Pengipuk kebyar duduk

Kebyar duduk adalah sebuah tarian Bali yang dibuat oleh I Mario dan pertama kali ditampilkan pada 1925. Terinspirasi oleh pengembangan gamelan gong kebyar yang dipetik secara cepat

Selonding

Gamelan selonding merupakan gamelan sakral yang terbuat dari besi yang hanya terdapat didaerah Karangasem yaitu di desa Tenganan Pegringsingan dan di desa Bungaya. Diduga juga ada Gamelan Slonding yang di buat dari kayu namun sampai saat ini instrument tersebut belum dijumpai. Nama lengkap dari Slonding Besi di Tenganan, pegringsingan ialah Bhatara Bagus Slonding yang berarti Selonding adalah leluhur yang Maha Kuasa .

Kata Slonding diduga berasal dari kata Salon dan Ning yang berarti tempat suci. Dilihat dari fungsinya bahwa Slonding adalah sebuah gamelan yang dikramatkan atau disucikan. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa Slonding berasal dari kata Saron dan Ding yang berarti bilah – bilah gamelan dengan nada terendah yaitu nada Ding . Pendapat terakhir masih belum bisa diterima oleh masyarakat Tenganan dan Pegringsingan, namun kenyataanya Gamelan itu terdiri dari bilah – bilah besi yang panjang dan besar , dibandingkan dengan gamelan lainya yang ada di Bali yang dimulai dengan nada Ding .