Ingin Karyawan Lebih Produktif? Coba Optimalkan 3 Teknologi Ini

Dewasa ini, dunia bisa dikatakan tengah memasuki era teknologi dan digital secara kompleks, hal mana segala sesuatu bisa terkoneksi dengan teknologi terbaru. Berkembangnya teknologi digital turut mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, pun dalam hal pekerjaan. Banyak sistem kuno yang sudah jauh ditinggalkan, berganti dengan inovasi digital yang semakin praktis.

Perihal pekerjaan, bisnis, dan perkantoran, setiap dari kita yang terlibat di dalam kegiatan itu pastinya menginginkan perkembangan yang efektif. Maka, teknologi digital selolah menjadi kebutuhan kita dalam rangka mewujudkan keinginan itu.

Karyawan yang membidangi HR misalnya, ia mestilah dituntut untuk senantiasa berinovasi tuk menciptakan sistem dan suana kerja yang baik. Maka di era digital, tuntutan itu bisa saja diarahkan kepada penguasaan dan inovasi teknologi digital di kantor. Misalnya dengan menginisiasi adanya aplikasi absensi online untuk sistem remote working di kantor, agar setiap aktivitas bisa terkontrol dengan baik.

Nah pada artikel kali ini, kami akan memaparkan uraian tentang bagaimana caranya penerapan teknologi di kantor bisa menambah efektivitas kerja karyawan. Berikut ini tiga teknologi yang bisa menunjang efektivitas kantor:

Teknologi Mobile

Banyak riset menyebut, salah satunya dari Intelligence Unit, menyebut bahwa efektivitas kantor kian tinggi tatkala teknologi mobile benar-benar dioptimalkan. Bahkan, selain produktivitas, turut hadir kreativitas, loyalitas, dan point positif lainnya sebagai efek dari penerapan teknologi mobile. Tatkala segala pekerjaan kantor bisa dikerjakan secara praktis, maka produktivitas kantor akan semakin meningkat.

Hal ini, tidak lain dipengaruhi karena pola komunikasi yang sangat lancar. Pertukaran informasi menjadi sangat cepat dan praktis, sehingga meminimalisir kendala-kendala yang justru membuat pekerjaan semakin lambat. Salah satu teknologi mobile yang turut menunjang produktivitas kantor ialah penggunaan aplikasi absensi karyawan untuk perusahaan.

Hal mana tatkala penggunaan aplikasi ini dimaksimalkan, pengawasan, laporan, dan lainnya bisa diatur dengan sangat baik. Dengan mekanisme ini, segala yang mancatut liku dan sistem kerja karyawan bisa dikontrol secara efektif dan efisien.

Media Sosial

Tahukah anda, bahwa sosial media membawa dampak yang sangat penting dalam kemajuan kantor, hubungan managerial, dan transparansi kerja. Faktanya, melalui sosial media, penyebaran informasi, pun pemasaran lebih mudah tuk dilakukan. Bahkan beberapa perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawan tuk melakukan inovasi dan menuarakan gagasannya melalui media sosial.

Dalam hal ini, seorang HR yang profesional, bisa memanfaatkan sosial media sebagai kesempatan atau sarana yang strategis dalam mengembangkan perusahaan. Misalnya dengan memaksimalkan eksisten, membangun kemitraan, tempat mencari konsumen, dan lain sebagainya. Meski demikian, tetap penting diperhatikan bahwa beberapa hal di perusahaan kadang tak perlu diekspos berlebih agar tidak dicari kelemahannya oleh kompetitor.

Cloud Computing

Semakin ke sini, teknologi Cloud Computing semakin banyak diminati dan diterapkan di dunia perkantoran. Sebagai penunjang produktivitas, cloud computing memang menawarkan sebuah kemudahan dalam bekerja, misalnya dengan pola kerja virtual.

Dengan memanfaatkan layanan ini, HR di perusahaan pun semakin mudah dalam melakukan akses karyawan dengan tipe data yang tersentral. Selain itu, teknologi ini memungkinkan adanya relasi yang baik antar karyawan dalam hal loyalitas dan spirit kerja untuk perusahaan. Yang bikin tenang, teknologi ini bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi anda yang ingin mengembangkan perusahaan, serta meningkatkan produktivitas karyawan, tiga pola dan teknologi di atas mungkin bisa menjadi referensi yang bisa anda terapkan. Dengan teknologi terbaru, apa sih yang tidak bisa diwujudkan oleh sebuah perusahaan. Pasti bisa!