Karyaning Segara

This post was written by sruthawiguna on April 25, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Karyaning, berasal dari kata karya yang berarti bekerja, sedangkan Segara berarti laut. Karyaning Segara adalah suatu pekerjaan atau mata pencaharian masyarakat yang dilakukan setiap hari di tengah laut.

Suasana gembira, senang dan bahagia dari masyarakat pesisir pantai terlihat dari wajah mereka ketika bekerja di laut. Tidak pernah mengeluh dan selalu semangat dalam bekerja mencari nafkah untuk menyambung hidup mereka.

Dari fenomena di atas muncul ide si penggarap untuk membuat sebuah karya karawitan inovatif dengan mengkombinasikan pola-pola garap baru bernuansa kekinian yang dituangkan ke dalam barungan Gamelan Pesel.

Gamelan Pesel merupakan bentuk baru dari gamelan yang lahir di tanah Bali, terkonsep dari dua ansambel gamelan Bali yaitu gamelan Semara Pegulingan dan Selonding. Jadi dari pemikiran tersebut, maka nama Pesel merupakan penggabungan atas dua kata yang diurai yaitu dari kata Pegulingan dan Selonding. Pesel juga berkorelasi dengan bahasa Bali yang artinya “dijadikan satu” yaitu kata kerja yang biasa dikatakan orang Bali untuk menyatukan suatu benda yang bersifat jamak. Jadi kata Pesel dalam konteks gamelan ini, diharapkan dapat mengharmonikasikan gending atau lagu yang disajikan dan dapat mempersatukan rasa orang yang memainkan dan menikmatinya. Pengkonsep gamelan ini adalah I Wayan Arik Wirawan S.Sn M.Sn, berasal dari Banjar Kehen Kesiman, Denpasar, Bali.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address