<

Judul Buku     : Sang Hyang Jaran Warisan budaya  Pra Hindu Di Bali

Penulis            : Pande Nyoman Djero Pramana, S.Kar., M.Hum.

Penerbit         : Citra Etnika Surakarta 2004

Adanya kepercayaan kepada pemujaan roh nenek moyang yang telah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat Pra-Hindu, kiranya memiliki kaitan yang sangat erat dengan kelestariannya sampai saat ini. Setelah mengalami perjalanan sejarah yang begitu panjang, tarian ini masih dipentaskan dalam bentuk upacara yang bersifat magis dan religius dengan unsur lama yang terdapat didalamnya yang masih mempunyai arti penting dalam kehidupan sosial masyarakat pendukungnya. Suatu hal yang kontradiktif sifatnya, bahwa rasionalitas, individualitas, dan materialism yang untuk sebagian telah berpengaruh terhadap kehidupan didaerah tersebut, merupakan indikator bahwa masyarakat bukan merupakan masyarakat terbelakang secara mental tapi masyarakat yang tergolong modern.

Walaupun tergolong modern, namun mereka masih menggunakan cara gaib dalam mengatasi masalah hidup dengan mementaskan Tari Ritual Sang Hyang Jaran, yang seharusnya mereka lebih menekankan pada penggunaan cara-cara yang bersifat rasional.

Kata kunci: Tari Ritual Sang Hyang Jaran.

Judul Buku     : Drama: Teori dan Pengajaran

Penulis            : Prof. Dr. Herman J. Waluyo

Penerbit         : Hanindita Graha Widia, Yogyakarta. 2001

Drama merupakan tiruan kehidupan manusia yang diproyeksi diatas pentas. Dengan melihat drama anda seolah melihat kejadian dalam masyarakat. Kadang-kadang konflik-konflik yang disajikan dalam drama sama dengan konflik batin mereka sendiri. Drama adalah potret kehidupan manusia, potret suka duka, pahit manis, hitam putih kehidupan manusia ini.

Buku ini mengulas habis tentang drama baik secara teori maupun pengajarannya. Membaca buku ini anda sekaligus memperoleh dua keuntungan: memahami drama dan mengerti cara pengajarannya. Bagi anda pecinta drama langkah-langkah pemahaman dan pengajaran drama dalam buku ini sangatlah penting.

Kata kunci: teori drama dan pengajarannya.

Judul Buku     : Nilai-Nilai Etis Dalam Wayang

Penulis            : Dr. Hazim Amir, M.A.

Penerbit         : Pustaka Sinar Harapan, Jakarta. 1994

Pengarang dalam karya tulisnya ini berhasil mengangkat 20 butir nilai etis yang luhur dalam ajaran-ajaran lakon wayang purwo (wayang kulit) disertai contoh pribadi pelakunya. Dikupas secara ilmiah dan jelas, tidak bertele-tele sehingga pembaca mudah menangkap dan mencernanya.

Bagi orang yang ingin tahu apa yang terkandung dalam ajaran wayang purwo, yang banyak mempengaruhi cara berpikir dan perilaku masyarakat penggemarnya (jawa), baik yang rakyat biasa maupun para pemimpinnya, buku ini merupakan satu petunjuk yang benar.

Kata kunci: wayang

Judul Buku     : Belajar Main Rekorder

Penulis            : M. Soeharto

Penerbit         : PT Gramedia. Jakarta. 1990

Buku ini merupakan kelanjutan dan pelengkap dari buku yang terdahulu, Belajar Main Rekorder: Duet Sopran. Bagian pertama berisi tentang etude atau bahan latihan untuk duet rekorder alto. Pada bagian kedua disajikan sejumlah lagu Indonesia yang umumnya telah dikenal, untuk rekorder petunjuk yang termuat dalam buku ini dalam latihan sehari-hari, sehingga mampu mencapai sasaran pelajaran secara optimal.

Pengarang buku ini, dosen IKIP Jakarta dan sering jadi juri untuk berbagai festival music tingkat Nasional, sudah dikenal diluar dan didalam dunia pendidikan music di Indonesia, karya-karyanya yang lain telah telah ditulisnya antara lain Belajar Notasi Balok, Membina Paduan Suara dan Grup Vokal, dan Kamus Musik Indonesia.

Kata kunci: rekorder.

Judul Buku     : Ensiklopedi Mini Karawitan Bali

Penulis            : Pande Made Sukerta

Penerbit         : Sastrataya-Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI). Bandung-Indonesia. 1996.

Seri Ensiklopedia Musik merupakan hasil kompilasi khasanah music Indonesia, yang disusun oleh para pakar yang tergabung dalam Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Rangkaian seri ini dimulai dari tradisi musik yang dikenal secara umum seperti musik Bali, Jawa, Sulawesi, Sumatera, kemudian di susul oleh lingkungan kebudayaan yang belum dikenal luas: Flores, Mentawai, dan daerah lainnya. Seri ini merupakan langkah awal untuk membangun Ensiklopedi Umum Musik Indonesia.

June 30th, 2010 at 4:24 pm