KEBUDAYAAN INDONESIA MENJELANG JAMAN MADYA

Kebudayaan Indonesia jaman purba, perkembangannya erat sekali dengan jalannya sejarah kuno Indonesia. Sifat serta kuatnya pengaruh dari luar yang meresapi kebudayaan, tidak akan mati selama masyarakat pendukungnya semula masih berlanjut. Pengaruh India terhadap Kebudayaan Indonesia sangat meluas dan mendalam, sampai bahkan menentukan arah perkembangan serta coraknya kepada Kebudayaan Indonesia jaman purba. Sejak jaman prasejarah sudah ada titik-titik persamaan antara Kebudayaan India dengan Kebudayaan Indonesia, dan juga antara kedua bangsa itu sudah ada perhubungan melalui jalur laut. Maka bertemunya kedua kebudayaan itu sudah menjadi hal yang wajar. Sementara itu di India mengalami perkembangan kebudayaan yang sangat pesat, hal itu diakibatkan karena bercampurnya bangsa Dravia dan Arya sehingga kebudayaan-kebudayaan lainnya di Asia Tenggara jauh tertinggal.

Kebudayaan Indonesia yang mempunyai corak-corak kehinduan berlangsung sekitar 15 abad. Huruf Pallawa segera diindonesiakan menjadi huruf Kawi. Sejak Prasasti Danoyo huruf Kawi ini menjadi huruf yang dipakai di Indonesia, dan menjelang akhir abad ke-8 maka bahasanya pun bukan lagi Bahasa Sansekerta sebagai Bahasa resmi, melainkan Bahasa Kawi. Dari prasasi-prasasti para raja Cailendra, nampak juga bahwa dalam hal pemerintahan dan kemasyaratan sifat-sifat Indoneisanya tetap bertahan. 

Dalam hal seni bangunan, yang tidak terpisahkan dari soal keagamaan dan alam pikiran, dan dapat dilihat juga bahwa candi dalam maknanya yaitu khusus konsepsi Indonesia, candi bukanlah kuil tempat orang memuja dewa seperti di india, akan tetapi lebih lebih tempat bertemunya rakyat dan nenek moyangnya. Dalam hal ini seni hias nampak jelas anasir-anasir indianya. Akan tetapi, dalam keseluhurannya, hiasan-hiasan itu bukanlah hiasan India, bukan pula rangkaian atau penyusunan begitu saja dari pola hiasan India, melainkan sudah berupa ragam hias Indonesia. Demikian selayang pandang kebudayaan Indonesia dalam jaman purba. Nyata bahwa di dalam babakan waktu sejarah kebudayaan ini corak serta sifatnya ini di tentukan oleh pengaruh-pengaruh india, sebaliknya nyata pula, bahwa betapa juga corak-corak kehidupan itu, kebudayaan indonesia tidak kehilangan kepribadiannya.

DOKUMENTASI FOTO

gambar 1 : jalur perdagangan India-China

gambar 2 : prasasti dinoyo/danoyo

gambar 3 : candi borobudur

KEPUSTAKAAN

  • SOEKMONO, DR.R. 1973. PENGANTAR SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA 2. Yogyakarta: Kanisius.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur
  • https://www.vebma.com/opini/Kesamaan-Negara-Indonesia-Dengan-India/2926
 

Komentar ditutup.