Jenis jenis barong

This post was written by widarakusuma on Maret 26, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Jenis jenis Barong

1. Barong ket.
Barong ket terkenal dengan nama banas pati raja( raja hutan). Rupanya menyerupai singa , macan atau lembu, barong ini di keramatkan dan dan biasanya di simpan di pura dalem, bulunya di buat dari prasok atau ijuk, hiyasan di atas kepalanya memakai sekar taji yang di but dari kulit yang di ukir. dan di pulas dengan prada dan di tambahkan dengan hiasan kaca.

2. Barong bangkal
Bangkal adalah babi yang berumur tua di bali dn di anggap sebagai binatang mythos yang mempunyai keluatan. Busananya di buat dari kain beludru. Di pertunjukan pada hari raya Galungan dan Kuningan dan di tarikan keliling desa, iringan yang di pakai bebatelan bebarongn.

3. Barong asu
Barong asu yang sangat angker terdapat di daerah pacung (tabanan). juga di bawa ngelawang(keliling desa) kususnya pada hari raya Galungan dan kuningan.

4. Barong macan
Barong ini berbentuk menyerupai harimau yang hidup di hutan, macan juga seekor binatng mythos yang terkenal di bali, kususnya dalam cerita tantri. di jumpai di pacung dan bulunya menyerupai bulu macan yg di buat kain beludru.

5. Barong gajah
Bentuknya menyerupai gajah dari India. Barong ini di pertunjukan jg keliling desa pada hari raya Galungan dan kuningan.

6. Barong landung
Barong landung bentuknya berbeda dengan dengan bentuk barong barong yg ada di bali. barong ini tidak di trikan oleh 2 orang penari seperti pada umumnya, barong ini di wijudkan seperti duah buah boneka perempuan dan laki laki., yang di sebut jero luh jero gede. selain jenis jenis barong di atas masih ada yg lain seperti barong beruntuk, barong dawang dawang, barong sae, dan barong blasbasan.

~ Banda sura
Salah satu dari pada lagu lagu lelambatan klasik pegongan. yang termasuk ke dalam tabuh 4 lelambatan yg komposisinya terdiri dari pengawit, pengawak, pengisep, dan pengecet, banda sura merupakansebuah titel dalam drama tari.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address