GENDING-GENDING IRINGAN WAYANG KULIT BALI DAN KEGUNAANYA

Gending-gending pewayangan Bali bisa di klompokan sesuai dengan kegunaannya didalam pementasan, dibawah ini merupakan susunan gending iringan wayang dari awal pementasan sampai akhir pementasan yaitu :

 

1)      Gending Petegak,

2)      Gending Pemungkah,

3)      Gending Petangkilan,

4)      Gending Angkat-angkatan,

5)      Gending Tetangisan,

6)      Gending Pasiat,

7)      Gending Aras-arasan,

8)      Gending Pepeson,

9)      Gending Penyuwud,

10)  Gending Ngastawa,

 

Ada pula pengertian dan kegunaannya dari gending-gending iringan wayang diatas yaitu :

  1. 1.        Gending pategak.

Gending petegak adalah gending- gending yang termasuk dalam kelompok gending-gending pembukaan atau instumentalia dalam pementasan.

Gending-gending ini tidak di pakai untuk mengiringi tari atau gerak wayang, karena gending tersebut hanya ditabuh pada saat dalang belum hadir di panggung atau pada waktu dalang sedang mengadakan persiapan untuk mulai pementasan.

  1. 2.        Gending pamungkah .

Gending ini hanya di mainkan hanya sekali pada tiap pementasan yang akan di tabuh pada saat dalang mulai membuka kotak wayangnya (gedog), sampe dengan pengesah kayonan, gending ini dimainkan cukup lama kira-kira memakan waktu 30 menit sampai 45 menit,  tergantung dari cepat lambatnya memilih atau mengeluwarkan wayangnya dari dalam gedog tersebut.

  1. 3.        Gending patangkilan.

Dimainkan setelah gending pemungkah yang dipakai untuk mengiringi wayang mulai dari persiapan sampai dengan berakhirnya permusyawarahan, gending ini dimainkan hanya sekali setiap pementasan wayang kulit.

  1. 4.        Gending angkat-angkatan.

Dipakai untuk mengiringi wayang dalam  keadakan berjalan atau bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain misalnya, akan brangkat ke medan perang, dan lain-lain.

  1. 5.        Gending tetangisan

Dipakai untuk mengiringi wayang pada saat suasana sedih atau dalam adegan menangis.

  1. 6.        Gending pasiat

Dipakai pada waktu wayang dalam keadakan marah maupun adegan perang.

  1. 7.        Gending aras-arasan

Pada umumnya dipai untuk adegan roman (berkasih-kasihan) dan juga untuk, mengeluwarkan wayang putri.

 

  1. 8.        Gending papeson

 

Merupakan gending yang khusus dipakai untuk mengiringi pada waktu keluwarnya wayang-wayang tertentu misalnya, kayonan, geruda, rangda,malen,delem,dan sangut.

  1. 9.        Gending panyuwud

Gending yang sangat pendek yang menandakan bahwa pertunjukan wayang selesai.

  1. 10.    Gending ngastawa

Gending tersebut hanya untuk mengiringi dalang bila membuat tirta (air suci) dan meruat.

(gambelan gender wayang saat mengiringi pementasan wayang Bali)

Kesimpulan

Gending-gending pewayangan di Bali  tidaklah semuanya dimainkan pada sekali pementasan karena tergantung kepada kehendak Ki Dalang, sedab gending-gending yang dimainkan harus sesuai dengan jalan lakon yang di bawakan.

 

puun bale gala-gala

SINOPSIS

LAKON I

DENGAN JUDUL:

PUUN BALE GALA-GALA
OLEH DALANG : I Ketut Darya., SSP

 

SINOPSIS

ADEGAN I

Adalah sifat iri hati Duryodana yang muncul ketika mendengar

Sang Panca Pandawa beserta ibunya Dewi Kunti berhasil menjadikan

wilayah Warana Wata yang dulunya masih sangat kering, tandus, dan belum terawat menjadi sangat indah. Selain itu berkat kedatangan Sang Panca Pandawa pula, kehidpan rakyat di Warana Wata menjadi sangat tentram dan sejahtera. Sehingga rakyat di Warana Wata sangat hormat bakti terhadap Pandawa. Melihat kejadian seperti itu, rasa iri dan dengki semakin membakar hati Duryodana, dengan didampingi oleh pamannya Sakuni, Duryodana merancang rencana licik untuk membuat para Pandawa sengsara sekaligus membunuh kelima Pandawa. Kemudian Duryodana dan pamannya Sakuni mendatangi keberadaan kakeknya Bhisma, yaitu untuk meminta petunjuk bagaimana dan daya upaya apa saja yang harus dilakukan untuk membuat Pandawa terbunuh. Namun yang didapat Duryodana hanyalah cacian dan kemarahan dari kakeknya, karena Bhisma begitu sayang dengan cucunya Pandawa. Dengan kejadian itu hati Duryodana semakin hancur dan berputus asa, lalu pamannya Sakuni yang dikenal mempunyai seribu satu akal menghibur Duryodana dan menyarankan untuk meminta pertolongan kepada guru besar Drona. Betapa senangnya hati Duryodana setelah Drona bersedia memberikan petunjuk dan membantunya. Atas petunjuk Drona, Duryodana diperintahkan untuk menyuruh Purucana membuat rumah atau istana yang mudah terbakar, dan akan dibantu oleh pasukan raksasa dari Manijoti yang dipimpin oleh raksasa Bajra Danta untuk menyerang wilayah Warana Wata.

 

ADEGAN II

Sedangkan di Warana Wata, Purucana merasa sangat senang dan tak henti-hentinya berterima kasih kepada Pandawa, karena berkat kedatangan Pandawa, wilayah Warana Wata menjadi sangat tentram dan asri, semua rakyat pun sangat hormat dan bakti terhadap Pandawa. Mengingat berkat kedatangan Pandawa, kehidupan di Warana Wata menjadi sangat sejahtera dengan adanya pembangunan balai desa, jembatan-jembatan dan lapangan pekerjaan bagi rakyat di Warana Wata

Ketika sedang berjalan sendirian, Purucana dikejutkan oleh kedatangan Duryodana yang diam-diam masuk ke wilayah Warana Wata tanpa dikawal oleh pasukannya. Disana Duryodana berbicara tentang rencananya semula, yaitu membunuh kelima Pandawa. Purucana bingung, mengingat begitu besar jasa Pandawa terhadap negaranya Warana Wata. Awalnya Purucana menolak permintaan Duryodana karena dia merasa begitu besar hutang negaranya terhadap Pandawa, namun Duryodana yang tahu keadaan Purucana, memberi imbalan harta kekayaan berupa emas, uang dan menjanjikan sebuah perubahan yang lebih dari yang diperbuat Pandawa terhadap negaranya Warana Wata apabila ia mau membantu Duryodana. Setelah lama berpikir, akhirnya Purucana menyanggupi permintaan Duryodana, dan disanalah kesetiaan dari seorang Purucana hancur, dengan imbalan harta yang melimpah ia rela berkhianat terhadap Pandawa. Setelah melakukan perbincangan mengenai rencana untuk membunuh Pandawa, akhirnya Purucana diperintahkan untuk membuat istana yang indah untuk peristirahatan para Pandawa, dan istana itu dibangun dengan bahan-bahan bangunan yang mudah terbakar, seperti lak, minyak kental dan karung kering. Bahan-bahan yang digunakan untuk melapisi dinding pun dibuat dari bahan yang mudah terbakar. Dengan cerdik ia pasangkan di sudut-sudut istana itu bahan-bahan kering yang mudah tersulut api. Semuanya dipersiapkan dengan sangat rapi supaya para Pandawa tidak menaruh curiga sampai istana itu selesai. Rencananya adalah ketika para Pandawa tertidur lelap, istana itu akan dibakar.

 

ADEGAN III

Di tempat lain, untuk mengalihkan perhatian para Pandawa, Duryodana mengirim pasukan raksasa dari Manijoti yang dipimpin oleh raksasa Bajradanta untuk menyerang Warana Wata. Dan akhirnya para Pandawa dikagetkan oleh kedatangan pasukan raksasa yang secara membabi buta menyerang wilayah Warana Wata. Peperangan pun tak dapat dihindarkan, dengan kesaktian yang dimiliki oleh para Pandawa, dengan mudah pasukan raksasa dapat dikalahkan. Bertepatan dengan kalahnya pasukan raksasa, Purucana pun akhirnya selesai membuat istana. Kemudian Purucana menghadap Yudistira, untuk memberitahukan bahwa ia akan memberikan Pandawa sebuah istana, mengingat jasanya yang sangat besar terhadap negara Warana Wata. Dan Yudistira menerima dengan senang hati istana pemberian dari Purucana. Dalam perjalanan menuju istana, para Pandawa dikejutkan oleh kedatangan Kenana, anak dari Arya Widura, yang telah mendengar bahwa istana pemberian itu adalah sebuah jebakan dari Purucana atas perintah Duryodana. Dan Kenana pun telah membuat terowongan rahasia di bawah tembok yang mengelilingi istana dan terus menjauh menuju hutan belantara untuk para Pandawa melarikan diri, jika suatu saat istana itu dibakar para Pandawa beserta ibunya Dewi Kunti agar melarikan diri melewati terowongan yang dibuatnya. Para Pandawa sangat berterimakasih terhadap Kenana, karena berkat dia para Pandawa tahu rencana busuk Duryodana

Yudistira yang selalu waspada dapat menangkap sikat Purucana yang mencurigakan. Ia segera memanggil saudara-saudaranya dan mengatakan bahwa saat untuk melarikan diri sudah tiba. Pada hari itu, Purucana mengadakan pesta meriah untuk para Pandawa, maksudnya adalah untuk membuat mereka tertidur karena kekenyangan. Para Pandawa tidak terpengaruh, setelah pesta selesai dan tinggalah beberapa orang penjaga yang sudah tertidur karena kekenyangan. Tengah malam Bima mendahului membakar istana tersebut, para Pandawa beserta Dewi Kunti telah meloloskan diri melalui terowongan rahasia. Mereka meraba-raba jalan keluar dalam gelap. Sementara itu api menjalar dengan cepat membakar seluruh istana. Pondok Purucana pun juga terbakar habis berikut dengan penghuninya yang gagal menyelamatkan diri dari rencana jahatnya. Akhirnya Purucana dan lima orang penjaga beserta seorang pembantu perempuan pun mati dalam kejadian itu, rakyat Warana Wata mengira para Pandawa beserta ibunya Dewi Kunti yang sudah menyelamatkan diri ke hutan ikut terbakar bersama Purucana dalam istana itu.

 

 

  1. TEMA

Dalam lakon ini ada pula tema yang terkandung didalamnya yaitu Keserakahan dan irihati Duryodana terhadap Pandawa

  1. AMANAT

Amanat yang dapat kita petik dalam lakon diatas yaitu, Sebagai manusia, kita hendaknya dapat mengendalikan diri dari  sifat irihati, dengki, dan selalu menjalankan kebaikan.

  1. ALUR

Alur yang digunakan dalam lakon PUUN BALE GALA-GALA ini ialah alur Erat dan Maju, karena jalinan peristiwa dalam lakon diatas berurutan dan berkesinambungan secara kronologis dari tahap awal sampai tahap akhir cerita

  1. PENOKOHAN

Dalam lakon puun bale gala-gala. Dapat saya simpulkan terdapat beberapa penokohan didalam lakon tersebut yaitu :

  • Protagonis     : Para pandawa: berwatak baik, bijaksana, dermawan dan murah hati
  • Antagonis      : Duryodana : pangeran yang berwatak irihati, dengki dan benci terhadap Pandawa dan ingin menguasai seluruh kerajaan Hastina
  • Tritagonis      : Bisma            : seorang sesepuh yang dihormati dan satria agung yang teguh menegakkan kewajibannya, berpikiran bijaksana, adil, tegas dan setia
  • Pembantu      : Kenana : anak dari arya Widura, bijaksana, berwatak baik, berperan dalam membantu dalam membuat terowongan agar Pandawa terhindar dari maut.

Nilai yang terkandung :

Kisah ini mengajarkan agar sebagai manusia hendaknya kita dapat mengendalikan diri kita dari rasa iri dan dengki terhadap keistimewaan dan hal-hal yang dimiliki oleh orang lain, sehingga kita terhindar dari kehancuran atas keinginan kita yang tak terkendali. Berusaha untuk setia dan selalu berpihak kepada kebenaran. Hendaknya tindakan Korupsi dan Kolusi yang dilakukan oleh Purucana dihindarkan. Dan sikap bijaksana menjadi dasar dan komitmen diri kita untuk menjadi insan yang berbudi luhur.

 

Kesimpulan :

Dalam lakon ini merupakan sanggit atau kemampuan seorang dalang dalam mengolah cerita sehingga lebih menarik dan atrkatif. Lakon ini merupakan sarana media untuk masyarakat dan juga sebagai media pencerahan agar masyarakat dapat meniru tingkah laku yang baik dari karakter-karakter wayang yang mengambil andil dalam lakon tersebut. Seperti salah satu contoh tokoh Kenana. Kenana anak dari Arya Widura, yang telah mendengar bahwa istana pemberian itu adalah sebuah jebakan dari Purucana atas perintah Duryodana segera memperingati para Pandawa agar waspada. Dan Kenana pun telah membuat terowongan rahasia di bawah tembok yang mengelilingi istana dan terus menjauh menuju hutan belantara untuk para Pandawa melarikan diri, jika suatu saat istana itu dibakar para Pandawa beserta ibunya Dewi Kunti agar melarikan diri melewati terowongan yang dibuatnya. Para Pandawa sangat berterimakasih terhadap Kenana, karena berkat dia para Pandawa tahu rencana busuk Duryodana. Dan juga Yudistira yang selalu waspada dapat menangkap sikap Purucana yang mencurigakan sehingga ia memperingati saudara-saudaranya agar selalu waspada. Kisah ini memiliki nilai bahwa kita dapat mengendalikan diri kita dari rasa iri dan dengki terhadap keistimewaan dan hal-hal yag dimiliki oleh orang lain, sehingga kita terhindar dari kehancuran atas keinginan kita yang tak terkendali. Berusaha untuk setia dan selalu berpihak kepada kebenaran. Hendaknya tindakan korupsi dan kolusi yang dilakukan oleh Purucana dihindarkan. Dan sikap bijaksana menjadi dasar dan komitmen diri kita untuk menjadi insan yang berbudi luhur.

Sinopsis lakon pragiwa pragawati

BABAK  I

Di ceritakan di kerajaan indra wiprasta sang yudistira dan perabu kresna membicarakan akan Melaksanakan upacara sutha kerti. ialah upacara untuk pembersihan secara rohani kepada putra-putra pandawa. Lalu sang yudistira mengutus adiknya sang bima,dan arjuna untuk mencari putra-putranya agar datang ke indra wiprastha untuk di upacarai

BABAK II

          Di ceritakan di negeri detya kala mariyama sang raja detya kala mariyama ingin mencari istri seorang bidadari lalu mendengar berita anak dari dewi supraba dan arjuna yaitu dewi pragiwa dan dewi pragawati akan turun kedunia untuk menghadiri upacara sutha kerti. Setelah mendengar berita akan turunnya anak dewi supraba sang detya kala mariyama mengutus semua raksasa agar berjaga-jaga untuk bersiap-siap menculik anak dari dewi supraba yaitu dewi peragiwa dan dewi pragawati. Setelah turunnya dewi pragiwa dan dewi pragawati tersesatlah mereka di sebuah hutan lalu bertemu dengan sang detya kala mariyama dan sang detya pun bertanya asal usul kedua wanita cantik itu, lalu wanita cantik itu menjawab ia mengatakan anak dari supraba dan langsunglah diculik kedua bidadari itu dan diterbangkan untuk dijadikan istri.

Read More…