Komentar Video Tari Nusantara

This post was written by yopyantara on Desember 21, 2011
Posted Under: Tulisan

Video Tari Nusantara ini merupakan video yang berisikan tarian nusantara, yaitu tari-tarian yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dari ujung timur sampai ujung barat yang dibawakan oleh mahasiswa dan mahasiswi serta doesn ISI Denpasar.

Video Tari Nusantara ini merupakan video milik ISI Denpasar. Banyak aspek yang mendukung untuk terbentuknya sebuah video yang ideal untuk dipertontonkan, diantaranya adalah teknik pengambilan gambar, lighting (tata lampu), dan sound system. Semua aspek tersebut sangatlah berpengaruh dan menentukan layak atau tidaknya sebuah video itu dipertontokan. Untuk membuat sebuah video yang baik, diperlukan sebuah keseriusan. Video yang baik tentunya dilakukan dengan teknik pengambilan yang baik, lighting (tata lampu) yang baik dan cukup terang serta sound sytem yang baik dan terdengar balance.

Ada beberapa hal yang perlu saya komentari dari video Tari Nusantara ini, yaitu dari aspek teknik pengambilan gambar, lighting (tata lampu), dan sound sytem.

Dalam hal teknik pengambilan gambar sudah sangat baik, namun tampilan video yang dihasilkan masih agak buram, seharusnya pengambilan video ini haruslah cerah agar pertunjukan ini menjadi menarik danĀ  orang yang menontonnya bisa melihat dengan jelas pertunjukan ini.

Kemudian dalam lighting, cahaya yang digunakan sudah merata. Sehingga para penari kelihatan dengan jelas oleh penonton. Namu, efek cahaya yang digunakan tidak ada, sehingga menjadikan pertunjukan itu kurang menarik. Seharusnya pertunjukan tersebut menggunakan efek, agar kelihatan jelas karakter tarian yang dibawakan.

Terakhir dalam hal sound system, suara gamelan dan suara vokal sudah terdengar sangat baik. Akan tetapi masih kurang seimbang (balance). Suara kendang didominasi oleh instrumen lainnya. Seharusnya dibuat agar suaranya seimbang (balance), agar membuat video ini enak untuk didengar.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address