu gaya, karawitan, gong dan gamelan. Adapun penjelasan dari istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. 1.      Gaya

Istilah gaya dalam kamus Bahasa Indonesia Kontemporer yang disusun oleh Peter Salim dan Yenny Salim (1991) sebagai berikut :

(1)   Kekuatan, kesanggupan berbuat

(2)   Sikap, gerakan

(3)   Irama dan lagu dalam musik, nyanyian dan sebagainya

(4)   Ragam, bentuk

(5)   Cara melahirkan gerakan pada suatu cabang olahraga

(6)   Lagak lagu

(7)   Sikap atau gerak-gerik yang indah

(8)   Cak elok, bergaya

Dari pernyataan ini maka gaya dapat dibedakan atau dilihat menjadi dua yaitu gaya fisik dan gaya musikal. Gaya fisik dapat diamati dari segi jenis, jumlah dan bentuk tungguhan yang digunakan, sedangkan gaya musikal dapat diamati dari segi penggarapan melodi, dinamika misalnya sajian gending gong kebyar gaya Buleleng relatif lebih keras dan cepat dibandingkan dengan sajian gending Gong Kebyar gaya Badung.

 

  1. 2.      Karawitan

Istilah karawitan merupakan istilah baru di Bali, namun penggunaan dan pemaknaannya semakin berkembang artinya semakin banyak yang menggunakan. Banyak orang memaknai karawitan berasal dari kata rawit yang berarti kecil, halus atau rumit, sehingga kata rawit digunakan untuk mewadahi cabang beberapa seni yang memiliki karakter yang halus, kecil, rumit atau yang sejenis.

Penggunaan istilah karawitan di Bali relatif baru yang sebelumnya menggunakan istilah gamelan atau gong. Istilah karawitan digunakan  mulai pindahnya almarhum I Nyoman Rembang dari Konservatori Karawitan Solo, kemudian pindah mengajar di KOKAR Bali (Koservatori Karawitan Bali) di Denpasar sekitar tahun 1964.

 

  1. 3.      Gong

Gong mempunyai tiga pengertian sebagai berikut :

  1. Istilah gong untuk menunjuk salah satu jenis tungguhan yang bentuknya bundar dan persegi,. Bentuk gong bundar di tengah-tengahnya menggunakan pencon sebagai tempat untuk memukul. Tungguhan gong pada umumnya dibuat dari perunggu dan kadang-kadang juga dibuat dari besi yang digunakan pada jenis-jenis barungan gamelan Gong Gede, Gong Luang dan Gong Kebyar yang ukuran garis tengahnya sekitar 75 sampai 90 centimeter.
  2. Istilah gong di Bali pada umumnya dapat digunakan untuk menunjuk satu barung gamelan, apabila suatu barungan gamelan menggunakan tungguhan gong yang bentuknya bundar dengan ukuran sekitar 75 sampai 90 centimeter, maka nama jenis barungan gamelan tersebut selalu diawali dengan kata gong, seperti gamelan gong gede, gong luang, gong kebyar kecuali jenis barungan gamelan gong suling dan gong bheri  kedua jenis barungan gamelan tersebut tidak menggunakan jenis tungguhan gong tetapi nama jenis barungan gemalan tersebut selalu diawali dengan kata gong.
  3. Istilah gong juga digunakan untuk menyebut karawitan. Dalam pembicaraan sehari-hari terutama di desa tidak menyebut karawitan tetapi gong misalnya dalam ungkapan bahasa Bali.
  4. 4.      Gamelan

Istilah gamelan mempunyai dua pengertian, yaitu pertama istilah gamelan digunakan untuk menunjuk pada satu kesatuan tungguhan yang terdiri atas sejumlah tungguhan tertentu. Kedua, istilah gamelan digunakan juga untuk menyebut suatu barungan gamelan yang tidak menggunakan tungguhan gong, seperti misalnya untuk gamelan Semar Pagulingan Saih Lima, gamelan Semar Pagulingan saih pitu, gamelan angklung kembang kirang, gamelan angklung Don Nem, gamelan Angklung Klentangan, gamelan Angklung “Jembrana”, gamelan Pegambuhan, gamelan Pengarjaan, gamelan Gambang, gamelan Selonding.

 

  1. B.     Jenis-jenis Barungan Gemalan

Berdasarkan hasil inventarisasi penulis, terdapat 40 (empat puluh) jenis karawitan baik yang menggunakan media gamelan, vokal dan campuran antara gamelan dengan vokal.

Adapun jenis-jenis karawitan di Bali yang ada sekarang adalah sebagai berikut :

  1. Adi Merdangga
  2. Angklung Don Nem (slendro 5 nada)
  3. Angklung Kembang Kirang (slendro 4 nada)
  4. Angklung Klentangan (slendro 5 nada)
  5. Angklung “Jembrana” (pelog 4 nada)
  6. Bebatelan
  7. Bumbang
  8. Bumbung Gebyog
  9. Caruk
  10. Degdog
  11. Gambang
  12. Genggong
  13. Genta Pinara Pitu
  14. Gerantang (Pajogedan)
  15. Gong Beri
  16. Gong Duwe
  17. Gong Gede
  18. Gong Kebyar Gaya Bali Utara
  19. Gong Kebyar Gaya Bali Selatan
  20. Gong Luang
  21. Gong Suling
  22. Jegog
  23. Kendang Mebarung
  24. Mandolin
  25. Manika Santi
  26. Parwa
  27. Pegambuhan
  28. Pejangeran
  29. Geguntangan
  30. Rindik Gegandrungan
  31. Selonding
  32. Semar Pagulingan Saih Lima
  33. Semar Pagulingan Saih Pitu
  34. Smara Dhana
  35. Tektekan
  36. Pleret
  37. Trompong Beruk
  38. Genjek
  39. Cekepung
  40. Renganis

 

  1. C.    Terbentuknya Barungan Gamelan

Kalau diamati jenis-jenis barungan gamelan yang ada, terbentuknya sebuah barungan gamelan disebabkan adanya :

  1. Penggabungan jenis-jenis tungguhan yang berasal dari berbagai barungan gamelan, seperti barungan gamelan Adi Merdangga.
  2. Adanya penambahan atau pengurangan jenis tungguhan dalam barungan gamelan tersebut, seperti barungan gamelan Bebatelan merupakan barungan gamelan Parwa yang ditambah dengan beberapa jenis tungguhan seperti tungguhan kendang, kajar, ceng-ceng, klenang dan tungguhan kempul, sedangkan barungan gamelan Caruk adalah pengurangan jenis-jenis tungguhan dari barungan gamelan Gambang.
  3. Merupakan kesatuan dari jenis-jenis tungguhan yang digunakan (tidak menggunakan tungguhan dari barungan gamelan lain) artinya memiliki jenis-jenis tungguhan khusus, seperti Angklung Don Nem, Angklung Kembang Kirang, Angklung Klentangan, Angklung Jembrana, Bumbang, Bumbung Gebyog, Degdog, Genggong, Genta Pinara Pitu, Gerantang (Pajogedan), Gong Beri, Gong Gede, Gong Kebyar, Gong Luang, Gong Suling, Jegog, Kendang Mebarung, Mandolin, Manika Santi, Parwa, Pegambuhan, Pejangeran (Geguntangan), Pengarjaan, Rindik Gegandrungan, Selonding, Semar Pegulingan Saih Lima, Semar Pagulingan Saih Pitu, Smara Dhana, Tektekan Dan  Barungan Gamelan Trompong Beruk.

 

  1. D.    Fungsi Barungan Gamelan

Pengertian fungsi adalah sesuatu yang menunjukkan kaitan antara satuhal dengan hal lain atau sesuatu yang menyatakan hubungan antara suatu hal dengan pemenuhan kebutuhan tertentu. Fungsi barungan gamelan di Bali untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan konsep desa kala patra, yaitu tergantung dari situasi dan kondisi maupun potensi daerah setempat.

Secara garis besar ada dua fungsi barungan gamelan Bali, yaitu hiburan dan upacara. Adapun fungsi jenis-jenis barungan gamelan Bali adalah sebagai berikut :

 

  1. Adi Merdangga                             : hiburan
  2. Angklung Don Nem                      : upacara
  3. Angklung Kembang Kirang          : upacara dan hiburan
  4. Angklung Klentangan                   : upacara dan hiburan
  5. Angklung “Jembrana”                    : upacara dan hiburan
  6. Bebatelan                                       : upacara dan hiburan
  7. Bumbang                                       : hiburan
  8. Bumbung Gebyog                         : hiburan
  9. Caruk                                             : upacara dan hiburan
  10. Degdog                                          : upacara dan hiburan
  11. Gambang                                       : upacara dan hiburan
  12. Genggong                                      : hiburan
  13. Genta Pinara Pitu                          : upacara dan hiburan
  14. Gerantang (Pajogedan)                  : upacara dan hiburan
  15. Gong Beri                                      : upacara (Baris Cina)
  16. Gong Duwe                                   : upacara
  17. Gong Gede                                    : upacara
  18. Gong Kebyar Gaya Bali Utara      : upacara dan hiburan
  19. Gong Kebyar Gaya Bali Selatan   : upacara dan hiburan
  20. Gong Luang                                  : upacara dan hiburan
  21. Gong Suling                                  : hiburan
  22. Jegog                                             : hiburan
  23. Kendang Mebarung                       : hiburan
  24. Mandolin                                       : hiburan
  25. Manika Santi                                 : hiburan
  26. Parwa                                             : upacara dan hiburan
  27. Pegambuhan                                  : upacara dan hiburan
  28. Pejangeran                                     : hiburan
  29. Geguntangan                                 : hiburan
  30. Rindik Gegandrungan                   : hiburan
  31. Selonding                                      : upacara dan hiburan
  32. Semar Pagulingan Saih Lima         : upacara dan hiburan
  33. Semar Pagulingan Saih Pitu          : upacara dan hiburan
  34. Smara Dhana                                 : hiburan
  35. Tektekan                                        : hiburan
  36. Pleret                                             : hiburan
  37. Trompong Beruk                           : upacara dan hiburan
  38. Genjek                                           : hiburan
  39. Cekepung                                      : hiburan
  40. Renganis                                        : upacara dan hiburan

 

  1. E.     Fungsi Ganda

Diantara jenis-jenis karawitan Bali, ada yang mempunayi fungsi ganda adalah sebagai berikut :

  1. Gong Kebyar, selain digunakan untuk menyajikan gending-gending pategak dan gending tari kekebyaran, juga dapat digunakan untuk menyajikan atau mengiringi tari Arja, Drama Gong, Primbong (Topeng), menyajikan gending-gending Gong Gede dan Semar Pagulingan Saih Lima.
  2. Gong Gede, dalam perkembangan karawitan sekarang selain menyajikan gending-gending Gong Gede dan mengiringi tari sakral, juga digunakan untuk menyajikan gending tari (sendratari).
  3. Angklung, dalam perkembangannya sekarang tidak hanya menyajikan gending-gending angklung, melainkan sudah menyajikan gending-gending kekebyaran.

 

  1. 1.      Perbedaan Penggunaan Barungan Gamelan

Dilihat dari penggunaan barungan gamelan dalam pelaksanaan upacara ritual agama Hindu, terdapat perbedaan baik inter maupun antar daerah lainnya. Misalnya di Jawa pelaksanaan upacara agama Hindu menggunakan gamelan Jawa, demikian juga daerah lain akan menggunakan barungan gemalan yang berbeda.

  1. 2.      Hubungan Seni (Karawitan) dengan Upacara

Hubungan karawitan dengan upacara dapat dilihat dari 4 (empat) sudut, yaitu hubungan dalam penggunaan barungan gamelan, gending, jenis tungguhan yang dikeramatkan, dan sesajen untuk gamelan yang pembahasannya sebagai berikut :

  1. Penggunaan Barungan

Penggunaan barungan dalam upacara meskipun didasari oleh konsep desa kala paktra, namun ada barungan gamelan yang sama yang digunakan dalam upacara ritual tertentu, misalnya barungan gamelan gong gede yang menyajikan gending-gending lelambatan dalam uapcara Dewa Yadnya yang dapat juga disajikan dalam barungan gamelan gong kebyar. Dengan diiringi gending-gending lelambatan dan juga disertai alunan lagu-lagu cokal (kidung), maka persembahyangan akan dirasakan lebih mantap.

  1. Penggunaan Gending

Penggunaan gending-gending lelambatan dalam persembahyangan khususnya dalam Upacara Dewa Yadnya merupakan salah satu bentuk hubungan antara karawitan dengan upacara khususnya upacara Dewa Yadnya. Demikian juga pada saat upacara mekiis atau melis atau sering juga disebut melasti yang bentuknya prosesi di antaranya diiringi dengan bentuk gending gilak yang disajikan dengan tempo yang relatif lebih cepat daripada sajian bentuk gending lainnya.

  1. Jenis Tungguhan Yang Dikeramatkan

Hubungan karawitan dengan agama, dalam hal ini dikaitkan dengan menyakralkan salah satu jenis tungguhan yang digunakan dalam barungan gamelan yang digunakan. Tungguhan gong selain sebagai salah satu tungguhan yang disajeni sebagai wakil dari seluruh jenis-jenis tungguhan yang digunakan, ada juga tungguhan gong yang dikeramatkan. Bentuk mengeramatkan gong tersebut adalah dipukul pada saat-saat tertentu.

 

  1. Sesajen Barungan Gamelan

Pada umumnya di Bali, segala aktivitas yang akan dilakukan selalu didahului dengan menghaturkan sesajen, demikian juga dalam seni pertunjukan yang menggunakan barungan gamelan. Sebelum gamelan dipukul (menyajikan suatu gending), terlebih dulu dipersembahkan satu bentuk sesajen yang dihaturkan pada tungguhan gong. Bentuk atau besar kecilnya sesajen yang dihaturkan pada tungguhan gong sangat realtif, tergantung dari kebiasaan atau tradisi daerah masing-masing antara lain paras, daksina, canang, gantungan gong dan kawisan.

 

  1. F.     Kesalahkaprahan

Yang dimaksud dengan kesalahkaprahan adalah sesuatu yang salah namun sudah menyebar sehingga sesuatu yang salah tersebut dirasakan sudah benar dan menjadi kebiasaan atau tradisi. Kesalahkaprahan dalam karawitan Bali akan dilihat dari dua segi, yaitu penamaan barungan gamelan dan fungsi barungan gamelan.

  1. Penamaan Barungan Gamelan
    1. Palegongan

Nama dari salah satu jenis tarian Bali yang diiringi dengan gending-gending palegongan. Gending-gending tersebut disajikan pada barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Lima.

  1. Gong Gede

Artinya gamelan yang besar. Istilah ini digunakan untuk menyebut barungan gamelan yang ukurannya lebih besar dari segi fisik maupun musikal. Dalam hal ini gamelan angklung lebih kecil dibandingkan dengan gong kebyar, maka gamelan gong kebyar disebut diberi nama gong gede, dan gamelan angklung disebut gong cenik (kecil).

 

 

 

  1. Gong Cenik

Artinya gamelan kecil. Istilah ini digunakan untuk menyebut barungan gamelan yang lebih kecil daripada yang lainnya.

  1. Gong Duwe

Barungan gamelan Gong Duwe menggunakan laras pelog lima nada yang menggunakan dua tungguh gangsa pemade, dua tunggu gangsa pemade, dua tungguh gangsa kantil, satu tungguh terompong, satu tungguh kandang, satu tungguh barangan, satu tungguh jegogan, satu tungguh gong, satu tungguh kempul, satu pangkon ceng-ceng gecek, dan satu tungguh bebande. Jenis tungguhan gangsa pemade dan kantil masing-masing menggunakan delapan bilah yang urutan nadanya : dung, dang, ding, dong, deng, dung, dang, ding.

  1. Bebarongan

Dilihat dari asal katanya bebarongan berasal dari kata barong, yaitu sarana ungkap penari untuk menyajikan tari Barong. Kalau diamati barungan gamelan yang digunakan dalam tari Bebarongan tersebut adalah barungan Semar Pegulingan Saih Lima atau Gong Kebayr. Dilihat dari salah satu aspeknya, yaitu penggunaan jenis-jenis tungguhan, menyajikan gending-gending bebarongan menggunakan satu kendang cedungan (tidak sepasang kendang).

  1. Gamelan Joged Bumbung

Nama barungan gamelan ini mengalami kesalahkaprahan, yang sebenarnya barungan gamelannya bernama barungan gamelan gerantang,  kemudian masyarakat umum dan para seniman karawitan Bali menyebutnya barungan gamelan Joged Bumbung atau Pajogedan.

  1. Gamelan Gambang

Gambang merupakan salah satu barungan gamelan yang berlaras pelog tujuh  nada, dalam kehidupannya juga mengalami kesalahkaprahan dalam hal fungsi.

 

 

  1. Gamelan Gambuh / Pegambuhan

Barungan gamelan pegambuhan juga termasuk menjadi salah satu nama gamelan yang ikut salah kaprah, dalam penyebutannya. Dalam lontar Prakempa gamelan  pegambuhan disebut dengan gamelan Meladprana. Namun dalam masyarakat Bali, barungan gamelan Meladprana selalu disebut dengan barungan gamelan pegambuhan. Penamaan barungan gamelan ini dilihat dari fungsinya, yaitu untuk mengiringi drama tari Gambuh.

April 17, 2012

DIREKTORI INDUSTRI MUSIK

Filed under: Tulisan —— yudikrisnajaya @ 9:29 am

Cetakan :

Pertama, Juli 1999

Penerbit :

Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI)

Bekerjasama dengan Arti Line

Cover Depan :

Intrik Negeri Wayang (1998)

Yayat Surya

PERKEMBANGAN INDUSTRI MUSIK INDONESIA

Musik Populer, Kontemporer, dan Tradisional

          Salah satu pilar industri budaya Indonesia yang tahan gempuran dan kebal krisis adalah industri musik. Ditengah-tengah merosotnya industri manufaktur dan agraris; industri rekaman musik sepertinya melawan arus umum; terus berproduksi dan melahirkan talenta-talenta baru. Satu yang membanggakan dari industri ini, bahwa pangsa pasar yang dikuasai musik nasional bergerak antara 80% hingga 85%; dan baru sisanya di kuasai oleh musik asing. Kecenderungan ini, agaknya akan bertahan lama, mengingat semakin mahalnya nilai tukar dan sukarnya memperoleh hak cipta memproduksi untuk dalam negeri.

          Melihat perkembangan ini, industri musik In­donesia acap menjadi perhatian industri musik dunia; dengan memperhatikan potensi pasar dari kawasan ini. Apresiasi yang semakin luas dari masyarakat, kuamya struktur industri serta mulai berlakunya undang-undang hak cipta; memberi peluang bagi investor asing untuk menanamkan modalnya. Tak heran jika, beberapa produksi musik asing telah melangkahkan kakinya dengan mengibarkan bendera nasional, mencoba merambah peluang pasar yang ada.

Musik Indonesia sebagai Sebuah Industri

          Salah satu pilar utama industri musik Indo­nesia adalah musik pop. Pada kenyataannya, jenis musik ini berhasil merangkul khalayak yang paling luas dan meliputi berbagai emis dan latar belakang sosial. Tidak berlebihan kiranya, banyak pengamat menilai, jenis musik ini, sebagai musik (yang paling) Indonesia; karena dianggap hampir te,rdapat, didengar dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

          Perkembangan industri musik pop nasional, juga didukung oleh semaraknya musik pop djerah, yang memiliki pasar pada kalangan etnisnya sendiri. Perkembangan ini juga mendorong terbentuknya variasi dan keunikan dalam musik daerah. Musik tarling – merupakan singkatan dari gitar dan suling – awalnya berkembang di pesisixan arebon, kini menjadi musik yang didengar luas di Jawa Barat dan Jakarta. Begitu pula yang terjadi dengan musik campursari, yang dirintis oleh Manthaos dari Jawa Tengah, kini hampir-hampir menjadi lagu wajib .dalam perhelatan dan pertemuan-pertemuan umum. Perkembangan-perkembangan menarik juga terjadi di berbagai daerah lain, meskipun dengan intensitas produksi yang lebih rendah.

Musik Tradisi

          Industri musik tradisional, dapat dirujuk saat pemerintah Indonesia mendirikan PN Lokananta di Solo, dalam rangka memajukan dan mengembangkan kebudayaan nasional. Berbagai produksi musik telah direproduksi, dan menurut catatan tak kurang dari lima ribu komposisi lagu telah diterbitkan. Namun tak dapat disangkal karena pasaran musik tradisi terbatas dalam lingkungannya sendiri; Lokananta banyak memberi perhatian pada musik-musik tradisi Jawa dan Bali. Kalaupun musik-musik daerah lain diterbitkan, umumnya hanya sekitar musik pop daerah. Nasib Lokananta sebagai sebuah industri budaya, mulai terpuruk saat tumbuhnya industri musik swasta yang benar-benar berorientasi pasar. Sejak pertengahan delapan puluhan, praktis Lokananta berhenti berproduksi dan hanya mengandalkan reproduksi dari karya-karya lama.

          Wilayah budaya yang intensif memproduksi tnusik daerah antara lain ; Padang khusus pada musik Mimang, Denpasar dengan gamelan Bali yang secara terus menerus memiliki pasamya, baik di dalam dan luar negeri. Lagu-lagu Batak di Medan, Bugis-Makasar, Ambon dan Manado juga merupakan sentra produksi bagi musik­musik etnis.

          Dari sekian banyak produksi musik etnis daerah, mungkin Seri Musik Indonesia merupakan salah satu master-piece dalam khasanah musik Indonesia – baik karena luas cakupan, keragaman maupun kualitas rekaman. Seri yang diproduksi bersama antara Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia dengan Smithsonian Folk-ways, terdiri atas dua puluh seri yang dirampungkan hampir sepuluh tahun. Tak kurang dari enam puluh etnomusikolog dan antropolog dilibatkan, dengan dua ratus kelompok kesenian yang direkam. Edisi intemasional seri ini telah diterbitkan oleh Smitsonian Institution Folk Ways dan mendapat sambutan luas di mancanegara. Karena dalam jenisnya, seri ini dikenal sebagai seri terpanjang, paling beragam dari sebuah bangsa – tak mengherankan jika, seri ini membantu pembentukan citra baru tentang In­donesia di luar negeri.

Beberapa Perkembangan Lain

          Kolaborasi gamelan dengan beragam jenis musik lain digelar di berbagai pusat pertunjukan musik dunia (terutama setelah festival gamelan sedunia 1986 di Vancouver, Kanada), ledakan penjualan kaset penyanyi anak-anak – bak tumbuh jamur yang mempesona di musim hujan- penyanyi dan grup musik pop menghiasi lembaran media, silih berganti grup musik tarling, campur sari dan musik etnik lainnya melakukan rekaman di studio, jutaan kaset dan compact disk meluncur dari kamar-kamar rekaman dan menjejali toko musik, sexta tak habis-habisnya agenda pertunjukan musik dipentaskan di berbagai obyek-obyek pariwisata, adalah sekedar contoh bagaimana musik telah menjadi sebuah industri di Indonesia.

          Dapat disebut bahwa sejumlah even kompetisi dan perlombaan musik telah menjadi fungsi apresiasi yang memiliki unsurpembinaan sekaligus pengembangan kreativitas ekspresi musik. Tercatat sejumlah even reguler berskala nasional termaksud seperti Iomba Cipta Iagu Remaja Prambois, Lomba cipta Lagu Populer, Lomba Cipta lagu Keroncong, Festival Musik Dangdut, Festival Campursari, Asia Bagus, Pemilihan Bintang Radio, serta berbagai jenis festival tingkat lokal berskala propinsi. Unsur-­unsur menang dalam berbagai even kompetisi tersebut baik berupa lagu maupun penyanyi terbaik selanjutnya akan memperkaya industri musik dalam bentuk dihasilkannya produk-­produk rekaman musik baru.

SERI MUSIK INDONESIA

          Di antara banyak rekaman dalam industri musik Indonesia, maka Seri Musik Indonesia produksi Masyarakat Seni Pertunjukan Indone­sia (MSPI) merupakan salah satu contoh paling tepat bagi rekaman yang memiliki dimensi citra seni budaya bagi pariwisata Indonesia. Rekaman awal Seri Musik Indonesia yang telah menyelesaikan enam volume ini (dari rencana keseluruhan 20 volume) selengkapnya adalah:

Volume 1

Nyanyian Me njelang Fajar :

Tema rekaman: Gandrung Banyuwangi adalah pesta tarian semalam suntuk dengan melibatkan penari gadis remaja yang sekaligus bertindak sebagai penyanyi (gandrung). Kesenian gandrung dimainkan dengan iringan ensembel musik kecil yakni: dua buah biola kluncing (triangle), dua buah kendang, dua buah kethuk, kempul, serta gong.

Volume 2

Musik Populer Indonesia:

Keroncong, Dangdut, La nggam Jawa

Tema rekaman: pengalaman sosiologis dan empiris menunjukkan bahwa musik keroncong, dangdut serta langgam Jawa telah menjadi jenis musik populis pada masa dan segment yang luas dalam masyarakat Indonesia. Musik keroncong dan langgam Jawa populer di kalangan generasi usia menengah dan tua, tak sebatas komunitas Jawa saja melainkan juga pada komunitas yang tumbuh dengan nilai ke-Indonesia-an yang cair. Sementara musik dangdut selain amat populer di lapis masyarakat menengah bawah pedesaan dan perkotaan, secara pasti juga kian diterima di kalangan muda menengah atas.

Volume 3

Musik Dari Daerah Pinggiran Jakarta:

Gambang Kromong

Tema rekaman: gambang kromong, genre yang ditampilkan dalam rekaman ini merupakan potret musik dari daerah pinggiran terselubung yang keberadaannya sering terabaikan. Secara paradoksal, gambang kromong adalah musik daerah di Jakarta. Para pemain dan penonton gambang kromong berasal dari kalangan rakyat kebanyakan, khususnya dari sisi kota Jakarta. Berbeda dengan penggemar jenis-jenis musik populer nasional, penonton gambang kromong dapat ditandai dari segi etnis, ekonomis dan geografis. Jika musik populeryang diproduksi studio-studio rekaman di Jakarta mencoba mewujudkan suatu budaya yang ideal dan seragam untuk seluruh pelosok negeri, maka sebaliknya gambang kromong mengungkapkan sebuah riwayat pertumbuhan budaya lokal dengan segala keunikannya. Ensambel gambang kromong adalah suatu perpaduan alat-alat musik Cina dengan Indonesia, dan sering pula dengan alat musik Eropa. Ia memperoleh namanya dari dua alat musik Indonesia yakni gambang dan kromong (satu set gong-gong kecil).

Volume 4

Musik Nias dan Sumatera Utara:

Hoho, Gondang Karo, Gondang Toba

Tema rekaman: nyanyian hobo dari Nas adalah jenis musik yang umumnya diketengahkan pada upacara ritual seperti upacara kematian, dinyanyikan oleh para pria dengan dipimpin oleh seorang penyaji yang disebut sondroro hobo. Beberapa lagu hobo paling sedikit membutuhkan dua kelompok koor. Sementara gondang (selain merupakan pengertian dari seperangkat alat musik, ensambel musik, suatu upacara, serta bagian dari kelompok kekerabatan) adalah komposisi musik rakyat yang dimainkan pada rangkaian upacara yang berkaitan dengan religi atau adat masyarakat Batak. Ada dua jenis ensambel yang digunakan. Ensambel yang lebih besar dan bersuara lebih keras dipakai untuk peristiwa berskala besar (biasanya diadakan di lapangan terbuka), sedangkan ensambel yang lebih kecil dan bersuara lebih lembut dipakai untuk upacara yang diadakan di dalam rumah dalam hal mana ensambel bersuara keras tidak diinginkan. Pemain ensambel selalu laki-laki. Ensambel musik yang besar, disebut gondang sabangunan, sedangkan ensambel musik kecil disebut gondang hasapi.

Volume 5

Musik Betawi dan Sunda dari Pesisir Lhara jawa:

Topeng Betawi, Tanjidor, Ajeng

Tema rekaman: fokus album ini adalah musik sebuah wilayah kecil tetapi penting, yakni sebuah dataran segitiga di pesisir utara Jawa Barat yang mencakup: DKI Jakarta, Tangerang, Mauk, Bogor dan Kerawang. Hubungan antara Betawi dan Sunda merupakan topik utama rekaman, yang menyelidiki genre-genre topeng Betawi, tanjidor dan ajeng. Topeng Betawi sebagai sebuah teater rakyat, lazimnya ditampilkan pada perayaan-perayaan keluarga seperti pesta perkawinan atau khitanan, dan perayaan-perayaan komunal yang melibatkan orang banyak untuk memuja roh-roh di suatu tempat atau untuk menjamin panen yang berhasil.

Volume 6

Musik Malam dari Sumatera Barat:

Saluang, Rabab Pariaman, Dendang Pauah,

Tema rekaman: nama genre saluang diambil dari nama seruling panjang yang acapkali menjadi alat pengiring tunggal pada acara perayaan kampung, pesta keluarga, serta acara pengumpulan dana yang disebut `malam bagurau’. Walau dalam konteks pertunjukan lokal masih tersedia peluang penampilan bagi para pemain amatir, namun pada umumnya pertunjukan saluang menuntut agar para pemain menghapal banyak repertoar lagu dan syair, dan harus memperagakannya dengan keterampilan yang begitu tinggi. Karenanya, sering hanya seniman saluang profesionallah yang sanggup memuaskan harapan publik.

MUSIK KONTEMPORER

Perkembangan dan Perubahan

World Music, Multikulturalisme dan Silang Budaya

          World music, istilah yang sudah akrab bagi pemusik kontemporer dan para apresiatornya, mendapat tempat positif dalam khazanah musik kontemporer Indonesia selama tahun 1998 lalu. Ini ditandai bukan saja oleh pendekatan fisikal, melainkan pula dari sisi konsep dan kinerja berkarya. Barangkali, world music baru mengalami proses realisasi, setelah pada 70-80­an mendapat perhatian dari sisi gagasan untuk berkarya.

          Kulturalisme dan silang budaya-juga etnosentrisme-merupakan isu yang termasuk sentral di dalam kajian sosiologi masa kini, terutama posmodernisme. Itu agaknya, para pemusik kantemporer pun ikut menggarap isu tersebut dengan penuh semangat. Barangkali, Paul Gutama Soegijo yang begitu bersungguh­sungguh mengetengahkan musik silang-budaya itu. Menurut Dieter Mack, meskipun istilah tersebut masih dapat diperdebatkan karena menghasilkan pendekatan berbeda-beda, tetapi hasil yang baik mestilah diperhatikan secara bersungguh-sungguh pula.

          Yang inti di dalam isu kulturalisme dan silang budaya ialah upaya kuat memunculkan ciri setempat. Rasa percaya diri etnik yang memang menguat pada paro akhir tahun 90-an muncul di mana-mana, tidak hanya di musik, melainkan pula di film, seni rupa, seni pertunjukan, tari, dan lain-lain. Fenomena kebangkitan Asia adalah salah satu ciri kecil adanya kesadaran bangga menjadi bangsa mandiri, dengan ciri budaya mandiri pula, tidak bergantung dan terpengaruh budaya Barat yang tetap mendominasi di mana­-mana.

          Pendekatan multikulturalisme dan silang budaya menjadi yang paling banyak dilakukan oleh pemusik kontemporer Indonesia. Untuk yang sangat fisikal, misalnya Tony Prabowo menghadirkan Stephanie Griffin untuk menjadi solis pada pementasan karyanya di Art Summit II. Pendekatan antarbangsa dan antartradisi ini diharapkan menghasilkan pengalaman auditf baru, sebagaimana diharapkan Dieter Mack.

          Selain Art Summit II, ada dua festival musik yang perlu dicatat sebagai ruang ekspresi, ialah Jak jazz dan Temu Musik September. Sangatlah kebetulan yang baik Jak jazz memberikan ruang agak luas kali ini untuk musik-musik kon­temporer dan eksprimental, sehingga nama seperti Djadug Ferianto dapat tampil. Ini adalah kesempatan berharga bagi para pemusik kontemporer, karena mereka tentu memiliki sejumlah pendengar baru. Temu Musik Septem­ber memang dimaksudkan sebagai pekan temu komponis, diadakan di Solo, menghadirkan sekitar dua puluh satu komponis.

          Djadug Ferianto pada 1998 melahirkan Kompi Susu, sebuah repetoar untuk peralatan perkusi. Meskipun sebenarnya ini perkembangan lanjut salah satu komposisi dari cd Orkes Sumpeg, Kompi Susu adalah nomor yang sangat menarik. Pada awalnya tampak dimaksudkan sebagai intro untuk pertunjukan monolog adiknya, Butet Kertaradjasa, Kompi Susu merupakan karya yang sangat bermuatan politik. Sekalipun nomor perkusi, Djadug berhasil membawakannya dengan sangat segar, bergairah dan inspiratif.

Pemetaan Musik Kontemporer

          Beragamnya pendekatan bermusik para komponis tentu diakbitkan akar tradisi mereka yang juga khas di setiap daerah. Pada Temu Musik September, muncul agar musik-musik itu dipetakan berdasarkan kategori pendekatan karyanya. Pemetaan itu diharapkannya bukannya mengekang kemungkinan eksplorasi, melainkan mempermudah pendekatan proses kreatif. Kategori itu antara lain etnik, perkawinan pentatonik-‘diatonik, elektronika-komputer, pendekatan religius, dan cross culture.

          Kategori itu bukannya tidak menitnbuikan bias, sebab pamusik, biasanya tidak mau terikat mati dalam satu media. Contoh paling mutakhir adalah yang dilakukan Djadug, ketika dia mengeksplorasi perkusi, padahal scbelumhya dia sangat menekankan gamelan/karawitan dan etnik. Irwansyah pun demikian, dia menggali dimensi religius dan etnik seklaigus; raeligius Is­lam dan etnik Sumatera.

          Tujuan pemetaan itu adalah menghindari adanya chaos di dalam proses penciptaan komponis. Chaos adalah semacam kehilangan orientasi karya karena ketidakkonsistenan pada sejarah musik beserta konsekuensi pendekataan karyanya. Artinya, adalah tidak sah mengin­terpretasikan musik dari etnik tertentu tidak berdasarkan konteks emik tersebut. Pencerabutan aejarah dan interpretasinya ditakutkan Dieter Mack hanya akan menghasilkan kebingungan interpretasi terhadap karya, seperti kerap terjadi pada banyak komponis yang tampaknya berusaha mengawinkan akar budaya padahal sebenamya tidak sepenuhnya memahami makna budaya daerah itu.

          Kesadaran komponis tentu diuji oleh kategori-kategori penciptaan itu. Mereka tidak akan asal mencipta karya atas nama kolaborasi maupun cross culture. Dan komponis kontempo­rer Indonesia yang telah dianggap berhasil membawakan ciptaan mereka, dari manapun ilhamnya., telah membuktikan betapa per­kembangan yang terjadi di sekitar mereka ditanggapi secara positif dan terbuka, karena memungkinkan ruang baru penciptaan.

TOKOH-TOKOH MUSIK INDONESIA

  1. 1.      G. YUDHANA

Komponis kontemporer Bali, lulusan dari STSI Denpasar. Dia sering bekerja sama dengan musisi Eropa mengerjakan musik yang terkomputerisasi. Karyanya menggunakan prinsip Laya dalam kesenian Bali.

  1. 2.      I MADE BANDEM

Etnomusikolog kelahiran Gianyar Bali. Seorang peneliti, pencipta dan penggagas berbagai kegiatan budaya di Denpasar. Pernah menjadi Ketua sekaligus pendiri STSI Denpasar dan kini Rektor ISI Yogyakarta. Karya-karya kerawitan dan buku-buku peneletian tentang musik dan tari Bali, menjadi acuan dari peminat serius.

  1. 3.      I WAYAN SADRA

Pemusik eksperimental kelahiran Bali yang menjadi pengajar STSI Surakarta. Pernah mendapatkan penghargaan New Horizon Award, dari Berkeley. Dia mengolaborasi gamelan Jawa, Bali dan musik Barat kontemporer. Pernah melakukan konser “Bunyi bagi Suara yang Kalah”, dengan pendekatan yang sangat naturalis.

BHAGAWADGITA

Filed under: Tulisan —— yudikrisnajaya @ 9:21 am

Bhagawadgita (Sanskerta: भगवद् गीता; Bhagavad-gītā) adalah sebuah bagian dari Mahabharata yang termasyhur, dalam bentuk dialog yang dituangkan dalam bentuk syair. Dalam dialog ini, Kresna, kepribadian Tuhan Yang Maha Esa adalah pembicara utama yang menguraikan ajaran-ajaran filsafat vedanta, sedangkan Arjuna, murid langsung Sri Kresna yang menjadi pendengarnya. Secara harfiah, arti Bhagavad-gita adalah “Nyanyian Sri Bhagawan (Bhaga = kehebatan sempurna, van = memiliki, Bhagavan = Yang memiliki kehebatan sempurna, ketampanan sempurna, kekayaan yang tak terbatas, kemasyuran yang abadi, kekuatan yang tak terbatas, kecerdasan yang tak terbatas, dan ketidakterikatan yang sempurna, yang dimiliki sekaligus secara bersamaan).

Syair ini merupakan interpolasi atau sisipan yang dimasukkan kepada “Bhismaparwa“. Adegan ini terjadi pada permulaan Baratayuda, atau perang di Kurukshetra. Saat itu Arjuna berdiri di tengah-tengah medan perang Kurukshetra di antara pasukan Korawa dan Pandawa. Arjuna bimbang dan ragu-ragu berperang karena yang akan dilawannya adalah sanak saudara, teman-teman dan guru-gurunya. Lalu Arjuna diberikan pengetahuan sejati mengenai rahasia kehidupan (spiritual) yaitu Bhagawadgita oleh Kresna yang berlaku sebagai sais Arjuna pada saat itu.

Arjuna Wisada Yoga adalah sebuah bab dalam kitab Bhagawadgita. Bab ini menceritakan keragu-raguan dalam diri Arjuna. Tentara-tentara kedua belah pihak siap siaga untuk bertempur. Arjuna, seorang ksatria yang perkasa, melihat sanak keluarga, guru-guru, dan kawan-kawannya dalam tentara-tentara kedua belah pihak siap untuk bertempur di Kurukshetra dan mengorbankan nyawanya. Arjuna tergugah kenestapaan dan rasa kasih sayang, sehingga kekuatannya menjadi lemah, pikirannya bingung, dan dia tidak dapat bertabah hati untuk bertempur. Ia menyadari dampak peperangan yang akan terjadi, dan dianggap bertentangan dengan ajaran. Dharma. Bab ini juga menggambaran situasi dan kondisi yang berlangsung menjelang perang di Kurukshetra.

Pertentangan ajaran dharma yang terjadi dalam diri Arjuna, antara lain adalah:

  • Ahimsa
  • Larangan membunuh guru sebagai dosa besar (mahāpataka)
  • Ajaran Wairagya, sebagai sistem pencapaian tujuan moksa
  • Kemerosotan moral dan musnahnya tradisi leluhur, sebagai ekses terjadinya peperangan
  • Kekacauan dalam sistem warnasrama-dharma termasuk persepsi timbulnya kekacauan dalam jatidharma dan dharma

Salah satu syair yang terdapat di dalam bab Bhagawadgita

 

anantavijayam rãjã

kuntiputro yudhishthirah

nakulah sahadevas cha

sughosha maispushpakau

Artinya :

Raja Yudhistira, putra Kunti

Meniup Terompet Anantawijaya

Nakula, Sahadewa

Meniup Terompet Sagosa dan Manipuspaka

Ulasan :

Fungsi dari Terompet Anantawijaya,Terompet Sagosa, dan Manipuspaka adalah alat musik tiup berasal dari kerang yang digunakan pada saat peperangan di medan dharma, di padang kuruksetere. Terompet-terompet ini digunakan untuk membangkitkan semangat duryodhana,  bhisma yang agung, sebagai sesepuh wangsa kuru bagaikan raungan seekor singa. Terompet Yudhistira bernama Anantawijaya, sedangkan Sagosa merupakan Terompet Nakula, dan Manipuspaka merupakan Terompet milik Sahadewa.

Desember 21, 2011

Sejarah Singkat Gamelan Gong Kebyar Di Banjar Kepisah Desa Sumerta, Denpasar Timur

Filed under: Tulisan —— yudikrisnajaya @ 5:42 pm

Banjar Kepisah merupakan salah satu banjar yang ada di Desa Sumerta Kecamatan Denpasar Timur yang terletak di jalan Hayam Wuruk  yang  berdekatan dengan Art Center. Art Center itu sendiri merupakan pusat pementasan kesenian di Bali. Menurut Bapak Nyoman Sondra dan pengelingsir di Banjar Kepisah, sejarah gamelan di Banjar Kepisah pertama kalinya sekitar tahun 1967. Awalnya sekitar tahun 1967, Banjar Kepisah hanya memiliki gambelan Gong Suling. Pada masa-masa Drama Gong  yang diadakan di Tanjung Bungkak, masyarakat Banjar Kepisah banyak yang ikut berperan dalam pementasan Drama Gong tersebut. Ada yang berperan sebagai penabuh dan ada pula yang berperan sebagai penari. Semenjak masa-masa Drama Gong itulah masyarakat Banjar Kepisah berantusias untuk memulai berkesenian. Dan pada saat itu, masyarakat Banjar Kepisah berinisiatif untuk memiliki Gambelan sendiri, yaitu gamelan Gong Kebyar . Namun, pada saat itu masyarakat hanya memiliki dana yang sangat minim. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat demi memiliki Gambelan Gong Kebyar yaitu, dari sekha manyi (panen padi) menghimpun diri untuk mengisi waktu luang dengan membuat sekha demen , khususnya yang senang menabuh gamelan. Untuk bisa membeli gamelan, kelompok itu menyisihkan upah yang di dapat dari penjualan padi. Sekitar tahun 1969 dana terkumpul, namun masyarakat Banjar Kepisah hanya bisa sebatas membeli daun gangsa, sedangkan pelawah dan bumbungnya hanya bisa meminjam di banjar Tanjung Bungkak. Selama tahun 1969, selain melaksanakan kegiatan latian- latian rutin di Banjar Kepisah, masyarakat Banjar Kepisah tetap melakukan latihan-latihan megambel diluar Banjar, salah satunya melakukan latihan di Banjar Bengkel yang pada saat itu sudah memiliki gambelan.

Akhirnya sekha yang ada di Banjar Kepisah ini pun berkembang, dan membentuk kesenian Drama Gong yang pada akhirnya sering dipentaskan baik di lingkungan banjar , bahkan mampu mementaskan Drama Gongnya  keluar desa dan beberapa kali juga pernah pentas di hotel-hotel seputaran Denpasar . Tokoh Drama Gong Banjar Kepisah waktu itu yaitu Bapak wayan desi , bapak made maren , kakek saya sendiri kak nyoman sebeg , bapak wayan ase , dll . Drama Gong yang sering dipentaskan adalah Drama Gong yang menceritakan tentang Celuluk. Topeng Celuluk yang digunakan didalam pementasan Drama Gong tersebut disumbangkan oleh Art Shop Bapak Rismawan yang bertempat di jalan Hayam Wuruk yang sekarang sudah menjadi Bank BRI. Konon topeng celuluk tersebut dikatakan angker.Masyarakat berusaha menaruh topeng Celuluk tersebut di tempat-tempat yang  tidak mungkin akan dimasuki oleh roh-roh halus , namun kejadian yang tidak diinginkanpun terjadi,Topeng Celuluk itu hidup (bergerak dengan sendirinya). Masyarakat Banjar Kepisah pun menjadi panik, dengan pawisik dari jero mangku, akhirnya topeng celuluk tersebut diubah bentuk menjadi rangda. Rangda itu kemudian disungsung oleh masyarakat di Banjar Kepisah dengan sebutan Ratu Ayu Alit.

Karena kenginginan yang masih menggebu-gebu , akhirnya pada tahun 1975 timbul kenginginan dari masyarakat Banjar Kepisah untuk memiliki perangkat gamelan Gong Kebyar sendiri, melalui prajuru/kelihan banjar dijualah sebagian tanah Banjar Kepisah untuk membeli pelawah baru . Semenjak sudah memiliki perangkat gambelan yang lengkap, tepatnya tanggal 20 Maret 1975, Banjar Kepisah mendirikan sekha Gong Mertha Jaya.

Adapun instrumen yang terdapat didalam gamelan Gong Kebyar di Banjar Kepisah :

  1. 1 tungguh terompong
  2. 2 buah kendang
  3. 1 buah cenceng ricik
  4. 3- 5 buah suling
  5. 1 buah ugal
  6. 1 buah kajar
  7. 4 buah pemade
  8. 4 buah kantilan
  9. 1 tungguh reyong
  10.  2 buah jublag
  11.  2 buah jegog
  12.  2 buah gong
  13.  1 kempur
  14.  1 buah bende
  15.  1 buah kemong
  16.  1 buah kempli

Dengan perangkat gamelan yang telah dimiliki di banjar Kepisah, sekha mampu mewujudkan rasa bakti dengan konsep ngayah-ngayah di lingkungan Banjar bahkan di luar Banjar. Dengan perkembangan gamelan Gong Kebyar masa kini yang telah adanya tambahan instrument 1 buah ugal , dan 2 buah penyacah, di banjar Kepisah tidak terdapat instrument tersebut karena sekha Gong Mertha Jaya masih mempertahankan konsep tradisi dan gamelannya juga tidak meprada seperti gamelan masa kini yang banyak menggunakan prada untuk mempercantik penampilan gamelan Gong Kebyar tersebut. Dan hingga saat ini konsep tradisional tersebut masih dipertahankan dengan baik agar dapat di warisi kepada anak cucu di generasi akan datang.

Informasi sejarah gamelan di Banjar Kepisah ini saya dapat dari Bapak Nyoman Sondra selaku Kelihan Gong, dan pengelingsir- pengelingsir di Banjar Kepisah yang saya wawancarai pada Hari Rabu, tanggal 31 Agustus 2011.

KOMENTAR VIDEO SHADOW OF SORROW

Filed under: Tulisan —— yudikrisnajaya @ 5:41 pm

Sebuah band super keras yang telah menjadi fenomena di populasi musik keras khususnya di Indonesia  yang namanya diambil dari selewengan sebuah nama restaurant fast food asal Amerika, mereka adalah Burgerkill. Band Burgerkill ini berasal dari Ujungberung, tempat orisinil tumbuh dan berkembangnya komunitas Death Metal / Grindcore di daerah timur kota Bandung. Burgerkill berdiri pada bulan Mei 1995. line-up pertamanya terdiri dari Eben, Ivan vokalis, Kimung, Toto dan Andris. Di tahun 2000 Burgerkill merilis album perdana mereka dengan title “Dua Sisi”.

 

Dan setelah itu akhir tahun 2003, Burgerkill merilis album kedua mereka dengan title “Berkarat”. Dan di sector musik pun banyak perubahan dengan masuknya gitaris baru Agung. Sebuah kejutan hadir pada pertengahan tahun 2004, lewat album “Berkarat” Burgerkill masuk kedalam salah satu nominasi dalam salah satu event Achievement musik terbesar di Indonesia “Ami Awards” dan secara mengejutkan mereka berhasil menyabet award tahunan tersebut untuk kategori “Best Metal Production”.

 

Di awal tahun 2005 di tengah kesibukan mereka mempersiapkan materi untuk album ketiga, Toto memutuskan untuk meninggalkan band yang telah selama 9 tahun dia bangun bersama. Namun kejadian ini tidak membuat anak-anak Burgerkill putus semangat, mereka kembali merombak formasinya dengan memindahkan Andris dari posisi Bass ke posisi Drums dan terus melanjutkan proses penulisan lagu dengan menggunakan additional bass player. Akhirnya mereka sepakat untuk tetap merilis album ke-3 “Beyond Coma And Despair” di bawah label mereka sendiri Revolt! Records di pertengahan Agustus 2006. Namun tak ada gading yang tak retak, sebuah musibah terbesar dalam perjalanan karir mereka pun tak terelakan, Ivan sang vokalis akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya ditengah-tengah proses peluncuran album baru mereka di akhir Juli 2006. Peradangan pada otaknya telah merenggut nyawa seorang ikon komunitas musik keras di Indonesia.Tanpa disadari semua penulisan lirik Ivan pada album ini seolah-olah mengindikasikan kondisi Ivan saat itu, dilengkapi alur cerita personal dan depresif yang terselubung sebagai tanda perjalanan akhir dari kehidupannya.”Beyond Coma And Despair” sebuah album persembahan terakhir bagi Ivan Scumbag yang selama ini telah menjadi seorang teman, sahabat, saudara yang penuh talenta dan dedikasi dengan disertai karakter karya yang mengagumkan.

 

Burgerkill pun berduka, namun mereka tetap yakin untuk terus melanjutkan perjalanan karir bermusik yang sudah lebih dari 1 dekade mereka jalani, dan sudah tentu dengan menghadirkan seorang vokalis baru dalam tubuh mereka saat ini. Akhirnya setelah melewati proses Audisi Vokal, mereka menemukan Vicki sebagai Frontman baru untuk tahap berikutnya dalam perjalanan karir mereka.

 

Shadow of Sorrow merupakan salah satu lagu dari band Burgerkill yang merupakan bagian dari album ketiga yaitu “Beyond Coma And Despair” yang dirintis pada pertengahan tahun 2006. Di album ketiga ini dibagi menjadi video dan mp3. Banyak aspek yang mendukung terciptanya sebuah video tersebut, diantaranya aspek sound system, pencahayaan (lighting), dan teknik pengambilan gambar. Semua aspek tersebut sangatlah berpengaruh didalam menentukan layak atau tidaknya video tersebut untuk dipertontonkan atau dijual untuk pasaran.

 

Ada beberapa hal yang saya komentari dari video Shadow of Sorrow ciptaan Burgerkill ini, yaitu dari aspek sound system, pencahayaan (lighting), dan teknik pengambilan gambar.

 

Dari aspek sound system sudah cukup menarik akan tetapi masih ada kekurangannya, yaitu disini terjadi tidak adanya kestabilan antara sound di setiap sisi panggung, yang menyebabkan kurang jelasnya suara ivan sang vokalis pada video tersebut.  Ini terjadi karena kurangnya pengaturan sound yang terletak di alat musik dan  microphone yang digunakan oleh vokalis tersebut. Hal yang perlu diperbaiki didalam pengaturan sound system adalah dengan  penataan sound yang ditempatkan pada setiap alat yang berperan didalam alat musik tersebut, dan pengaturan microphone agar terjadi keseimbangan antara semua komponen yang berperan di dalam band tersebut.

 

Dari aspek pencahayaan juga sudah cukup menarik akan tetapi masih juga ada kekurangannya, yaitu kurang jelasnya cahaya ketika terjadi gerakan- gerakan dari setiap pemain musik tersebut. Hal itu menjadikan kurang jelasnya aksi panggung dari band tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya efek cahaya perlu ditambah dengan warna- warna yang menarik dan terang yang dapat  menyinari panggung secara merata agar penonton dapat menikmati aksi panggung dari band tersebut.

 

Begitu juga dari aspek tehnik pengambilan gambar juga sudah cukup menarik akan tetapi masih juga ada kekurangannya, yaitu kurang jelasnya video yang di dapat dari aksi panggung band tersebut, dan terlalu cepatnya kamera berpindah- pindah, mungkin karena posisi panggung tersebut diapit oleh penonton. Hal tersebut mengakibatkan kurang jelasnya aksi panggung yang dilakukan dari band tersebut. Hal yang perlu diperbaiki adalah mungkin disetiap sisi panggung di tempatkan kamera untuk merekam aksi panggung band tersebut agar semua aksi dari band tersebut dapat dinikmati penonton khususnya pencinta musik  metal.

Powered by WordPress WPMU Theme pack by WPMU-DEV.