Mar
06
2014

ETNOMUSIKOLOGI DEFINISI, ARAH, DAN MASALAH

ETNOMUSIKOLOGI

DEFINISI, ARAH, DAN MASALAH

DEFINISI

Ada banyak definisi tentang etnomusikologi, namun tidak satupun yang benar benar

memuaskan. Hal ini sering hanya disebut penelitian ilmiah musik non-barat, mungkin definisi ini masih miskin karena musik barat dan non-barat sudah pasti ada perbedaannya. Musik barat sangat hebat sistim notasinya, sedangkan musik non-barat kebanyakan oral tradisi, yaitu dipelajari secara lisan dari mulut ke mulut, tidak menggunakan notasi namun ada juga yang memakai kode-kode tertentu untuk memudahkan mengingat aksen-aksen tertentu.

Dari uraian diatas dapat kita lihat bahwa sesungguhnya etnomusikologi tidak semata-mata hanya mempelajari tentang musik namun lebih luas lagi mencakup kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat,estetika dan sebagainya.

Ada etnomusikolog yang mengatakan etnomusikologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyaiobjek penelitian seni musik sebagai gejala-gejala fisik, psikologi, estetik, dan budaya. Dengan kata lain etnomusikologi adalah metode pendekatan untuk mempelajari musik apa-pun, tidak hanya dari segi musiknya saja tetapi juga dalam hubungan dengan konteks budayanya.

 

 

 

 

 

 

 

ARAH

Etnomusikologi diarahkan untuk mengerti musik yang dipelajari dari segi struktur musik dan juga untuk memahami musik didalam konteks masyarakatnya. Etnomusikologi mempelajari musik dari semua bangsa-bangsa non-eropa , meliputi musik-musik suku bangsa, musik rakyat, musik tradisi, dan terkadang juga meneliti musik eropa meskipun wilayah tersebut bukanlah merupakan objek pokoknya. Dengan kata lain, etnomusikologi mempelajari semua jenis musik yang tidak dipelajari dalam sejarah musik yaitu study tentang musik yang ada didalam tradisi Eropa Barat.

Selain itu juga dilihat perkembangan musik di suatu daerah yang juga mencerminkan bagaimana kebudayaan itu berkembang di daerah tersebut.

 

 

MASALAH

Dari berbagai pendapat tentang definisi etnomusikologi adalah studi komperatif musik dan budaya. Jelaslah bahwa tidak ada definisi yang benar-benar ditemukan untuk etnomusikologi.

Etnomusikolog tampaknya telah terpecah antara dua cita-cita: kesatuan dasar umat manusia yang seperti diperagakan dalam musik, perilaku musik, dan berbagai fenomena tak terbatas fenomena musik yang ditemukan di dunia. Fenomena  musik dalam budaya yang berbeda mungkin tampak identik dengan orang luar, pada saat yang sama etnomusikolog masih tertarik dalam menghadiri keragaman yang luas dari suara musik dan cara perilaku musik.

Untuk melakukan penelitian tentang etnomusikologi hendaknya harus terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi teoritis secara logis berdasarkan metode yang tepat, sebab perkembangan konsep dilapangan akan selalu berubah seiring berubahnya dekade.

 

Written by in: Tak Berkategori |

Tidak ada Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress | Theme: Aeros 2.0 by TheBuckmaker.com