KOMENTAR VIDEO SEMARPEGULINGAN

This post was written by yogiantara on Juni 3, 2012
Posted Under: Tak Berkategori
YouTube Preview Image

Video gambelan SemarPegulingan ini di pentaskan di Negara Singapore tahun 2009 dengan membawakan tabuh ” Sekar Gadung ” versi Gianyar .

Di dalam barungan SemarPegulingan tersebut terdapat beberapa jenis instrumen sebagai berikut : 

– terompong

– kendang lanang wadon

– pemade 4 buah

– kantlan 4 buah

– jublag atau calung 2 buah

– jegogan 2 buah

– suling dan rebab

– kajar

-ceng-cengricik

– gentorang

– gong , kleng. klentong

– dan gangsa jongkok 2 di depan .

 

Komentar

Komentar saya tetntang pertunjukan ini adalah sebagai berikut :

Dari struktur atau posisi gambelan > sudah bagus tapi yang mukul kantilan ,kendang wadon , gentorang tidak kelihatan hanya       kadang- kadang kelihatan jika bergerak ke samping.

Lighting atau lampu >  Untuk lampu sudah bagus ,kelihatan suasana sejuk atau malam hari tapi terlalu malamnya sampai instrumen yang di belakang seperti jublag tidak terkena cahaya ,kena cahaya hanya sedikit alias Saru .

sound system atau mic > untuk sound atau micnya mungkin perlu ditambah lagi micnya karena alunan melodynya kurang kelihatan jelas , yang saya tahu jika menabuh semar pegulingan itu melodynya seperti jublag ,terompong ,suling harus lebih jelas ketimbang pemade dan kantilan .

Kostum > untuk Kostumnya sudah pas jika konsepnya memang ngambil klasik atau kuno .

Ekspresi > untuk ekspresi para pemain saya pikir kurang , mungkin tegang atau gimana , kurang asyiklah mainnya , kayaknya kebawa alunan musiknya yang lambat dan penuh ketenangan .

Background > untuk background atau latar belakangnya kurang menarik atau bisa di bilang tidak nyambung sama instrumen yang di mainkan , alangkah baiknya jika latarbelakangnya di pakai videokeindahan alam pasti akan menarik .

Sekian komentar saya tentang apa yang saya lihat di video yang berdurasi 2,18 menit ini ,jika ada kata-kata saya yang tidak menyenangkan tentang komentar saya ,saya minta maaf yang sebesar besarnya , saya ucapkan terimakasih .

 

 

 

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 2:54 am