Gambelan Gong Kebyar BALI selatan

Maret 26th, 2018

koleksi gambelan di UPT.PUSAT DOKUMENTASI SENI ISI DENPASAR

Di bali Selatan perkembangan gong kebyar dipelopori oleh maestro karawitan Bapak I wayan Berata .karakteristik Gong kebyar di Bali selatan antara lain penempatan bilahnya digantung, lebih dominan ukiran dan prada sudah adanya motif pandil (relief pada gambelan ). Beberapa gending-gending Gong kebyar Bali selatan antara lain : gending gesuri,kosalian arini, Gadung kasturi, dan sebagainya  karena kwalitas suara gong kebyar bali selatan lebih sempurna membuat perkembangannya sangat merata diseluruh wilayah diBali. Bahkan penyebaran sampai keluar  pulau Bali seperti Lombok, jawa, dan luar negeri.Gong Kebyar berlaras pelog lima nada dan kebanyakan instrumennya memiliki 10 sampai 12 nada, karena konstruksi instrumennya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Gong Gede. Tabuh-tabuh Gong Kebyar lebih lincah dengan komposisi yang lebih bebas, hanya pada bagian-bagian tertentu saja hukum-hukum tabuh klasik masih dipergunakan, seperti Tabuh Dua

 

  • JENIS DAN NAMA INSTRUMEN
  • Dua buah (tungguh) pengugal/giying
  • Empat buah (tungguh) pemade/gansa
  • Empat buah (tungguh) kantilan
  • Dua buah (tungguh) jublag
  • Dua buah (tungguh) Penyacah
  • Dua buah (tungguh) jegoggan
  • Satu buah (tungguh) reong/riyong
  • Satu buah (tungguh) terompong
  • Satu pasang gong lanang wadon
  • Satu buah kempur
  • Satu buah bebende
  • Satu buah (pangkon) ceng-ceng ricik
  • Satu pasang kendang lanang wadon
  • Satu buah kajar

Dikutip dari: Buku  katalog koleksi gambelan UPT.PUSAT DOKUMENTASI SENI ISI DENPASAR

Comments are closed.