Site search

Komentar Terbaru

Arsip

Kategori

Meta

Site search

September 2019
M S S R K J S
« Mei    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Tags

Senarai Blog

Tentang Saya

Nama saya KADEK MAHENDRA RIADNYA  PUTRA biasa dipanggil HENDRA.saya anak ke dua dari tiga bersodara Hobi saya bermain alat music modern atau tradisonal. saya lahir di DENPASAR  24 februari 1994 kini umur saya berusia 19 tahun saya masih duduk di bangku kuliah di INSTITUT SENI INDONESIA  DENPASAR jurusan seni karawitan  saya bertempat tinggaL di DENPASAR BARAT tepatnya di jln gunung selamet 11 no.3 perumnas monang maning Denpasar bali.

Saya pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar NEGERI 27 pemecutan Denpasar saya tamat pada tahun 2006.setelah tamat dari sekolah dasar saya melanjutkan sekolah menengah pertama di smp pgri 1 denpasar selama 3 tahun dan setelah 3tahun di sekolah menengah pertama(SMP)pada tahun2009   saya di terima di sekolah menengah kejuruan(SMK)SMK NEGERI 5 DENPASAR dengan mengambil jurusan seni karawitan selama 3 tahun dan taman tamat pada tahun 2012.dan melanjukan pendidikan di bangku kuliah  di INSTITUT SENI DENPASAR selama 4 tahun hingga sarjana.

Saya anak ke 2 dari 3 bersaudara,saya memiliki kakak laki-laki dan adik perempuan.kakak saya berkerja d luar negeri di salah satu hotel sebagai weater dan adik perempuan saya msh duduk di bangku sekolah dasar. Saya tinggal bersama kedua orang tua saya, ayah saya berkerja sebagai polisi dan ibu saya hanya sebagai ibu rumah tangga. Kegiatan yang sering saya lakukan sehari-hari yaitu bermain alat music tradisional bali atau sering disebut gambelan.dari bermain gambelan ini saya mampu mendapaykan hasil untuk mencukupi kebutuhan saya. Sejak dari duduk d bangku SMP saya sudah sering memainkan gambelan.yang pada awalnya pertama kali saya mementaskan tarian gambuh di gianyar. Hingga akhirnya saya mengikutin parade baleganjur sebanyak 2 kali pertama di puputan badung Denpasar bersama sekha gong kesatria dwi tunggal dan yang ke2 bersama sekolah saya SMK 5 DENPASAR mendapatkan juara 3 tingkat SMA sebali.dari sanalah saya sering di ajak untuk memainkan gambelan entah itu untuk di pura,di hotel,ataupun di masyarakat,dan saya juga pernah membantu ujian sarjana di institute seni Indonesia Denpasar pada thn 2010,2011,2012 hingga sekarang. Saya juga pernah mengikuti parade gong kebyar anak-anak sebanyak 3 kali yaitu yang bertempat di puputan sebanyak 2kali dan di puspem badung sebabnyak 1 kali. Selain megambel saya juga menggemari music modern seperti menyayi dan bermain gitar. Ayah saya yang sering mengajarkan saya memainkan alat music saxophone karna ayah saya juga mahir dalam memainkan alat music tersebut.. ayah saya sangat mendukung saya menggeluti dunia seni ini karna baginya seni itu sesuatu yang mampu menghasilkan rejeki dan sebagai hiburan yang tak ada habisnya.begitu juga dengan ibu saya yang mendukung saya untuk bersekolah di sekolah seni hingga menjadi sarjana.

Selain bermain gambelan dan music,saya juga penah mengajar menabuh untuk anak TK dan SD di sanggar sekar rahayu peguyangan Denpasar,dan saya lebih sering mengajar di banjar saya sendiri yaitu di banjar sapta bumi perumnas monang mananing Denpasar,membagi pengetahuan yang saya ketahui,yaitu mngajar tabuh-tabuh dasar baleganjur dari sini saya mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya membagi ilmu kepada orang lain dan merasakan menjadi guru. Banyak suka duka yang saya rasakan pada saat mengajar, rasa suka saya rasakan dikala lagu yang saya ajarkan berhasil di bawakan dengan baik oleh teman-teman dan anak-anak didik saya. Dukanya yaitu di saat latihan terkadang waktu kita sedikit karena adanya kegiatan di tempat kita latihan bahkan sampai batal melakukan latihan dan menghambat proses latihan mereka.sampai saat ini proses latihan masih di lakukan hingga mereka mampu memainkan lagu lebih baik lagi.

Saya senang menjadi seorang seniman walaupun kemampuan saya masih rendah saya tak akan pernah berhenti untuk mempelajari kesenian yang belum saya ketahui karna kalau bukan generasi muda seperti sekarang yang mewarisi budaya leluhur siapa lagi?? Saya tidak ingin kesenian dan budaya khususnya di bali di akui oleh orang lain karna seni dan budaya bali sangat terkenal di dunia. Saya akan terus mempelajari kesenian yang ada dan melestarikannya lalu mengajarkan pada genrasi muda selanjutnya agar kebudayaan dan kesenian di bali tak punah di telan oleh jaman globalisasi yang serba modern ini. Saat ini  yang saya lihat banyak perubahan dari kesenian dan budaya di bali khususnya gambelan yaitu munculnya gending-gending atau lagu-lagu gambelan bali yang mengandung unsur musikalitas yang tinggi atau sering  disebut  kolaborasi antara gambelan bali dengan music modern(band).dan saya berharap para semua seniman bali agar tetap menjaga dasar-dasar  kesenian dan budaya gambelan yang ada supaya tidak menghilangkan yang aslinya.

Dan saya ingin seni mendapat tempat di pemerintah karna kurangnya perhatian dari pemerintah untuk ikut menjaga budaya tradisi yang ada.seni adalah segalanya karna hidup kita penuh diwarnai oleh seni tanpa seni hidup ini terasa hampa bagaikan toples kosong tanpa isi.

 

 

 

 

Write a comment