Categories
Lainnya

” SENI DAN KESENIAN “

Seni dan kesenian adalah dua buah kata, yaitu : kata dasar dan bentukan yang menurut orang dikatakan memiliki pengertian yang sama, padahal kalau ditelusuri lebih jauh, keduanya memiliki perbedaan.

Kata seni banyak memiliki arti, yaitu :

1. Baik / bagus ( sifatnya kongkret )

2. Halus / luwes ( sifatnya abstrak )

3. Kecil

4. Indah

 

Seni adalah rasa kagum ( kesadaran jiwa ) karena pengaruh hasil karya manusia secara audio dan visual, sedangkan indah adalah rasa kesadaran jiwa karena pengaruh diluar karya manusia ( pengaruh alam ).

 

Seni mengungkapkan bermacam-macam parasaan, imajinasi, gambaran, khayalan, dorongan, naliri pikiran yang semuanya berpusat pada nilai estetis yang diungkapkan didalamnya. Seniman didorong oleh nilai keindahan. Keindahan bukan dalam arti dangkal, melainkan keindahan yang tercurahkan atas apa saja yang ada, maka seni mengungkapkan keluhuran dan keindahan manusia, kelucuan, keanehan, kegembiraan, dan kekejaman ( Magnissuseno, 1992 : 27 ).

Kesenian adalah dunia ide dan rasa yang berselimut estetika yang manifestasinya disebut karya seni. Sedangkan mengenai bentuk dan isinya tergantung pada jenis seninya, apakah ia seni tari, karawitan, pedalangan, seni rupa, seni sastra dan lain sebagainya. Seni merupakan hasil yang diperoleh lewat kegiatan cipta, rasa, karsa. Tidak sama, tapi tidak seluruhnya berbeda dengan sains dan teknologi, maka cipta dalam seni mengandung pengertian keterpaduan antara kreativitas, penemuan dan motivasi yang sangat dipengaruhi oleh rasa ( emotion, feeling ) ( Bandem, 1991: 1 ).

 

Ada banyak defenisi tentang kesenian, yaitu :

1. Secara sestematik ( menurut arti katanya ), kesenian adalah berhuhbun hal-hal yang berhubungan dengan kehalusan.

2. Secara leksikal ( arti menurut kamus ), kesenian adalah segala hasil ciptaan karya manusia yang dapat menggugah dan menimbulkan perasaan terharu.

3. Secara umum, kesenian adalah hasil ciptaan karya manusia yang mengandung unsure-unsur dalam keadaan utuh, lengkap dan harmonis.