Istilah – istilah Teknik Permainan Instrumen Trompong

This post was written by wayanprimawan on Juli 8, 2013
Posted Under: Tak Berkategori

Ngeluluk : Pukulan Ngeluluk adalah nama dari salah satu pukulan tompong yang merupakan pengembangan dari pukulan Nyilih Asih. Pukulan ini dapat dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri yanga memakai satu nada atau satu moncol sebanyak 2 ( dua ) kali

Pukulan Ngembat/Ngangkep : Pukulan Ngembat atau Ngangkep adalah nama dari salah satu pukulan trompong yang dilakukan dengan cara memukul bersma dua buah nada yang sama dengan jarak empat nada.

Ngempyung/ Ngero : Pukulan Ngempyung atau Ngero adalah nama dari salah satu pukulan trompong yang dilkukan dengan cara memukul bersama dua buah nada yang berbeda dengan jarak dua nada yang nantinya kedengaran jadi satu nada.

Neliti : Memukul pokok gendingnya saja.

Nyele : Pukulan yang menjelaskan lagu yang dimainkan

Ngempyung atau ngero : memukul dua buah nada secara bersamaan yaitu nada ndang dan ndeng sehingga kedengarannya adalah nada ndang

Nyintud :  Pukulan Nyintud adalah pukulan yang dilakukan oleh tangan kiri atau tangan kanan memukul dua buah nada yang berbeda. Satu diantara nada tersebut dipukul dua kali secara berturut – turut kemudian diikuti oleh satu pukulan instrument jegogan. Pukulan Nyintud sebelumnya disertai dengan pukulan Niltil untuk menuju tekanan lagu. Pukulan ini biasabya terdapat pada bagian gending perangrang untuk memberi tanda saat akan jatuhnya pukulan jegogan.

Nyilih Asih : Pukulan Nyilih Asih adalah salah satu pukulan trompong yang memukul beberapa nada satu persatu. Baik dilakukan satu tangan atau dua tangan secara berurutan atau berjauhan.

Nyekati : Pukulan yang banyak melepas dari pukulan pokoknya dan bertemu pada bagian akhir satu pada. Sama dengan memukul dan ditutup dengan panggul yang biasa terdapat pada perangrang.

Ngumad/Ngalad ( membelakangi ) : Pukulan ini adalah pukulan instrument trompong yang  dan dilakukan oleh tangan kanan atau tangan kiri yang memukul dengan membelakangi melodi pokok gendingnya yang biasanya dilakukan pada pukulan Ngembat/Ngangakep dan Nyilih Asih yang jatuhnya di bagian tengah – tengah dan bagian akhir lagu.

Nguluin ( mendahului ) : Pukulan Nguluin ( mendahului ) adalah pukulan instrument trompong yang dilakukan oleh tangan kanan atau tangan kiri yang memukul dengan mendahului lakukan melodi pokok gendingnya yang biasanya dilakukan pada pukulan Ngembat/Ngangkep dan Nyilih Asih yang jatuhnya di bagian tengah – tengah dan akhir lagu.

Nerumpuk : Pukulan ini adalah pukulan instrument trompong yang dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri yang memukul satu nada atau satu moncol yang beruntun silih berganti dalam tempo yang agak cepat.

Ngoret : Memukul tiga buah nada yang ditarik dari besar ke kecil.

Ngoret Nyilih Asih : Pukulan yang dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri dengan memukul tiga buah nada yang berbeda dan berurutan yang arah nadanya ke arah yang lebih tinggi/kecil.

Ngoret Ngembat/ Ngangkep : Pukulan yang dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri dengan memukul tiga buah nada atau moncol yang berbeda dan berurutan, Di pi hak tangan kanan memukul dua buah nada dan tangan kiri memukul dua buah nada juga. Satu diantaranya tiga buah nada yang dipukul oleh tangan kiri sama dengan tangan kanan.

Ngoret Ngempyung : Pukulan yang dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri dengan memukul tiga buah nada atau moncol yang berbeda. Tangan kanan memukul dua buah nada dan tangan kiri memukul satu buah nada. Satu diantaranya tiga buah nadayang dipukul oleh tangan kiri berbeda dengan yang dipukul oleh tangan kanan.

Netdet :  Pukulan Netdet adalah nama dari salah satu pukulan trompong yang merupakan perkembangan dari pukulan Nyilih Asih yang artinya pukulan dua buah nada yang jejer yang saling berganti. Nada yang lebih kecil dipukul dan ditutup oleh tangan kanan dan tangan kiri memukul nada yang lebih besar atau rendah. Pukulan ini biasanya dipakai pada lagu/gending perangrang.

Ngandet : Pukulan Ngandet adalah pukulan yang dilakukan oleh tangan kanan dan tangan kiri bergantian memukul dua moncol yang nadanya berurutan. Pukulan pencon tangan kanan ditutup dan pukulan tangan kiri dibuka ( tidak ditutup ).

Niltil : Pukulan Niltil ini adalah pukulan satu nada dengan tangan kanan atau tangan kiri yang temponya atau layanya makin lama makin cepat. Pukulan ini biasanya digunakan diantaranya pada salah satu bagian gending “Pengalihan” atau Perangrang.

Makaad : Pukulan Makaad adalah pukulan instrument trompong yang memukul tiga buah nada yang arahnya ke kiri atau ke nada yang yang lebih besar yang dilakukan oleh tangan kanan 2 ( dua ) nada dan tangan kiri 1 ( satu ) nada.

Comments are closed.