Fungsi gambelan dalam masyarakat bali.

This post was written by suryakencana on Juli 16, 2012
Posted Under: Tulisan

FUNGSI GAMBELAN DALAM MASYARAKAT BALI

    1. Gambelan sebagai sarana seni pertunjukan.
    • Hiburan : dimana gambelan ini di pentaskan di panggung terbuka, separti halnya, pada waktu PKB, banyak gambelan misalnya gong gebyar, semarandana, semare pegulingan,itu di pentaskan sarana hiburan karena lagu atau gendingnya sudah dibuat dengan sempurna.
    • Sakral : gambelan ini memiliki suatu energi yang bisa membuat seseorang menjadi kesurupan (kerauhan)seperti gambelan yang ada di karangasem, yaitu gambelan slonding, gambang, gambelan ini tidak boleh sembarang orang yang memainkan gambelan tersebut karena sudah ada khusus untuk memainkannya, seperti pemangku atau orang yang sudah di sucikan.
    1. Gambelan sebagai sarana upacara agama dan adat.
    • Gambelan ini mengiringi suatu terian yadnya, misalnya tarian rejang dewa, topeng, baris. selain itu gambelan ini juga membuat suasana pura itu menjadi tenang, damai.
    1. Gambelan sebagai sarana pendidikan.
    • Gambelan ini selain sebagai sarana upacara, gambelan juga bisa sebagai sarana pembelajaran, karena banyak sekolah seni mempunyai bebarungan gambelan untuk dijadikan pembelajaran, misalnya di isi denpasar ini, karena banyak adanya seniman-seniman mempunyai kualitas untuk menabuh atau megambel.
    1. Gambelan sebagai sarana dagangan.
    • Disini gambelan juga bisa di perdagangkan dengan cara membuat lagu atau gending yang nantinya bisa di pentaskan di tempat umum. Dan mendapat upah.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 12:03 am
Previose Post: