6 Jenis Cat Genteng Terbaik, Pilih yang Tepat untuk Hunian!

This post was written by Putu Priska on Februari 5, 2021
Posted Under: Lainnya

Atap adalah perlindungan tempat tinggal dari hempasan hujan dan cahaya matahari yang membara. Selain mempercantik penampilan exterior tempat tinggal dengan cat tembok, kamu juga harus pastikan jika genteng yang kamu gunakan dibuat dari material dengan kualitas baik dan dilapis cat genteng yang pas hingga memberi agunan durabilitas periode panjang.

Selain pilih material genteng yang cocok, kamu juga harus pilih cat genteng terbaik yang tidak cuman hasilkan finising dengan penampilan seperti keinginan kamu, tetapi sesuai material landasan genteng hingga lebih maksimal dalam memberi pelindungan.

Lewat artikel ini, kami akan memberikan panduan yang dapat kamu kerjakan untuk pilih cat genteng terbaik sebagai jaminan ketahanan dan pelindungan dari kerusakan. Nah, apa cat genteng yang dapat kamu pakai?

1. Styrene Acrylic

Pilihan pertama, kamu dapat pilih cat genteng yang memiliki kandungan formulasi styrene acrylic. Kandung yang ini mempunyai kekuatan yang bagus untuk membuat perlindungan permukaan genteng dari dampak cuaca, terhitung memberi pelindungan optimal pada jamur dan lumut, dan hasilkan finising glossy pada genteng di tempat tinggal kamu.

Adapun, pemakaian cat genteng ini tidak cuman digunakan pada genteng tanah liat saja, tetapi genteng beton dan atap asbes.

2. Alkyd Synthetic

Kamu bisa juga pilih cat genteng yang dibikin dengan formula alkyd synthetic. Mempunyai watak yang lumayan kuat dengan finising glossy, cat ini mempunyai ketahanan yang bagus pada jamur dan cuaca.

Nah, kecuali digunakan sebagai cat genteng pada material atap tanah liat atau beton, cat dengan bahan khusus alkyd synthetic bisa juga digunakan untuk memberi warna permukaan kayu dan besi.

3. Zinc Chromate Primer

Beberapa rumah minimalis sekarang mulai tinggalkan pemakaian genteng tanah liat dan menukarnya dengan genteng metal sebab dipandang mempunyai ketahanan yang lebih bagus.

Khusus untuk genteng metal, seharusnya kamu menggunakan cat genteng yang memiliki kandungan bahan landasan zinc chromate, di mana kandung ini bisa membuat perlindungan genteng logam dari korosi hingga tahan lama digunakan dalam periode panjang.

4. Acrylic Resin

Alternatif lain, kamu dapat memakai cat genteng yang memiliki kandungan bahan landasan resin akrilik. Cat ini bisa kamu terapkan langsung di atas genteng beton, asbes, atau genteng tanah liat, mempunyai susunan film yang keras, ketahanan yang bagus, bisa kering secara cepat dan hasilkan finising glossy.

5. Cat Waterproof

Seperti namanya, cat genteng yang ini berkekuatan antibocor, dan bisa dipakai sebagai cat landasan untuk tutup retak rambut pada genteng. Memiliki sifat kedap air, antijamur, antialkali, antileleh, dan plastis, cat genteng waterproof dapat dipakai pada atap seng, asbes, kayu, beton atau genteng tanah liat.

6. Vernis Thinner

Cat genteng vernis dibikin berbahan landasan solvent base (thinner). Tipe cat ini memberi hasil akhir kilap yang menarik dan mempunyai ketahanan yang sempurna pada cuaca.

Disamping itu, cat genteng mempunyai kelebihan untuk kurangi debu yang melekat hingga genteng di tempat tinggal akan terlihat mengkilat dan bersih, dan jaga warna landasan genteng agar tidak gampang luntur.

Tentu saja, cat genteng mempunyai kandung yang lain daripada cat dinding atau cat furniture sebab harus mempunyai kekuatan membuat perlindungan atap agar tahan lama dengan penampilan warna yang tidak cepat sirna walau terserang pancaran cahaya matahari atau hujan.

Comments are closed.