Biografi ‘ I Wayan Rajeg ‘ guru sanggar untuk orang asing

Posted on Rabu, Oktober 16th, 2013 at 11:32 am
  1. 1.     Riwayat Hidup Ringkas I wayan Rajeg

 

Tanggal 25 September tahun 1961 pak Rajeg lahir di banjar Tangkap, Tegalalan, Gianyar. Waktu berumur 12, tahun 1973 sudah mulai belajar gamelan gong kebyar di banjar Tangkap.

Tahun 1977 mulai sekolah di SMKI Denpasar jursan tari, tamat tahun ajaran 1980/1981. Sebelum tamat sudah mulai ajar gamelan gong kybyar di desa Kedisan, Tegalalan, Gianyar dan mengajar tari di banjar Tangkup tari legong kraton, oleg tamulilingan, tari panyembrama dll.

Tahun 1981 mengajar gamelan gong kebyar di asrama angkatan laut di pelak Surabaya. Komudian tahun 1983 mulai mengajar seni musik dan gamelan gong kebyar di SMP Negeri, SMP PGRE, SLUB desa Tegalalan, Gianyar.

Tahun 1984 mengajar tari Bali dan gamelan gong kebyar di sanggar Saraswati cilandak Jakarta selatan.

 

Tahun 1985 dia baru mulai kuliah di Sekolah Tinggih Seni Indonesia (STSI) Denpasar jursan karawitan. Tahun itu aktive mengajar gamelan gong kebyar di beberapa banjar.

Dan tahun itu menbina

○gong kebyar remaja dalam langka festival gong kebyar duta kabu paten Tabanan.

●Tahun 1986 menbina gong kebyar remaja dan wanita dalam langka festival gong kebyar sebali wakil kabu paten Tabanan.

○Tahun 1987 menbina gong kebyar dewasa dalam langka festival gong kebyar sebali wakil kabu paten Klungkung.

●Tahun 1988 menbina mengarap sendra tari perang kesamba duta kabu paten Klungkung dipentaskan pada pesta kesenian Bali di pangun terbuka arda candra.

○Tahun 1989 menbina gong kebyar di beberapa banjar di Buleleng seperti desa Bontihing, desa Bila, desa Tegal kecamatan kubu tambahan Buleleng dan juga di desa Muntig kecamantan kebu Karangasem.

 

Tahun 1992 sudah selesaikan belajar di STSI komudian dipanggil oleh Mentri pelancogan Malaysia datuk sabarrudin encik untuk mengajar gamelan di National art galelly, Kuala Lumpur.

Tahun 1996 melai mengajar gamelan gong kebyar dan gamelan Melayu di USM (University Sain Malaysia) pulau Penan Malaysia dan juga mengajar gamelan Melayu di UM (University Melaya) Kuala Lumpur sampai tahun 2002 sebagai dosen tamu.

Dia baru belajar gamelan Melayu di situ dengan encik Mat.Yusuf dan belajar 3 bulan sudah mengajar pada mahasiswa USM yang Mata kuliah gamelan gong kebyar merupakan mata kuliah pokok pada jursan muzik

Antara dia ada di Malaysia bapak pernah beberapa pentas di situ. Contohnya

○  Pentas gong kebyar tahun 1998 di rimbon dahan Selangor.

● Konser gong kebyar dan gamelan melayu di Menara Berkembar (twin tower) petronas Kuala Lumpur.

Tahun 1992 sampai dengan 1995 dia tinggai di Rimbon Dahan Kuang Selangor. Komudian dari tahun 1996 sampai 2002 tinggal di green line hights pulau Penan.

Dan pada tahun 1999 sebagai kordinator peraksanaan festival gendang sedunia yang diadakan USM.

 

 

 

 

  1. 2.     ‘Sanggar Narwastu’ Sanur

 

Tahun 2006 mendirikan sanggar narwastu di Sanur oleh I Wayan Rajeg dan Jonathan Beily (nama orang yang kepala sanggar, asli Amerika). Sanggar ini fokus menberikan kesempatan belajar gamelan gong kebyar untuk mahasiswa/darmasiswa yang ada di Bali sampai sekarang. Dan konsep sanggar Narwastu adalah untuk memperkenalkan salah satu budaya Bali kepada orang asing, tujuannya adalah bisa memperkenalkan tari dan gamelan Bali di gereja-gereja yang ada di Bali Gamelan gong kebyar Narwastu awalnya dipinjamkan oleh gereja kemah injil daerah Bali dan setiap hari senin, rabu dan kamis dari jam4 sore latihan di Gateway Community Center (GCC) Sanur.

Mahasiswa-mahasiswa yang pernah dan sedang belajar berasal dari Negara-negara antara lain ; America, Canada, Hongalia, Branda, German, Inggris, Newzea Land, Ceko, Selbia, Italy, Torki, Skotland, Poland, France, Namibia, Rusia, Jepang, Australia dll kurang lebih 100 orang.

Sanggar narwastu dipentaskan Dalam langka konfrensi gereja kemah injil seasia pasifik di Bali beach hotel, Sanur tahun 2010. Tahun 2012 sanggar narwastu dientaskan di karangan krya dalam langka PKB dengan matirinya

→ Gabor

→ Deman Miring

→ Tari Prabawa Santa

→ Legong Narwastu tari kreasi pelegongan (Karya oleh I Wayan Rajeg)

 

Sabtu, 12, Juli 2013 dipentaskan di stage ksirarnawa terbuka

Pentaskan kolaborasi music dan tari

Materi pentas 2013 di PKB

→Gabor

→Candra Metu

→Oleg tamulilingan

→Tari kreasi Rua Datu

Setiap tahun untuk pelayaan natal narwastu juga dipentaskan juga.

 

‘Proses belajar dan mengajar gamelan gong kebyar kepada kelas pemudah bagi orang asing adalah mengajarkan teknik pukulan dan tutupan/ menperkenalkan melodi  menperkenalkan teknik permainan sesudah itu baru diajar bentuk lagu yang sederhana.

Untuk orang yang sudah mempnyai dasar bermain gamelan diajarkan beberapa lagu yang bersifat unik. Cara tersebut saya terapkan karena ada pegalman mengajarr gamelan gong kebyar dengan mahasiswa jursan muzik di USM’.

 

pak Rajeg

 

(Mengajar Gamelan Gong Kebyar di Sanggar Narwastu, GCC, Sanur)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply