BAMBU

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumput dengan rongga dan ruas di batangnya,namun bambu juga bisa dapat di gunakan alat musik seperti ,rindik,jegogan dll,bambu mempunyai ukuran yg cukup besar dan kuat mampu di gunakan sebagai alat musik di seluruh dunia. Nama lain dari bambu adalah bulur, aur dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 lnchi) bahkan lebih.

Cara memukul, dipegang bambunya lalu benturkan ke lantai secara berulang-ulang.

ANGKUSPRANA

Angkusprana diambil dari penggalan cerita pada saat bima berperang melawan raksasa yang bernama hidimba, karena kehabisan akal bima tatkala berperang melawan raksasa tersebut tak kunjung selesai dan pada akhirnya bima menyatukan 9 unsur kekuatan sehingga raksasa tersebut bisa ditaklukan di tangan bima. Dalam hal ini penata mengambil spirit epos kepahlawanan seorang bima dengan mempersatukan rasa dari masing-masing perwakilan pemain 9 desa se kecamatan Blahbatuh, sehingga bisa bersinergi antara yang satu dan yang lainnya.

Pengerupukan

Hari Raya Pengerupukan upacara yang bisa disebut ngerupuk ini dilaksanakan 1 hari sebelum perayaan Nyepi : merupakan upacara yang dilakukan untuk mengusir bhuta kala atau kejahatan yang di lakukan sore hari(sandhykala) setelah melakukan upacara mecaru di masing-masing rumah. Dimulain dengan nasi tawur, mengobori-obori rumah, menyemburi pekarangan rumah dengan mesiu, serta memukul kulkul sehingga bersuara gaduh. Dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan bhuta kala yang diarak keliling desa.

Alam

Alam (dalam artian luas memilikik makna setara dengan dunia alam, dunia fisik, atau dunia materi. Mengacu kepada penomena fisik dan juga kehidupan juga secara umum meskipun manusia adalah sebagian dari alam, kegiatan manusia sering di pahami sebagai katagori terpisah dan penomena alam lainnya.

Kata Alam merupakan terjemahan dari bahasa inggris “nature”, yang berasal dari kata latin natura, atau kualitas ensensial, diposisi bawaan, pada zaman dahulu,atau alam semesta fisik.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!