Archive for November, 2013

kritik seni | Posted by putudyantara
Nov 19 2013

Art summit merupakan suatu ajang bergengsi bagi seni pertunjukan khususnya seni kontemporer Indonesia yang mana merupakan suatu acara tempat dipentaskannya karya-karya terbaik dari seniman, komposer serta koreografer daerah dimana art summit dilangsungkan.

Art summit 2013 diadakan di ISI Denpasar tepatnya pada tanggal 8 oktober 2013. Peserta pengisi acara pentas antara lain:

 

Dari segi pemanfaatan multimedia (lighting dan sound system) pada pertunjukan kontemporer art summit 2013 yang diselenggarakan di ISI Denpasar, sudah cukup baik dan sangat mendukung serta dapat memaksimalkan setiap penampilan para peserta. Tata cahaya serta pengeras suara yang digunakan dalam acara tersebut juga sudah sangat baik. Namun dari kelima penampilan peserta yang sangat menghibur dan dapat memukau para penonton yang hadir tersebut, ada beberapa point disaat berlangsungnya pentas terkait dengan penempatan fokus cahaya, efek warna cahaya, dan lain-lain yang walaupun merupakan hal yang kecil namun tetap harus diperhatikan karena hal kecil itulah yang terkadang dapat menjadikan pertunjukan kurang menarik, kurang sempurna, dan juga pesan dan kesan yang ingin disampaikan menjadi kurang jelas dan terkadang juga tidak dapat dimengerti oleh para penonton. Salah satu contohnya adalah penampilan dari mahasiswa jurusan tari ISI denpasar yang berjudul Agni Sita. Pada bagian gerak seperti gambar bawah ini, yang menjadi fokus pandangan seharusnya adalah penari  yang berada di atas sementara itu cahaya masih diarahkan ke penari yang berada dibawah, hal itu mungkin disebabkan oleh gerakan sebelumnya yang harus memfokuskan cahaya agak kebawah atau mungkin gerakan penari yang cepat, sehingga kurang direspon oleh si pengatur cahaya.

IMG_0343

Selain pada penampilan Agni Sita kesalahan lighting juga terjadi pada penampilan lainnya. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Pencahayaan pada penampilan tersebut terasa agak tanggung tidak terfokus ke titik tertentu atau juga cahaya yang diberikan tidak merata. Peserta pentas yang berada di sisi paling kanan dan paling kiri mendapat cahaya yang agak redup.

IMG_0305

 

Akan lebih baik jika cahaya yang diberikan merata sehingga semua gerakan yang dilakukan oleh peserta dapat terlihat dengan jelas dan cahaya tidak terkesan mengada-ngada.

Pada penampilan kontemporer ‚Äėtangkep‚Äô peran multimedia sangatlah menentukan keberhasilan pertunjukan ini terutama sistem pencahayaan. Suasana gelap dan cahaya yang diberikan hanya terfokus pada muka penari yang berwarna putih cerah sehingga perhatian dapat tertuju hanya pada muka penari. Keberhasilan cahaya yang paling terlihat adalah pada saat dua orang penari tiba-tiba muncul saat tirai selesai ditutup. Hal tersebut berhasil mengejutkan para penonton.

Ada beberapa bagian dimana bukan hanya muka penari yang terlihat melainkan juga badan penari, baju hitam yang dikenakan tujuannya adalah untuk menyamarkan badan di kegelapan, tetapi badan hitam tersebut juga terlihat mungkin karena cahaya yang agak melebar. Hal tersebut dapat kita maklumi karena sangatlah sulit untuk dicegah karena badan penari bergerak kesan-kemari dan penari tidak bisa terlalu detail mengetahui garis cahaya yang boleh dilewati oleh wajah maupun anggota badan lainnya.

IMG_0289

 

Dalam prihal sound system penampilan kelima kelompok secara keseluruhan sudah sangat baik, contohnya saja adalah penampilan dari Agni Sita. Iringan tari kontemporer ini adalah menggunakan beberapa instrumen gamelan semarandhana, yaitu kendang, gangsa, gong, kajar dan beberapa instrumen lainnya yang dikolaborasikan dengan satu keyboard. Disitu terdengar keseimbangan volume suara sehingga, tiap instrumen yang dibunyikan dapat didengar dengan jelas.

 

penempatan microphone pada barungan gamelan semara pagulingan

Tulisan | Posted by putudyantara
Nov 19 2013

Jenis serta penempatan microphone dalam tiap instrumen gamelan Bali adalah suatu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan demi kualitas suara yang maksimal dan sesuai harapan. Penempatan microphone dewasa ini sering disepelekan padahal hal ini sangat perlu diperhatikan karena dapat membuat penampilan atau perform menjadi lebih baik atau malah menjadi kendala yang membuat kualitas suara gamelan tidak bagus. Berikut ini adalah beberapa jenis microphone yang cocok untuk gamelan Bali.

 

  1. Condenser Microphone : mic ini mempunyai karakter yang sangat sensitive dan akurat dengan polarity yang diatur dengan kondisi ruangan. ECM atau Electric Condenser Microphone atau biasa juga disebut mic kondenser adalah microphone yang terbuat dari lempeng konduktor tipis membentuk sebuah kapasitor yang dapat berubah-ubah nilai kapasitasnya sesuai dengan getaran suara yang diterima. Jenis microphone ini bentuknya bisa sangat kecil sekali (sekitar 5-3mm) sehingga cocok digunakan pada peralatan elektronik kecil2 seperti ponsel, walkman, handycam, head set atau headphone yang dilengkapi microphone dan sebagainya.

 

 

  1. Dynamic Microphone dalam prinsipnya pemungut suara dynamic mempunyai sytem imbasan elektromagnetik dalam rangka menghasilkan suatu isyarat keluaran atau output, dengan mempunyai keunggulannya adalah tahan cuaca lembab, mampu untuk frekuensi yang mempunyai tekanan tinggi (spl tinggi), frekuensi respon baik, tidak memerlukan batrei

 

 

sangat populer dipakai untuk karakteristik akustik instrument yang mana mempunyai polarity yang terbatas dan bisa menerima signal yang sangat kuat seperti drumset, amplifires, dan beberapa vocal has atau tua serta unik

Dynamic Miccrophone dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu  ribbon microphone dan moving coil microphone.

a)      Ribbon Microphone cara kerja dan prinsipnya sama dengan Moving Coil, dalam hal ini yang berbeda adalah konstruksi dan bahan. Pada ribbon lipatan pita atau ribbon berfungsi juga sebagai membran/diaphragm.

b)      Coil Microphone ini terdiri dari kumparan kawat, membran/diaphragm, dan magnet. Jika membran bergetar akibat tekanan gelombang suara maka akan menggetarkan kumparan yang terpasang mengelilingi magnet, sehingga kumparan terjadi induksi medan magnet, dan menghasilkan tegangan listrik. Tegangan listrik yang dihasilkan sebanding dengan energi mekanik yang menggetarkan membran/ diaphragm.

Keterangan :

  1. Microphone untuk instrument jublag dengan posisi stand dengan batang yang tinggi diantara kedua instrument, dengan posisi microphone manghadap kebawah. Microphone yang digunakan adalah tipe kondensor.
  2.  Mic untuk jegogan dengan mic yang sama seperti jublag yaitu kondensor dengan posisi stand tinggi dengan mic mengarah kebawah.
  3. Mic untuk gong. Untuk Mic nya juga bisa menggunakan mic kondensor namun diletakkan di belakang gong dengan arah mic mengarah ke instrument.
  4. Dua microphone untuk kantil. Mic pertama diletakkan diantara kantil 1-2 dan mic kedua diletakkan diantara kantil 3-4. Mic yang digunakan adalah mic tipe kondensor.
  5. Sama halnya dengan microphone pada kantil, empat buah instrument pemade membutuhkan dua microphone, mic untuk pemade adalah mic kondensor.
  6. Mic untuk Suling. Karena suling khususnya suling berukuran besar cenderung bervolume rendah dan sering tidak terdengar secara keseluruhan, maka untuk suling dapat menggunakan mic kondensor maupun mic tipe audio technical . jumlah mic yang dipergunakan adalah satu mic.
  7. Mic untuk instrument rebab. Rebab juga sering tidak terdengar karena dihanyutkan oleh suara keras dari pemade dan instrument lainnya. Untuk rebab kita bisa menggunakan mic audio technical atau mic lainya seperti shotgun microphone, tentu saja dengan perbandingan setelan volume yang lebih tinggi, atau dapat menambah instrument itu sendiri, jumlah mic yang dibutuhkan adalah satu mic.
  8. Mic untuk instrument terompong. Untuk instrument yang satu ini gunakan dua mic karena ukuran instrument yang cukup panjang agar dapat menjangkau tiap suara yang dihasilkan dari pencon-pencon terompong. Mic tipe kondensor dan kedua mic di letakan di depan instrument seperti pada gambar.
  9. Microphone untuk muka kiri kendang, bisa menggunakan mic tipe tom maupun dynamic microphone.

Mic untuk muka kanan kendang bisa menggunakan microphone untuk drum set atau dynamic microphone. Untitled