pembentukan generasi baru sangatlah penting untuk menjaga adat dan budaya yang ada di bali tetap terjaga keunikanya oleh karena itu  banyak pula yang berperan di dalam pembentukan generasi penabuh yang ada di bali. dalam pembentukan generasi ini para seniman sangat berperan penting dalam menunjukan ke generasinya bahwa seni itu harus di jaga dan dilestarikan, budaya asli Bali dan adat yang ada di bali harus tetap hidup. saya sendiripun ikut untuk membentuk generasi tersebut di daerah saya yang bernama Br.samu Desa Mekar Bhuanna, karena menurut saya pembentukan generasi saja tidak cukup untuk mempertahankan apa itu yang namanya adat dan budaya seni di Bali tetapi harus mendalami sesuatu hal yang dilakukan tersebut supaya kelak generasi yang saya ajarkan sekarang ini dapat membentuk generasi baru lagi di masa mendatang yang akan sangat berguna tentunya bagi masyarakat.

hal yang pertama kita ajarkan kepada generasi baru kita adalah :

  1. mengajarkan apa itu seni !
  2. pentingnya seni !
  3. pengaruhnya apabilla tidak dilestarikan !
  4. guna seni di bali !

nah jika seandainya sudah mengajarkan empat hal tersebut maka kita baru bisa mengajarinya ke tahap praktek karawitan. pada tahap sangat awal dalam praktek  saya mengajarkan untuk mengetahui nada-nada yang adadi dalam sebuah gamelan, setelah mereka hafal dengan nada tersebut maka  saya melanjutinya ke tahap tetekep(tutup) dimana disini tahap sulit untuk orang yang pertama kali  menyentuh gamelan, setelah mereka sudah tidak raggu-ragu lagi dalam menutup bilah gamelan saya lanjuti ke tahap pemberian lagu. nah di awal tahap pemberian lagu ini kita harus tau  lagu(gending) apa yang pas untuk tahap pemula ini, disini saya memberikan lagu yang bernama gilak diamana temponya lambat supaya penabuh bisa membiasakan diri untuk menutup bilah gamelan dan mengingat nada gamelan.

nah cukup sekian untuk post saya hari ini semoga pembaca dapat menikmati dan bermanfaat bagi pembaca,  jika ada salah kata atau kalimat saya mohon kritik dan saran yang mendukung dari pembaca, tetap staytuned di blog saya dan akan selalu ada berita tentang karawitan disini, trimakasih.

Tinggalkan Balasan