Proses penempelan kertas Ogoh-ogoh

This post was written by yogamayura on April 12, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Penempelan kertas, merupakan tahap pembuatan ogoh-ogoh setelah bentuk dari ogoh-ogoh yang terbuat dari ulatan bambu maupun styrofoan selesai. adapun kertas yang dapat digunakan yaitu : kertas coklat, koran bekas, kertas case, tissue, maupun kertas lainnya sesuai selera.

biasanya kertas yang digunakan untuk menempel ogoh-ogoh sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuat bentuk ogoh-ogoh. kalau ogoh-ogoh dibuat dari anyaman bambu maka kertas yang digunakan biasanya koran bekas dengan menggunakan lem tepung kanji (tapioka) yang di didihkan dengan air hingga menjadi kental. sedangkan jika bahannya menggunakan styrofoam kertasnyya menggunakan kertas coklat yang biasa di pakai sampul buku, kertas case, tisuue bahkan koran bekas pun bisa digunakan dengan menggunakan lem fox sesuai selera kita

proses ini dilakukan hingga berlapis lapis tempelan kertas hingga menutupi semua bagian ogoh ogoh hingga merata dan menjadi halus agar ogoh-ogoh menjadi rapi dan tampil maksimal. setelah proses penempelan kertas selesai maka tahap selanjutnya adalah proses pengecatan ogoh_ogoh.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address