Vlog berproses Gamelan Baleganjur bersama Lebih Beten Kelod

Tujuan saya membuat vlog ini agar bisa mendokumentasikan kreativitas khususnya di bidang karawitan dan bisa mengenang tentang apa kegiatan yang saya laksanakan pada hari ini. Kegiatan ngevlog yang saya lakukan banyak memberikan pengalaman dan manfaat di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengalaman yang saya dapatkan pada kegiatan-kegiatan tersebut, contohnya seperti, belajar berbicara di depan kamera, berbicara di lingkungan banyak orang, lebih mengenal teknologi, lebih aktif di sosial media, bisa mengekspresikan diri di depan kamera, memperluas penguasaan bahasa, dan sharing atau berbagi ketrampilan khususnya di bidang karawitan. 

Gamelan Baleganjur adalah satu kesenian umat Hindu dari Bali yang hingga sekarang masih tetap eksis. Hingga kini ada dua pengertian berbeda melekat dengan gamelan prosesi ini. Yang pertama adalah musik pengusir Bhuta Kala sehingga disebut Kalaganjur. Yang kedua adalah sebagai musik pembangkit semangat sehingga disebut Balaganjur. Namun, secara historis Baleganjur itu berasal dari Bebonangan, yaitu sebuah perangkat gamelan kuno yang lahir pada masa pemerintahan raja-raja di Bali (I Made Bandem, 2013: 266).

Fungsi gamelan baleganjur di Bali sering digunakan sebagai iringan upacara keagamaan, seperti upacara BhutaYadnya, Dewa Yadnya, Manusa Yadnya, dan lain-lain. Gamelan baleganjur sering kita jumpai pada upacara Manusa Yadnya yakni pada upacara pengabenan. Dimana gamelan baleganjur sangat cocok digunakan pada prosesi tersebut, karena pada upacara Manusa Yadnya memerlukan tenaga yang besar sehingga gamelan baleganjur mampu menambah semangat bagi para masyarakat atau pengarak bade yang membantu prosesi tersebut. tidak hanya itu gamelan baleganjur juga sering di jumpai pada prosesi upacara Dewa Yadnya contohnya seperti pemendakan tirta ke Beji atau pada saat upacara Melasti. Seperti video vlog saya hari ini yakni berproses latihan gamelan baleganjur yang akan digunakan untuk upacara Dewa Yadnya yakni pemendakan tirta ke beji. Keunikan tradisi di Bali selalu melibatkan kesenian untuk menggugah semangat atau antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. saya sangat bersyukur bisa dilahirkan dengan kekayaan kebudayaan yang saya wairisi saat ini.

Namun pada era sekarang gamelan baleganjur mengalami kemajuan yang sangat pesat berkat adanya event lomba-lomba baleganjur. Dapat dilihat dari beberapa tahun belakangan ini gamelan baleganjur sangat buming di mulai dari event lomba dari tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi. Berkat adanya event lomba gamelan baleganjur tetap eksis dan berkembang dengan kemajuan yang baik.