Biografi I Made Raka Suparta

This post was written by yasa on November 7, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

Nama : I Made Raka Suparta

 

Tgl Lahir : 12 September 1968

 

Alamat : Desa Kapal, Mengwi Badung

 

Nama Istri : Ni Ketut Astini

 

 

Raka Suparta

 

Raka Suparta adalah seniman alam,adapun  bidang  seni yang dikuasainya antara lain seni wirama,tabuh,pedalangan dan beragam seni lainnya.Beliau menyebutkan dirinya mengenal dunia seni saat masih terbilang anak-anak melalui tatapan-tatapan yang ada di berbagai kahyangan di desanya.

 

 

Mulai Belajar Mewirama,menabuh dan Dalang

 

Adapun orang yang  dijadikan seorang gurunya tiada lain tetangganya sendiri yang bernama I Ketut Arka yang kini duduk sebagai seorang Pemangku,tidak puas belajar dari satu orang iapun melanjutkan menimba ilmu di Jero Kaleran yakni kepada A.A Putra yang kini telah duduk sebagai Pandita.Dalam waktu yang relatif singkat dan didasari bakat  dan keinginan yang kuat,seni wirama,geguritan dan mekidung tadi,Raka suparta mulai menunjukan kemampuan terhadap seni yang diminatinya menginjak remaja,ia menunjukan bakatnya di desa pada tahun 1980an,iapun mengikuti ustawa dharma gita sejenis event untuk seni wirama,lomba Kendang Barong Se-Bali.

 

 

 

 

 

Seni Yang DiGelutinya :

 

# Seni Pedalangan

# Seni Tabuh (Karawitan)

# Seni Tari

 

 

Saran-Saran

 

Raka Suparta prihatin terhadap dunia seni dan para senimn dibali. Hal ini karena dirinya banyak melihat bidang seni dan seniman yang terkesan mati suri dari Kabupaten atau kota dibali,meski demikian dia salut dengan perhatian Pemkab.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 12:42 am