WAHYU SUKMA YOGA

ISI DENPASAR 2013

Terungkap! 3 Hewan Langka nan Unik di Dunia Ini

Posted By on 28 April 2020

Semua manusia hampir menyukai hewan tapi terkadang manusia menjadi ancaman terbesar untuk hewan itu sendiri. Banyak hewan yang hampir punah dikarenakan ulah manusia, yaitu dengan pemburuan liar hanya untuk kekayaan mereka seorang. Mereka tidak memikirikan ekosistem yang ada dan tindakan mereka menyebabkan hal yang buruk bagi kehidupan semua makhluk di bumi ini.

Oleh karena itu diartikel ini saya akan mengangkat tema yaitu hewan paling langka didunia, berikut list nya :

Musang Berkaki Hitam

Musang ini diperkirakan hanya ada 300-400 di alam liat, dan banyak dibudidayakan dan dirawat kemudian dilepaskan dari penangkaran. Musang Berkaki Hitam banyak ditemukan di Arizona, Myoming, Dakota Selatan dan Montanan, tepatnya di Amerika Utara.

Hewan ini termasuk yang terancam punah dan sudah dinyatakan punah juga ditahhun 1979, penurunan sangat tajam sepanjang abad ke 20. Sejak tahun 1981 Musang Kaki Hitam ditemukan di sekitar Wyoming dan tersisa sedikit populasi di alam liar.

Kemudia Margasatwa Amerika Serika melakukan program penangkaran untuk Musang Kaki Hitam yang bertujuan untuk memulilahkan populasi mereka yang kemudian akan dilepaskan ke dunia luar. Sejauh ini programnya sudah sukses melepaskan 300 sampai 400 musang ke alam liar.

Info menarik tentang musang berkaki hitam ini ialah mereka berburu Anjing Padang Rumput yang keadaannya sudah terancam punah juga. Musang ini sangat ketergantungan dengan adanya anjing ini.

Kijang Putih

Kijang Putih atau Addax ini diperkirakan hanya berjumlah 30 sampai 90 di alam liar dan lebih 2000 ada di penangkaran. Kijang Putih banyak ditemukan di Gurun Sahara dan status saat ini yaitu terancam punah.

Namun, saat ini banyak penangkaran yang sukses merawat dan mengembangbiakan Kijang Putih. Ada ribuan penangkaran di yang sudah berhasil dan dibeberapa tempat kebung binatang.

Pada jaman dahulu, Kijang Putih sangat mudah ditemukan di Afrika Utara, Chad, Mauritania, Nigeria, Aljazair, Mesir, Sudan, Libya dan Sahara. Namun, maraknya perburuan liar, membuat Kijang Putih ini mengalami penurunan populasi yang sangat signifikan.

Saat ini, banyak penangkaran yang sudah melepaskan Kijang Putih ke alam liar lagi sehingga banyak ditemukan lagi di sekitar Moroko dan Tunisia.

Info unik dari Kijang Putih ialah mereka mengeleluarkan kotorannya kering dan cairan urinnya pekat karena mereka menggukanan setiap air yang ada ke dalam tubuh mereka.

Burung Ibis Botak Utara

Burung Ibis Botak Utara ini memiliki populasi hanya kurang dari 250 di alam liar dan ada 1000 di penangkaran. Burung ini banyak ditemukan di Maroko Selatan dan Suriah, namun sebelumnya juga banyak ditemukan di seluruh Eropa, Afrika Utara, dan bagian lain di beberapa negara timur tengah.

Burung ini memiliki status terancam punah dan menjadi salah satu burung paling langka di dunia. Bayangkan hanya ada 250 ekor di alam liar. Selama beberapa puluh tahun kebelakang, populasi Burung Ibis ini mengalami penurunan yang sangat tajam.

Namun, ada beberapa penangkaran yang peduli dengan hal ini dan sukses mengembangbiakan 1000 Burung Ibis. Burung ini sudah susah sekali ditemukan di wilayah eropa namun banyak program dan penangkaran yang sedang berusaha mengembalikan populasi burung ini yang terancam punah.

Burung ini termasuk spesies burung purba karena ada fosilnya yang ditemukan dan ternyata berasal dari Zaman Holocene dan itu sudah sekitar 10000 tahun yang lalu, bahkan ada juga dari Pleistocene Tengah (sekitar 900000 tahun yang lalu) dan paling tua yaitu di Zaman Pliocene-Pleistocene (sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.

Baca juga referensi yang biasa menjadi kutipan kami, blogburung.com. Anda akan dapat ilmu dan wawasan baru bila mau dan rajin membaca artikel-artikel di dalamnya.

Artikel dalam web tersebut membahas semua tentang burung-burung yang ada di dunia ini. Dari Fakta menarik hingga harga burung-burung tersebut. Tunggu apa lagi, langsung saja buka website tersebut.


Comments

Leave a Reply