Mekendang Tari Jauk Manis

Kendang Tunggal adalah salah satu instrumen musik yang termasuk ke dalam golongan perkusi yang dibuat dari bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan dilapisi selaput (kulit sapi) di setiap sisinya.

Tujuan saya membuat vlog ini ingin berbagi pengetahuan saya tentang beberapa pola-pola dasar dalam permainan kendang tunggal khususnya di Tari Jauk Manis. Adapun pola-pola yang saya gunakan dalam mekendang tunggal di video antara lain :

  1. Papalan, merupakan pola pukulan dasar dalam bermain kendang tunggal. Dalam pukulan ini bertujuan untuk menyeimbangkan tangan kanan dan kiri dalam melakukan pola-pola selanjutnya. Pola dasar ini harus dikuasai sebelum melakukan pola-pola lainnya.
  2. Milpil, milpil merupakan pola permainan tanpa membunyikan panggul kendang. Tangan kita harus dituntut seimbang antara kiri dan kanan saat memainkan pola.
  3. Treble kanan, yaitu merupakan pukulan dengan menggunakan panggul dengan menitik beratkan tangan bagian kanan sehingga pukulan yang dihasilkan bergetar secara beruntun.
  4. treble kiri, merupakan pukulan papalan yang dilakukan secara beruntun. Biasanya pukulan ini digunakan sebagai penanda pada saat penari melakukan gerakan angsel dan bisa juga memberikan kode pada penabuh untuk menaikan dinamika gending.

    Tari Jauk Manis merupakan salah satu tarian bertopeng yang berasal dari Bali. Tarian ini menggambarkan seorang raja raksasa yang sedang berkelana. Penari menggunakan topeng berwarna putih, busana yang berlapis dari awiran, bermahkota dan mempunyai kuku yang panjang.