header image
 

Suwarsa

Nama saya I Putu Suwarsa saya berasal dari sukawati, Gianyar saya tinggal di Br. Palak Sukawati Gianyar dan saya lahir pada tanggal 7 november 1994.Saya bersaudara ber 3 mempunyai 2 adik dan saya anak yang pertama.Saya memiliki ayah yang bernama I Wayan Suweca dan ibu saya bernama Ni Made Murni. Ayah saya bekerja sebagai wiraswasta dan ibu saya sebagai Ibu Rumah Tangga.

Saya dari kecil memang sangat suka alat musik tradisional bali dan saya mulai mengenal alat musik itu pada umur 6 tahun yang di latihkan di banjar saya sendiri. Saat itu saya masih mengenyam bangku SD, setelah itu saya melanjutkan ke SMP Sila Chandra Batubuln. Setelah lama saya belajar akhirnya saya mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang-ajang yang bergengsi seperti ikut dalam lomba Gong Kebyar, Balaganjur, dll. Saat saya masih SMP saya mendapatkan kesempatan yang bagus sekali, yaitu dapat pentas keluar negeri di singapura, nasib saya sangat beruntung waktu itu karena pada saat itu 4 hari sebelum saya brangkat ke singapura saya ujian nasional, pas ujian nasional selesai dan pas juga tanggal kebrangkatan saya bersama sanggar saya. Setelah sampai di Singapura saya dan teman-teman sanggar langsung mengambil gambelan dan langsung di rakit karena sebelum berangkat semua gambelan di lepas biar gampang di bungkus dan di bawa kesana, setelah selesai merakit gambelan saya dan teman-teman langsung di ajak ke hotel untuk istirahat, lingkungan di Singapura sangat bersih, nyaman, dan disiplinnya sangat ketat, seperti: kita tidak boleh sembarangan merokok disana jika kita mau merokok maka cari tempat yang di bolehkan merokok dan jika kita mau berludah juga tidak boleh sembarangan jika kita melanggar itu, kita akan di laporkan dan akan di denda.

Keesokan harinya saatnya dilaksakan pementasannya, gambelan yang di bawa kesana adalah gambelan semara pegulingan, lagu-lagu yang di bawa adalah lagu-lagu klasik seperti: tabuh Ginanti, tabuh Semarandana, tabuh Jirbon, tabuh Unduk dan masih banyak yang lainnya. Saya disana pentas 2 kali, akhirnya selesai semua saya dan teman-teman balik ke bali, senang sekali ketika saya sudah ada di bali, kangen dengan rumah, ortu, dan adik-adik saya semua, dan tidak lupa saya beliin mereka oleh-oleh dari Singapura. Hari berjalan tiada hentinya dan datanglah pengumuman tentang kelulusan di SMP, dan saya lulus, lulus dari smp dan melanjutkan ke SMK, dari kecil saya bercita-cita bersekolah di kokar dan di ISI. Dan saya melanjutkan ke SMK Negeri 3 Sukawati yg dulunya bernama KOKAR (Konser Factory Karawitan), disana sangat banyak ilmu yang saya dapatkan, seperti:

Menulis notasi

Membuat alat musik, seperti membuat: tingklik, suling, dan rindik

Cara-cara untuk berkarya musik.

Pada waktu itu, sekolah ini sangat aktif mengambil pentas-pentas keluar, orang-orang sering bilang menyelam sambil minum air. Dan ada juga pas waktu itu ada Lomba Kreativitas Siswa (LKS), pada suatu hari saya di panggil oleh guru, dan di suruh memilih teman-teman yang potensinya bagus-bagus untuk di ajak ikut dalam LKS, pada waktu itu  saya di suruh memilih 10 orang, saya bingung mau memilih siapa saja, karena semua teman-teman saya itu pintar-pintar, dan akhirnya terpilih semua, latihan di lakukan setelah berjalannya waktu, tenyata saya ada berangkat ke cina, nasib saya tidak beruntung, saya tidak dapat ikut LKS itu, karena saya pentas ke cina di cina saya pentas cuman 2 x tetapi saya disana 7 hari, saya disana dan teman-teman kebanyakan jalan-jalan, saya juga dapat naik kreta bawah tanah tempatnya disna juga bersih sekali. selesai semua saya dan kawan-kawan balik ke bali, sampai saya di bali pada saat itu jam 3 pagi dan saya sampai rumah jam 5 pagi, pada hari itu pementasan LKS pun di mulai dan saya hadir menonton LKS itu.

Ketika PKB akan datang , pasti SMK N 3 akan mndapat tugas mengisi-mengisi acara disana, dan pada saya menginjak kelas 2, SMK N 3 Sukawati mendapatkan tugas yang sangat bergengsi, yaitu mewakili Kabupaten Gianyar  dalam parade Gong Kebyar di PKB(Pesta Kesenian Bali), saya juga ikut dalam gong kebyar tersebut, setiap hari saya ke sekolah tidak pernah belajar di kelas karena latihan untuk persiapan gong kebyar itu latihan setiap hari. Kemudian di ulang tahun kabupaten Gianyar, SMK N 3 dapat kesempatan pentas di Gianyar untuk uji coba dan mengisi acara di ulang tahun Gianyar. Setelah berjalannya waktu akhirnya PKB segera di mulai, dan parade gong kebyar akan di mulai. Pada waktu itu SMK N 3 yang mewakili gianyar bertemu dengan Kodya. Dan penutupan PKB SMK N 3 juga dapat tugas untuk mengisi acara, di pentaskan sebuah sendra tari. Selesai sudah PKB dilaksanaakan. Hari-hari berlanjut cepat hingga acara PKB sudah dekat, dan saya mendapat kejutan, karena seka gong anak-anak Br. saya dapat mewakili Gong Kebyar anak-anak, itu adalah impian saya, anak-anak Br. saya mendapatkan pentas ke Art Centre.

Sekarang saya melanjutkan belajar d ISI Denpasar untuk menuntut ilmu dan mengembangkan bakat saya sendiri. Di ISI juga sangat banyak saya mendapatkan ilmu seperti membuat karya, mendapatkan pelajaran Gong Gede, waktu kemaren semester angkatan saya sudah dapat ngayah ke Pura Batur dan Pura Besakih. Sekarang saya juga dapat kesempatan ikut dalam Gong Kebyar dewasa yang di wakili oleh Tampak Siring, datanglah ulang tahun Kota Gianyar, Gong Kebyar ini akan pentas di Gianyar buat percobaan terlebih dahulu sebelum di pentaskan ke Art Centre Denpasar, pada tanggal 22 saya di ajak latihan di Gianyar buat gladi, karena pementasannya tanggal 23 pada saat gladi di mulai dari jam 12 malam sampai jam 3 pagi dan tanggal pun di ganti menjadi 23, dan pementasan akan segera di mulai, mudah-mudahan semua berjalan lancar tidak ada pementasn yang hancur, karena semua materi baru saja selesai. Sekian yang dapat saya sampaikan tentang pribadi saya, semoga anda lebih mengenal saya,  trima kasih.

~ by putusuwarsa on .

Leave a Reply