Cara Tepat Memilih Gitar Yang Berkualitas

gitarBagi seorang musisi, alat musik selayaknya belahan jiwa. Untuk itu, tak bisa sembarangan memilihnya. Jika alat musik tak sesuai, permainan pun tak bisa bagus dan dinikmati dengan total. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memilih gitar yang baik, tepat dan berkualitas. Cara paling aman tentu saja adalah dengan minta bantuan teman yang sudah lebih berpengalaman dalam bermain gitar (atau lebih baik lagi, seorang guru gitar) menemani Anda memilihkan gitar yang paling pas untuk Anda. Tentunya hal ini tak selalu bisa kita lakukan. Jadi untuk memastikan Anda mendapatkan gitar yang cocok untuk pemula, berikut adalah tips-tips yang dapat Anda ikuti.
Mengatur anggaran. Ini tidak disarankan untuk mendapatkan gitar high end dengan harga mahal, dan pada saat yang sama, itu juga disarankan untuk mendapatkan yang sangat murah. Tidak hanya itu yang akan mencegah Anda dari pembakaran lubang di saku Anda, Anda juga tidak akan berakhir dengan gitar low end yang terdengar kurang baik.
Tipe gitar. Menentukan jenis gitar apa yang Anda inginkan, akustik atau elektrik. Tentu ini sangat disesuaikan dengan selera permainan Anda. Jika Anda adalah pemula dan baru membeli gitar untuk pertama kali, ada baiknya memilih gitar akustik terlebih dulu. Jika Anda bermain jenis musik metal, pilih gitar dengan pick-up system yang memiliki kemampuan menghasilkan suara keras. Gitar yang memiliki pickup single coil sangat cocok digunakan bermain musik rock, funk, dan jazz.
Bahan Gitar. Perhatikan bahan kayu yang digunakan gitar akustik tersebut. Ada beberapa jenis kayu yang sering dipakai dalam pembuatan gitar akustik seperti mahogany, spruce, rosewood, nato dan lain-lain. Penulis menyarankan jenis kayu rosewood dan spruce yang digunakan pada gitar akustik karena mempunyai suara akustik yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih.
Neck/batang. Neck atau batang adalah salah satu bagian penting pada semua jenis gitar. Perhatikan batang/neck gitar apakah sudah terlihat lurus dan sejajar, dengan cara memincingkan mata pada salah satu ujung batang gitar. Ada satu hal lagi yang penting, batang yang baik harus mempunyai treshold yang diisi batang besi sehingga batang akan senantiasa kokoh atau tidak mudah melenting.
Fret. Untuk pemilihan jumlah fret biasanya ditentukan oleh tipe gitar akustik yang kita inginkan. Seperti yang kita tahu jumlah fret yang dimiliki gitar akustik nylon/classic pada umumnya lebih sedikit sekitar 19 fret, sedangkan gitar akustik yang menggunakan senar string/steel mempunyai jumlah fret lebih banyak daripada gitar nylon sekitar 22 fret. Periksa seluruh fret pada gitar akustik yang akan kita beli apakah seluruh fret berfungsi dengan baik, karena pada gitar akustik ataupun elektrik jika ada salah satu fret yang tidak berfungsi (dua fret mempunyai bunyi nada yang sama) berarti gitar itu sumbang atau fals .
Merk gitar. Seperti yang anda tahu merk juga salah satu elemen yang patut diperhitungkan sebelum kita membeli sesuatu. Sama halnya dengan gitar, baik itu gitar akustik atau elektrik, merk menentukan kualitas dan harga dari sebuah gitar. Namun ini semua kembali kepada kebutuhan kita, apakah kita akan menggunakannya secara profesional sebagai musisi atau hanya untuk kebutuhan hobi saja. Ada banyak merk gitar akustik baik lokal maupun luar negeri dengan harga yang beragam dan bervariasi.
Garansi toko/merk gitar .Satu faktor penting dalam membeli gitar akustik adalah jangan lupa untuk menanyakan garansi gitar yang akan kita beli baik itu garansi yang didapat dari toko atau brand/merk gitar. Ini hal yang sangat penting, karena jika kita mengalami masalah teknis atau non-teknis akan lebih mudah untuk menanganinya karena kita sudah memiliki garansi atau jaminan dari toko tersebut. Sebelum kita membeli gitar akustik, alangkah baiknya jika kita meminta referensi toko gitar yang baik kepada teman atau melakukan googling di internet sehingga kita tidak akan mengalami kekecewaan saat membeli gitar.
Jangan langsung membeli. Sebelum menentukan gitar apa yang akan Anda pilih, lakukan riset terlebih dulu di internet, baca ulasan dari banyak ahli, minta pendapat teman yang tahu soal gitar, jangan langsung memutuskan dengan cepat. Setelah mendengarkan saran-saran tersebut, pilih gitar yang Anda sukai, dan rasakan insting Anda.
Lakukan riset toko. Setelah membaca banyak ulasan, waktunya untuk melakukan riset secara langsung ke toko-toko gitar di wilayah Anda. Jangan menghabiskan uang sebelum Anda yakin benar apa yang ingin dicari. Ketika mencoba gitar di toko, dengarkan dengan hati-hati, dan rasakan bagaimana ketika memainkannya. Coba perhatikan jika gitar mengeluarkan suara mendengung atau suara yang tak bersih. Jika belum menemukan gitar yang tepat, coba lakukan lebih banyak riset toko, jangan terburu-buru membeli.
Gitar yang nyaman. Pentingnya untuk mencoba gitar sebelum membelinya adalah agar Anda mengetahui apakah gitar tersebut nyaman digunakan dan sesuai dengan jenis permainan Anda. Gitar dengan leher yang terlalu tebal tak cocok jika Anda melakukan permainan cepat. Jika mencari gitar akustik, pastikan kayu gitar berkualitas, karena ini adalah faktor yang penting. Gitar dengan kualitas kayu yang baik sedikit lebih berat dibandingkan gitar dengan kualitas rendah.
Seperti yang Anda lihat, belajar bagaimana memilih gitar sangat sederhana ketika Anda tahu apa yang harus dipertimbangkan. Jadi ikuti tips-tips tersebut untuk membantu Anda memilih gitar secara puas dengan pilihan yang tepat.

Daftar Pustaka

http://www.constiti.com/2013/09
http://aneka-chord-dan-kunci-lagu.blogspot.com
Ardi Renaldi & Erick Erizawa . 2010. “Jago Main Gitar Elektrik + Memilih Gitar, Efek, dan Sound System Sesuai dengan Genre Musik”. Kawan Pustaka

Comments are closed.