Master of Ceremony

Jadi MC….why not???!!!

Mau taw knapa??  alna qta musti jadi pusat perhatian semua orang plus yang paling terberat adalah saat qta harus memandu mereka n acaranya bersifat dadakan atw spontanitas…. so saatnya kamu memulai kreativitas kata-kata indah yang harus diluncurkan spontan padat dan jelas….

Susah tapi gampang…ntu bener banget…banyak yang bilang kalo jadi MC tuuu susahhh…emank benerrr..tp ada uga yang bilang MC tuu ‘Piece of Cakelahhhh….’ bener uga tp satu yang bisa diambil dari pengalaman Tisna pribadi…semakin banyak jam terbang anda then you’ll improve ur talent… percaya dechhh!!!

Pengalaman yang Menegangkan…Yeahhh banyaaaakkk….ada aja pastinya…tapi setelah dijalani finally i can handle it…

pengalaman yang menyenangkan …ehhmmm banyak  juga alna biasanya budget passs banget ma selera Tisna he he….

Pengalaman yang menyebalkan …not really….i dont remember..

pengalaman menyedihkan hampir tidak ada…..So….yakin mau jadi MC atw nggaK????

Nanti kalo udah dipraktek’in pasti bisa…Tapi musti perhatiin rambu2nya…Datang ke lokasi MC minimal 30m sebelum acara dimulai..paling lambat 15 menit itu kalo yang udah mahir banget n ada halangan sampe telat banget…. Ohh ya baru inget sempat  ngalamin ini waktu MC PKB 2009 kemaren acara kolabrasi tari jawa dari jkt n Bali….syukurlah bisa berjalan dengan bantuan teman2 juga…Truss…Opening inget nama Lokasi, hari/tanggal/tahun n biasanya Judul Acaranya dipampang besar2 di atas panggung….jadi tinggal dicopy aja judulnya…

Wajah harus fresh…dan siap untuk memandu acara… ehmm apa lagi yaa??

Gini aja dech baca dulu yang dibawah nie supaya lancar n sukses acaranya……

Cara Membawakan Acara

Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun, Sama halnya dengan menyampaikan laporan, membawakan acara juga harus memerhatikan unsur-unsur pelafalan, intonasi, tempo, gerak tubuh, dan mimik wajah. Menjadi pembawa acara (master of ceremony/ MC) haruslah mempunyai bakat berbicara yang baik, penuh improvisasi, dan percaya diri tinggi.
Pembawa acara harus memahami situasi acara yang dibawakannya, apakah acaranya bersifat formal (resmi), semi-formal (setengah resmi), atau nonformal (tidak resmi). Pemahaman terhadap situasi tersebut sangat penting. Pembawa acara harus bisa menyesuaikan diri, mulai dari pakaian, cara bicara, bahasa yang digunakan, sampai gerak tubuh yang ditampilkan.
Membawakan acara adalah tugas seorang pemandu acara/pembawa acara. Pembawa acara juga disebut presenter, MC (master of ceremony), host, dan VJ (video jockey). Pembawa acara memandu acara dari awal sampai akhir. Pembawa acara yang membawakan acara harus mempunyai sikap yang baik sehingga meninggalkan kesan yang baik pula pada peserta acara. Hal tersebut berpengaruh pada kesuksesan acara yang diselenggarakan.
Dalam membawakan acara, seorang pembawa acara hendaknya menggunakan bahasa yang baik, benar, dan santun. Bahasa yang baik dan benar merupakan bahasa yang sesuai dengan kaídah bahasa yang berlaku, mudah dipahami, serta sesuai dengan situasi dan kondisi. Selain itu, pembawa acara wajib menggunakan bahasa yang santun sehingga tidak menyinggung perasaan pihak tertentu.

Source : http://www.crayonpedia.org

Berikut contoh penggunaan bahasa yang baik, benar, dan santun dalam membawakan acara:

OPENING

(COWOK)

SELAMAT MALAM DAN SELAMAT DATANG DI

GEDUNG NATYA MANDALA (ISI) = DIBACA : INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR.

HARI INI,………………. TANGGAL …….MEI 2009

GUNA MENYAKSIKAN,

SAJIAN KARYA SENI UJIAN SARJANA SENI (FSP) = DIBACA :

FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI DPS THN.2008/2009

(CEWEK + COWOK)

OM SWASTYASTU,

(CEWEK)

  • YTH. REKTOR ISI DPS
  • YKH. PEMBANTU REKTOR I, II, III & IV
  • YKH. DEKAN FSP & FSRD ISI DENPASAR SERTA SELURUH PEJABAT STRUKTURAL DI LINGKUNGAN ISI DPS
  • YKH. PULA DEWAN PENGUJI KARYA SENI UJIAN SARJANA SENI ISI DPS THN. 2008/2009
  • YKH. PARA UNDANGAN, SENIMAN/SENIWATI, PEMERHATI BUDAYA DAN JUGA TEMAN2 DARI MEDIA CETAK YANG TELAH BERKENAN HADIR DIKESEMPATAN MALAM HARI INI…..
  • SERTA TIDAK LUPA KAMI UCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA SELURUH KELUARGA PESERTA UJIAN

TERIMAKASIH ATAS DUKUNGANNYA TELAH HADIR MALAM INI

(COWOK)

BAIKLAH MALAM INI BERSAMA SAYA……… ………………DAN ………………………. SEBAGAI PARTNER SAYA MALAM INI DIMANA KAMI BERDUA AKAN MENGINFORMASIKAN KEPADA ANDA SERANGKAIAN ACARA YANG AKAN DITAMPILKAN PADA MALAM HARI INI

(CEWEK)

TAPI SEBELUMNYA PERLU KAMI INFORMASIKAN PULA PERATURAN/TATA TERTIB YANG HARUS DIIKUTI OLEH HADIRIN SELAMA UJIAN BERLANGSUNG SEHINGGA UJIAN KARYA SENI KALI INI DAPAT BERJALAN LANCAR….

(COWOK)

BERIKUT TATA TERTIB/ PERATURAN YANG HARUS DIIKUTI :

1. PENONTON DILARANG KELUAR MASUK PINTU SEBELAH KANAN DAN KIRI GEDUNG INI SELAMA PEMENTASAN BERLANGSUNG.

2. PENONTON DILARANG MEROKOK DIDALAM RUANGAN GEDUNG NATYA MANDALA INI.

3. TEPUK TANGAN HANYA BISA DIBERIKAN PADA AKHIR PEMENTASAN KARYA SENI.

4. HADIRIN DIMOHON UNTUK MENONAKTIFKAN ALAT KOMUNIKASI BERUPA HP DAN SEJENISNYA SEHINGGA TIDAK MERUSAK KONSENTRASI PESERTA UJIAN.

5. DILARANG MENGAMBIL GAMBAR BAIK BERUPA FOTO MAUPUN VIDEO KECUALI PANITIA.

(CEWEK)

…..YA , JADI SEKALI LAGI KAMI HIMBAU KEPADA SELURUH HADIRIN YANG INGIN MENONTON PEMENTASAN UJIAN MALAM INI UNTUK MENGIKUTI TATA TERTIB YANG BARU SAJA KAMI BACAKAN SEHINGGA DAPAT MENDUKUNG KELANCARAN UJIAN MALAM INI..

(COWOK)

BAIK, ………………..MALAM INI TAMPAKNYA TEMAN2 PESERTA UJIAN BENAR2 SUDAH SIAP UNTUK MENGGELAR KARYANYA MALAM INI…..YAA

(CEWEK)

IYA, BETUL SEKALI…..SETAU SAYA RATA2 PESERTA UJIAN KALI INI SUDAH MEMPERSIAPKAN DIRINYA SEJAK BEBERAPA BULAN YANG LALU, SEHINGGA PADA HARI “H” INI MEREKA SUDAH SIAP MENAMPILKAN KARYANYA YANG TERBAIK….

(COWOK)

EHH…TAU GAK……………… HARI INI SUDAH ADA 11 ORANG PESERTA UJIAN YANG LAGI BERSIAP2 DIBELAKANG PANGGUNG, 1 DARI JUR. PEDALANGAN, 3 DARI JURUSAN TARI DAN 7 DARI JUR. KARAWITAN….DAN UJIAN INI MASIH AKAN BERLANGSUNG SAMPAI HARI KAMIS TGL.21 NANTI….

(CEWEK)

IYA DAN PERLU KITA INFORMASIKAN JUGA BAHWA SELAIN PESERTA UJIAN DI BIDANG PENCIPTAAN FSP INI MENGGELAR KARYA SENINYA MEREKA JUGA HARUS MELEWATI YANG NAMANYA UJIAN KONPEREHENSIF, ATAU DIUJI SKRIPSINYA…

(COWOK)

WADUHHHH………………………HEBAT BANGET YAA..MEREKA MUSTI MEMPERSIAPKAN DIRI DARI UJIAN SKRIPSI DAN JUGA UJIAN KARYA HEBAT,HEBAT,HEBAT….!!!

(CEWEK)

YA SUDAH KALO GITU, LANGSUNG AJA KITA PANGGILKAN PESERTA UJIAN YANG PERTAMA DARI JURUSAN PEDALANGAN YANG AKAN MEMBAWAKAN KARYANYA BERJUDUL “SOMYA RUPA”

(COWOK)

SOMYA RUPA …..(BACA NASKAH YANG SUDAH ADA)…..

(CEWEK + COWOK)

DEWAN PENGUJI SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA SELAMAT MENYAKSIKAN SOMYA RUPA….

============================================================================

So gemana….Bisa kan….Selamat Mencoba!!!!

Kalo mo yang Bahasa Inggris ada juga…..

ASIAN CONFEDERATION OF INSTITUTE OF INTERNAL AUDITORS CONFERENCE 2008

AT ASTON HOTEL,

DENPASAR-BALI, INDONESIA,

3-4 NOVEMBER 2008

DAY 2- MONDAY, NOVEMBER 3

  1. Registration
  2. Opening Ceremony
  3. Guests entrance the ballroom (08.45 the latest)

Sambil di announce untuk silent HP

May I have your attention please,/

Entrance the ballroom

“We would like to invite all delegates of the ACIIA (The Asian Confederation of Institute of Internal Auditors conference 2008) to entrance the ballroom and please take your seat.”

Announce No Smoking Area

“We would like to informed  that this room is prepared for no smoking area.”

Turn of Mobile Phone

We would kindly advice for all delegates and participants in this conference/

To switch the mobile phone into silent mode in order to avoid any interruptions during the conference/.

Thank you..” //( 2-3X)

  1. Mengundang hotel representative for the emergency escape/emergency regulation

Ladies & Gentlemen

security and evacuation brief by the chief security of Aston Hotel Denpasar//

  1. Bleganjur/atraksi (8 min)/ langsung silam
  2. Distinguished guests/ Ladies and Gentlemen

THE ASIAN CONFEDERATION OF INSTITUTE OF INTERNAL AUDITORS CONFERENCE 2008 // (Dilanjutkan dengan parade penari dan iringan prosesi yang memasuki ruangan dari pintu masuk ruangan mengantar pak Edwinsjah ke tempat duduk yang telah disediakan, penari kemudian menuju stage dan melanjutkan dengan tarian sekar jagat sebagai tarian selamat datang)

Usai menari 2 penari menjemput bapak Edwinsjah Iskandar (President of ACIIA)yang 3 orang lagi turun dan siap-siap untuk mengambil pemukul gong/ beliau kemudian berpidato untuk membuka acara konferensi (welcome remarks).

Excellency, Ladies and Gentlemen /

Now we would like to call upon the President of The Institute of Internal Auditors Indonesia/ Mr. Edwinsjah Iskandar for welcome remarks//

And after that it will be continued with the opening ceremony of The Asian Confederation of Institute of Internal Auditors Conference 2008/

By striking the Balinese traditional instruments Gong//

Excellency, Ladies and Gentlemen

Please welcome

———— The President of the Institute of Internal Auditors Indonesia/

“ Mr. Edwinsjah Iskandar “

To say a word/

Would you please————————-//

Dilanjutkan dengan

Introduction of Mr _________________________ ??

The New President director IIA for ____________ ??

PEMUKULAN GONG dilanjutkan dengan tetabuhan dari sekaa gong sebagai tanda bahwa ACIIA telah dibuka secara resmi oleh President IIA Indonesia.

Excellency, Ladies and Gentlemen/

Now it will be continued by striking the Balinese Instrument “ GONG” by Mr. Edwinsjah Iskandar as a symbol that the Asian Confederation of Institute of Internal Auditors Indonesia 2008 is officially open //

Mr. Edwinsjah Iskandar

Would you please…..//

Setelah pemukulan Gong Mr. Edwinsjah Iskandar disilahkan kembali ketempat diiringi oleh para penari .

Mr. Edwinsjah and Mr. _____________ May go back to your seat please.

  1. MC Welcoming all

Good Morning Distinguished guests ladies and gentlemen/

Welcome to the Aston Hotel Denpasar, Bali/ attending the Asian confederation of Institute of internal auditors’ conference 2008.

His Excellency,/ Mr.Edwinsjah Iskandar /

The president of The Institute of Internal Auditors Indonesia//

The honorable speakers/

All delegates and participants of the Asian Confederation of Institute of Internal Auditors Conference 2008/

Distinguished guests ladies and gentleman//

Good Morning and welcome to the island of Bali/

The island of thousands temple/ to attend the Asian Confederation of Institute of Internal Auditors Conference 2008/

Continue to believe in The Institute of Internal Auditors motto/

“Progress through sharing” and to achieve its vision/ through the spirit of sharing among its affiliates/ and be the regional voice of internal auditing profession/ by advocating its value,/ promoting best practice/, and providing exceptional service to their members.//

Various topics is the conference attempt to explore the relationship and further discussion on two main issues, in example :

-How does risk management and internal audit can be integrated to ensure high standard of corporate governance, and whether disclosure in its annual report on the management of risks is adequate.

GENERAL SESSION 1

Speaker: Patricia K Miller –Chairman of the Board IIA Global, Partner Deloitte, USA.

Moderator: Eddie Gunadi – Past President of the Board of IIA Indonesia, Advisor IIA Indonesia, Partner BDO

Excellency, Ladies and Gentlemen/

That was the opening ceremony of the Asian Confederation of Institute of Internal Auditors Indonesia 2008/

And now it will be continued with the 1st General Session/

In title Corporate Governance after Sarbanes-Oxley

This presentation will be delivered by :/

The Chairman of the Board IIA (The Institute of Internal Auditors) Global, Partner Deloitte, USA /

Excellency, Ladies and Gentlemen/

Please welcome – Mrs. Patricia K Miller CIA (Patty)//

YUpppzzz!!!

Berani Mencoba…????

Mau sharing tentang MC..boleh lewat blog Tisnaandayani…. ditunggu!

Source by : Tisna Andayani


Copyright © 2024 tisnaandayani All rights reserved. Theme by Laptop Geek.