“KESEN” Kebudayaan Kesenian

Maret 19th, 2018

Kebudayan.

Kebudyaan berasal dari kata sanskerta yaitu “Buddyah” yang merupakan bentuk jamak dari kata budhi yang berarti budi atau akal diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan budi. Pengertian secara umum arti kebudaayan itu adalah hasil cipta rasa dan karsa manusia memenuhi kehidupannya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecapakan. Kebiasaan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus dapatkan dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan bermasyarakat. Kebudayaan dalam bahasa inggris yaitu di sebut culture merupakan suatu istilah yang relative baru karena istilah culture sendiri dalam bahasa inggris baru muncul pada pertengahan ke-19. Tahun 1843 para ahli antropologi member arti kebudayaan sebagai mengolah tanah, bercocok tanam sebagian bercermin dalam istlahnya agriculture dan holticulture.

Kesenian.

Memiliki satu arti yaitu Berkesenian berasal dari kata dasar seni, Berkeseian memiliki arti dalam verba atau kata kerja sehingga berkesenian dapat menyatakan suatu tindakan kebenaran, pengalaman, dan dinamis, kesenian mempuyai iwan berada dalam satu panggung bersama gesang adalah sebuah proyek besar dalam proses berkesenian. Dan adapuan bagian-bagian dari kesenian yaitu: Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

  1. Seni Pertunjakan.

Seni pertunjukan di kenal dengan istilah performance art. Karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Performace biasanya melibatkan empat unsur yaitu: waktu, ruang, tubuh seniman dan hubungan seniman dengan penonton. Tetapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih di kenal dengan istilah “Seni Pertunjukan” atau performing arts . Seni Performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni koseptual atau avan garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih kearah seni Kontemporer.

 

 A. Seni Karawitan.

Seni suara baik vocal maupun instrumental yang mempuyai klarifikasi perkembangan daerah itu sendiri.

B. Seni Tari.

sumber: htts://www.gustibali.com/legong-dance/

Seni yang menggunakan gerak tubuh secara berirama yang di lakukan di tempat dan waktu tertentu.

C. Seni Musik.

sumber: http://www.freedomsiana.com/2017/07/sejarah-perkembangan-karya-seni-musik.html?m=1#

Secara umum yang menggunakan melodi, irama, tempo, harmoni, juga vocal yang berperan sebagai sarana dalam menuangkan rasa penciptanya.

D. Seni Pedalangan.

sumber: http://cakepane.blogspot.co.id/2014/09/jro-dalang-sukawati.html?m=1

Reka Bahasa dalang dalam pakeliran atau pagelaran wayang.

2. Seni Rupa.

Cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bias di tangkap mata dan diresahkan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan megolah kosep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan aetetika. Dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu: Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan. Sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni Kriya. Seni rupa terbagi menjadi dua yaitu: Seni Rupa 2 Dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan Seni Rupa 3 Dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.

Leave a Reply