Kisah Kepahlawanan Jatayu Dalam Usahanya Merebut Dewi Sita Yang Diculik Oleh Rahwana

This post was written by sruthawiguna on April 26, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Jatayu adalah burung garuda perkasa yang bisa berbicara seperti manusia. Jatayu adalah sahabat dari Prabu Dasarata, ayah Sri Rama raja dari Ayodya. Suatu ketika Jatayu mendengar jeritan Dewi Sita yang menyebut-nyebut nama Rama Wijaya dari Ayodya, tahulah Jatayu bahwa wanita yang dikempit Prabu Dasamuka (Rahwana) dan terbang di atas hutan adalah menantu Prabu Dasarata. Dengan seluruh kesaktian dan kemampuannya, Jatayu berusaha merebut Dewi Sita dari tangan Prabu Dasamuka (Rahwana). Ketika Jatayu sedang berusaha menyelamatkan Dewi Sita dari Prabu Dasamuka (Rahwana), sayap Jatayu ditebas dengan pedang, tubuh Jatayu terjatuh ke tanah dan darahnya bercucuran.

Ketika Sri Rama dan Lakshmana menelusuri hutan untuk mencari Dewi Sita, mereka melihat darah berceceran dimana-mana. Setelah ditelusuri, mereka menemukan seekor burung tanpa sayap yang sedang sekarat. Burung tersebut mengaku bernama Jatayu, yang berusaha menolong Dewi Sita karena diculik Prabu Dasamuka (Rahwana). Namun usaha yang dilakukannya tidak berhasil sehingga Dewi Sita dibawa kabur ke Kerajaan Alengka. Melihat keadaan Jatayu yang sekarat, Sri Rama memberi hormat untuk yang terakhir kalinya. Tak lama kemudian Jatayu menghembuskan napas terakhirnya. Sri Rama dan Lakshmana melakukan upacara pembakaran jenazah sederhana untuk Jatayu. Jenazahnya mendapat percikan tirtha (air suci) oleh seorang yang “Berjiwa Suci” karena merupakan seorang titisan Wisnu.

Dari kisah Jatayu di atas, saya terinspirasi untuk membuat sebuah karya baleganjur yang mencerminkan kepahlawanan dan jiwa ksatria yang dimili Jatayu. Karya baleganjur yang saya buat berjudul “JATAYU DUTA”, dan untuk teman-teman yang ingin melihat video karya saya, dapat klik video dibawah.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address