Tips Keuangan yang Bisa Dilakukan Agar Lebih Mudah Menabung

This post was written by vivindianpuspita on Januari 4, 2021
Posted Under: Lainnya

Kebiasaan menabung biasanya sudah banyak orang tua ajarkan kepada anak-anaknya sewaktu masih kecil. Namun sayangnya kebiasaan baik ini terkadang sudah tidak diterapkan lagi setelah berusia dewasa. Padahal menabung memberikan banyak sekali manfaat, terutama bagi Anda yang ingin mempersiapkan masa depan dengan baik. Karena pastinya untuk mewujudkan cita-cita di masa depan, sedikit banyak memerlukan dana untuk mendukungnya. Maka dari itu, jika Anda tergolong sulit untuk menabung, sebaiknya mencari tips keuangan yang bisa membantu untuk mengatasinya.

Dalam pengaturan keuangan, menabung menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Bahkan jika Anda memiliki penghasilan atau gaji yang pas-pasan sekalipun, tetap harus bisa menyisihkan sebagian dari gaji untuk ditabung. Bagi yang tidak terbiasa menabung, biasanya akan merasakan kesulitan dan tersiksa saat melakukannya. Namun sebenarnya ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar bisa menabung berikut ini:

  1. Ketahui berapa jumlah total penghasilan dan pengeluaran Anda.

Agar bisa menabung dengan rasional, sebaiknya lakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai jumlah dana yang bisa ditabung setiap bulannya. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu total penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya. Setelahnya bandingkan antara pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda. Sehingga nanti bisa mengetahui berapa jumlah nominal yang berpotensi bisa ditabung.

  1. Buat dua rekening berbeda.

Jika semua dana tabungan dan dana kebutuhan disimpan di dalam satu rekening yang sama, biasanya akan rentan untuk mengambil dana tabungan tanpa disadari. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya buat dua rekening berbeda yang digunakan untuk menabung dan kebutuhan sehari-hari. Sehingga bisa meminimalisir kemungkinan mengambil dana tabungan ketika hendak memenuhi kebutuhan. Dengan cara ini, menabung pun bisa lebih terarah karena jelas berapa jumlah dana yang masuk ke tabungan. Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam memantaunya.

  1. Tentukan tujuan menabung.

Menabung bisa menjadi hal yang sulit dilakukan saat tidak memiliki tujuan yang jelas. Karena jika memiliki tujuan, akan ada semangat tersendiri untuk terus rutin menabung agar bisa mewujudkan tujuan tersebut. Maka dari itu, untuk memudahkan menabung sebaiknya miliki tujuan terlebih dahulu. Misalnya menabung karena ingin membeli kendaraan, ingin membeli rumah, ingin bisa umroh, dan masih banyak lagi. Jangan menentukan tujuan yang terlalu dibuat-buat karena tidak akan banyak membantu atau bahkan membebani. Jika sudah mengetahui tujuan pasti kenapa Anda harus menabung, maka selanjutnya pegang erat tujuan tersebut. bila perlu agar selalu teringat akan tujuan menabung, Anda bisa menulisnya di buku catatan atau menulis dan menempelkannya di dinding agar bisa dijadikan pengingat.

  1. Mencari sumber penghasilan tambahan.

Agar bisa menyisihkan uang untuk ditabung, menekan pengeluaran memang baik untuk dilakukan. Namun jika sudah menekan pengeluaran namun masih kesulitan untuk menabung, terlebih karena gaji yang pas-pasan, maka solusi terbaik adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan atau membuat usaha sampingan. Jika Anda cukup jeli, ada banyak sekali pekerjaan atau usaha sampingan yang bisa ditekuni untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Itu tadi beberapa tips keuangan yang bisa membantu untuk mempermudah menabung. Bagi Anda yang kesulitan untuk membiasakan diri dalam menabung, berbagai tips di atas bisa diikuti. Agar tabungan semakin terkumpul, pastikan Anda memiliki komitmen dan disiplin dalam menabung. Untuk tahap awal menabung, mungkin akan terasa sulit dan tidak enak untuk dilakukan. Namun jika semakin dibiasakan sedikit demi sedikit, maka lama-kelamaan juga pasti akan menjadi kegiatan rutin yang tidak bisa ditinggalkan. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

You must be logged in to post a comment.