Agu
27
2014

Kendang Mebarung

KENDANG MEBARUNG

DI DESA PERGUNG JEMBRANA

 

 Dewasa ini pulau Bali kendang mebarungmerupakan salah satu dari kepulauan Indonesia yang amat terkenal diseluruh Indonesia kemasuran pulau bali disebabkan oleh kehidpan masyarakat pulau bali yang memiliki kebudayaan yang tinggi yang dikagumi tidak saja oleh wisatawan yang semakin banyak dating ke Bali, tetapi juga oleh para sarjana yang telah melakukan penelitian disini.

Berbagai buku dan karangan-karangan singkat telah berhasil diterbitkan hinnga sekarang. Kecujali kebudayaan, pulau bali juga memiliki unsur-unsur penarik lainnya seperti keindahan alam dan keramah tamahan penduduknya.

Seorang sarjana asing yang bernama colin Mcphee dalam bukunya music In Bali mengatakan bahwa pulau bali telah terkenal keseluruh pelosok dunia, hal ini tidak hanya disebabkan oleh factor keindahan alamnya, tetapi lebih dari itu bali banyak menarik perhatian dunia karena seni budayanya.

Bali pulau yang penuh dengan kebahagiaan dimana music tari dan drama tidak hanya dicintai oleh semua orang, tetapi merupakan sesuatu yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sungguh amat banyak kesenian-kesenian yng hidup dan berkembang di pulau bali baik kesenian wali, bebali, maupun balih-balihan, sehinnga ba li banyak diju,luki orang dengan pulau dewata, pulau kahyangan dll. Ini merupakan julukan yang membawa harumnya bangsa dan tanah air kita Indonesia.

Dalam rangka ikut berpartisipasi untuk membangun bangsa Indonesia seutuhnya maka pembinaan kepribadian bangsa melalui penghayatan nilai-nilai budaya bangsa adalah suatu lankah yang amat perlu. Berkenaan dengan hal tersebut maka pemberian informasi tentang jenis-jenis kebudayaan atau kesenian merupakan salah satu langkah dan sarana untuki bergerak kearah pembinaan tersebut. Dengan demikian dimaksudkan sebagai salah satu usaha agar nilai-nilai budaya itu dapat lebih dihayati sehinngaga dapatlah mempertebal ketahanan mental bangsa.

Kendang mebarung merupakan kesenian khas kabupaten jembrana sebagai salah satu kekayaan kesenian daerah bali, kesenian tersebut belum banyak dikenal orang hbal itu sangat menarik perhatian penulis dalam mengadakn penelitian atas dasar itulah penulis meneliti sampai sejauh mana kesenian kendang mebarung itu mengalami perkembangan.

Berdasarkan pertimbangaan-pertimbangan penulis maka dalam hal ini penulis memilih kendang mebarung sebagai obyek penelitian, obyek ini perlu diteliti karena hanya terdapat di kabupaten Jembrana khususnya di Banjar dauh Pasar, Desa Pergung.

Di kutip dari buku Kendang Mebarung Di Desa Pergung, Jembrana

oleh I Ketut Sudana, Jurusan Karawitan Tahun 1984, Pada halaman 1 – 19

 

 

 

 

 

Written by in: Tak Berkategori |

Tidak ada Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress | Theme: Aeros 2.0 by TheBuckmaker.com