Komentar Video Kualit

This post was written by sedanaputra on Desember 28, 2011
Posted Under: Lainnya

Sinopsis;
“ KUALIT ”
“Kualit” berasal dari kata kual dan alit, kual berarti nakal dan alit berarti kecil. Kualit yang dimaksud adalah sebuah tingkah laku anak-anak yang nakal dengan gerak-gerik lincah penuh keceriaan saat bermain. Keceriaan masa anak-anak sering memberikan kenangan yang indah. Kenakalan masa kanak-kanak tersebut menjadi inspirasi yang cukup menarik bagi penata untuk di garap kedalam sebuah komposisi karawitan. Garapan ini menggunakan media ungkap Angklung Kebyar dengan mengolah unsur-unsur musikal seperti melodi, ritme dan tempo, sehingga melahirkan sebuah komposisi karawitan kreasi baru yang berjudul Kualit.

Penata Karawitan : I Gusti Ngurah Alit Supariawan
Nim : 2007.02.011
Pendukung Karawitan : Sekaa Angklung Guna Karya, Br. Adat Pangsan, Kec. Petang, Kab. Badung.

KOMENTAR :
Itulah sebuah synopsis dari garapan Kualit merupakan garapan mahasiswa ISI denpasar. Di dalam garapan tersebut banyak aspek yang mendukung , diantaranya adalah lighting dan sound system , dan pengamatan saya terhadap video tersebut ada sedikit kekurangan pada aspek lighting dan sound system, yaitu :

LIGHTING
Secara umum dalam video ini pencahayaannya sudah menyeluruh kebagaian panggung. Namun pencahayaannya belum sempurna, cahayanya bagian belakang agak redup, hal itu menyebabkan kurang jelasnya pementasan garapan tersebut oleh penonton. Dan juga efek pencahayaannya yang digunakan dalam pementasan tersebut agak kurang. Sehingga tidak menggunakan efek pencahayaan.

SOUNDS SISTEM/ SUARA
Dalam soundsistem, disini terjadi ketidak stabilan, antara suara dalam gamelan tersebut. Suara yang terdengar hanyalah suara, gangsa, kendang, reong, dan kantil, sedangkan suara gong, kempur, tidak begitu jelas terdengar, yang mendomenasi hanya instrumen yang terletak di depan saja. Ini terjadi karena kurangnya pengaturan sound sistem tersebut.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address