BIOGRAFI SENIMAN DI BANJAR KEDAMPAL ABIANSEMAL

This post was written by putuputrayana on Februari 16, 2012
Posted Under: Lainnya

FROFIL SENIMAN KARAWITAN I WAYAN KASTAWA

 

Di Bali terdapat beberapa aspek pokok yang sangat berkaitan erat dan sangat mendarah daging dengan masyarakat BALI, yaitu Seni, Budaya dan Agama. Perkembangan Seni pada kehidupan masyarakat BALI merupakan sesuatu yang lahir dari interaksi masyarakat itu sendiri. Hasil Kebudayaan dituangkan baik melalui aktifitas Seni Tari, Karawitan, maupun Seni-seni yang lain, yang dimana semua itu merupakan suatu aspek dari kehidupan beragama masyarakat BALI

Melihat itu, I WAYAN KASTAWA sebagai seniman Karawitan yang lahir pada tanggal 23 November 1961, yang bertempat tinggal di Banjar Kedampal, Desa Abiansemal, Badung. Pak Yan Kasta, begitu sapaan yang sering terdengar dari para teman – teman senimannya. Peranannya sebagai seniman, tidak lepas untuk selalu menyiapkan tenaga untuk ngayah – ngayah di pura – pura sebagai penabuh, dan juga sebagai Pengurus Sekaa Tabuh di Banjar Kedampal Abiansemal yang bernama Sekaa Gong Catur Mandala. Selain itu juga Pak Yan Kasta, juga mengajar nabuh di rumahnya maupun di rumah yang mau belajar. Semua itu di lakukan demi ajegnya Budaya BALI. karena hanya dengan melakukan tindakan nyata serta pengabdian yang tulus iklas dan dengan di dasari oleh Seni, Budaya, Agama, dan Pariwisata, BALI akan dapat terus berkembang.

Terlahir dari keluarga yang amat sederhana, yang Pak Yan Kasta, sering di panggil tidak berdiam saja dalam kecintaan saya dengan Seni Budaya BALI baik di tingkat lingkungan tempat tinggal, sampai Nasional. Adapun yang sudah saya lakukan yakni mewakili bali dalam Festifal Seni dan Budaya yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah .

Memang semua itu didasari dengan kecintaan saya terhadap kesenian BALI, dan dengan penuh rasa pengabdian dan tanggung jawab terhadap kelangsungan dan ajegnya Seni Budaya BALI dan perkembangan Pariwisata. Itu semua bisa dilihat dari aktifitas berkesenian saya secara nyata di lingkungan Desa tempat tinggal saya.

Tutur’ Pak Kastawa……………

 

Comments are closed.