Video slide bleganjur XII seni karawitan 1

This post was written by yamasudarma on Mei 8, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Di atas adalah video slide bleganjur kelas XII seni karawitan 1 smkn5 Denpasar, untuk memeriahkan hut SMKN 5 DENPASAR pada tahun 2017. Dengan mengangkatat cerita jatayu duta. Dengan penata tabuh I Wayan Srutha Wiguna.
Jatayu adalah tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana, putra Aruna dan keponakan Garuda. Ia merupakan saudara Sempati. Jatayu adalah burung garuda perkasa yang dapat berbicara seperti manusia. Jatayu adalah sahabat dari Prabu Dasarata ayah Rama, raja dari Ayodya. Suatu ketika Jatayu mendengar jeritan Dewi Sinta yang menyebut-nyebut nama Ramawijaya dan negara Ayodya, tahulah Jatayu bahwa wanita yang dikempit oleh Prabu Dasamuka terbang di atas hutan Dandaka adalah menantu Prabu Dasarata. Dengan mengerahkan seluruh kesaktian dan kemampuannya, Jatayu berusaha merebut Dewi Sinta dari tangan Prabu Dasamuka. Tetapi Prabu Dasamuka yang memiliki Aji Rawarontek dan Pancasona tidak terkalahkan. Tubuh Jatayu mengalami luka parah dan kedua sayapnya putus oleh sabetan pedang Prabu Dasamuka, sehingga Jatayu tak lagi mampu untuk terbang. Sebelum meninggal, Rama dan Laksamana menemukannya di hutan dan Jatayu pun menceritakan bahwa Dewi Sinta telah diculik oleh Rahwana, raja dari Alengka. Baleganjur Kelas XII SK 1 SMKN.5 Denpasar.Ia adalah seekor burung yang melihat bagaimana Dewi Sita diculik oleh Rawana. Ia berusaha melawan tetapi kalah bertarung dan akhirnya mati. Tetapi ketika belum mati dan masih sekarat masih bisa melaporkan kepada Sri Rama bahwa Dewi Sita istrinya, diculik.
Tempat di mana Sri Rama menemukan Jatayu yang sedang sekarat dinamakan “Jatayumangalam”, sekarang dikenal sebagai “Chadayamangalam”, terletak di Distrik Kollam, Kerala. Batu besar di tempat tersebut dinamai “JatayuPara”, diambil dari nama Jatayu.

Full video https://youtu.be/7umXtNT504w

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: