TEKNIK DAN JENIS-JENIS GERAKAN

Dari buku puspasari yang sudah saya baca dan saya amati Tari Bali memiliki tehnik gerakan yang di ikat oleh tehnik dasar yang cukup baku, dengan kualitas tenaga yang unik dan khas, serta jenis-jenis berpindah-pinda

  1. Tehnik Dasar

Tehnik dasar adalah fondasi tari Bali yang di butuhkan oleh semua tari Bali dalam tradisi budaya Bali, tehnik dasar tari Bali secara prinsip berbeda dengan tehnik gerak sehari-hariĀ  Pertama jarak kaki baik dalam posisi diputar keluar (tapak sirang) maupun dalam posisi sejajar (kembang pada)

  1. Berdasarkan Posisi Kaki

Agem dasar tari Bali dapat dibedakan menjadi agem ngawan atau tengawan yaitu berdiri dengan tumpuan kaki kanan, agem ngebot atau lengebot yaitu berdiri dengan tumpuan kaki kiri. Agem ngawan adalah sikap dasar yang dilakukan dengan berdiri pada kaki kanan (kaki kanan menajdi tumpuan berat badan) dan kaki kiri lebih banyak berfungsi sebagai penyangga, agem ngebot adalah sikap dasar yang dilakukan dengan berdiri pada kaki kiri (kaki kiri menjadi tumpuan berat badan) sementara kaki kanan berfungsi sebagai penyangga.

  1. Berdasarkan Gender Tari

Dilihat dari Gender atau jenis kelaminnya, agem dasar tari Bali dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: tari laki/ putra (agem muani), tari perempuan/ putri (agem eluh), tari campuran laki dan prempuan (agem bebancihan).

Agem tari putra, disebut dengan Agem muani yang dapat dilihat tariannya misalnya pada tari baris, jauk, topeng, Kebyar Duduk, Wirayuda, Satyabrasta, dan lain-lain. Agem tari putri/ perempuan disebut dengan Agem ekuh dapat dilihat pada tarian-tarian seperti: Legong Keraton, Tenun, Pendet, Gabor, Manukrawa, Sekar Jagat.

Agem tari bebancihan berada di tengah-tengah dan jarak kaki antara satu tapak, dengan posisi tubuh sedikit di rebahkan ke samping.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!