Monthly Archives: Mei 2012

TABUH LELAMBATAN TARUKENCANA

FESTIPAL GONG KEBYAR PKB-XXIX 2007
Duta Kabupaten Gianyar

YouTube Preview Image

 

Difinisi

Tabuh lelambatan taru kencana di ciptakan oleh i wayan darya S.S.N. tabuh ini di bawakan oleh seke gong mas tarukan pada festipal gong kebyar menjadi duta kabupaten gianyar pada tahun 2007 yang mendapat juara 1 pada festipal gong kebyar tahun 2007.

COMENT

1.kalau kita lihat pada menit ke 0.29 saat gending kebyar  suara jegog sama sekali tidak kedengaran,

2 saat gending pengrangrang terompong, dari semua instrumen suling yang ada, cuma satu suling saja yang kedengaran, mestinya ini bisa disikapi kalau seandenya menggunakan 1 suling cenik, mic yang di taruh pada insrument suling mestinya di perbanyak  dan ditempatkan pada tempat yang strategis pada beberapa instrumen suling gede, byar suaranya seimbang. kuncinya adalah kalau menaruh mic pada suling tarulah pada sekitar lubang pemanis suling tersebut.

3. rebab memiliki frekuensi suara rendah dan lembut. mestinya mic harus di setting antara rendah dan suara yang mana yang harus di munculkan, supaya tidak rugi para seniman  dalam mempertunjukkan suatu alat, ternyata tidak kedengaran apa-apa saat pentas.

4.  suara reong pemetit terlalu keras, jadi  tidak seimbang dengan reong 3.

5. penayangan gambar tidak pas dengan moment. terlalu monotun, dan hanya terfokus pada saru arah saja, hal ini mengakibatkan tidak semua pemain kelihatan, ini adalah salah satu bentuk kekecewaan dari para pemain yang tidak kelihatan dalam vidio tersebut, mestinya dewasa ini teknolohgi yang begitu canggih, kurang berfungsi maximal, yang paling parah adalah ketika saat pementasan dari setiap duta selalu membanyar para tukang sound. ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

6. penempatan lampu lighting kurang pas, banyak moment yang begitu bagus untuk di terangkan dan di isi suatu dinamika sering sekali terbalik dan kadang-kadang tidak masuk akal untuk di isi lampu seperti itu. hal ini dapat menurunkan kwalitas penampilan dari para penabuh.

7. hasil rekaman sudah bagus, tapi perlu di sempurnakan lagi  antara gambar dan sound.