Archive for Maret, 2018

Ulasan Etnomusikologi

Senin, Maret 5th, 2018

Judul Buku Etnomusikologi  dan dieditor oleh Rahayu Supanggah ,Tujuan dari buku ini untuk memberikan informasi tentang sejarah dan definisi Etnomusikologi yang di tunjukan kepada : Pengamat musik dan seniman musik.

Istilah “etnomusikologi di buat oleh ahli music berasal dari belanda”Jaap Kunst” pada tahun 1950, Dan kata Etnomusikologi diadopsi oleh ahli dari cekoslowakia, prancis, italia, Belanda, Rumania dan negara lainnya.

Etnomusikologin berurusan dengan musik-musik hidup termasuk instrumen musikal dan tari yang berbau tradisi, namun di era jaman sekrang Etnomusikologi dikenal dengan displin ilmiah di negara-negara yang ada di Eropa.Dan ada juga kecendrungan Etnomusikologi tahun 1950 yang pada perang Dunia ke II  yang meliputi Tentang Koleksi dan Dokumentasi yang berisi rekaman-rekaman dokumentasi ,transkrip dan Analisi Akustika, Klarifikasi sistematisasi dan analisa, fungsi sosial, dimensi kesejarahan dan Etika.

Latar belakang dari Barbara Krader adalah tokoh Etnomusikologi dari Eropa.yang sangat bepengaruh masuknya etnomusikologi tahun 1950.dia adalah tokoh dan memberi konsep Etnomusikologi. Dan George list (1911-2008)tokoh besar etnomusikologi penulis puisi dan musik dari Colambia Village, dan seseorang profesor dari cerita rakyat dan etnomusikologi yang pernah ada.

Yang saya baca di definisi dan disiplinya(George List) Jaap kunst merasa tidak puas dengan istilah “Musikologi” yang di tambahan imbuhan ‘Etno’ karena ingin menunjukan bawah studi utuk musik berbagai ras manusia(1950:1)

  • Etnomusikologi menurut Mantle Hood yang ada di buku editor Imade Bandem yang merupakan studi musik dari berbagi bangsa yang ditijau konteks sosial dan kebudayaan. Dan di pelajari peraturan-peraturan yang berbentuk kesenian yang lainya seperti tari,drma,arsitektur, dan kebudayaan seperti agama, dan filsafat.

 

  • Dan tanggapan saya disini Kebudayaan,musik atau kesenian yang ada di masyarakat, bukanlah tidak ada sebuah peraturan tetapi ada sebuah pakem atau tradisi yang dimiliki, karena tidak semua jenis musik di dunia tidak bisa di jadikan studi musik.

Menurut saya argumen-argumen yang di tulis tidak mudah di mengerti karena bahasa yang digunakan sulit dipahami.

  • Etnomusikologi adalah studi yang beurusan dengan musik-musik yang di hasilkan     secara manusiawi berbau tradisi dan  pola-pola yang dihasilkan.

 

  • Tanggapan dari saya tentang argumen tersebut, sebuah bunyi yang di hasilkan secara manusiawi yang bersifat alamai seperti suara binatang dan suara alam.bila dari sisi difinisi semua musik itu menpunya sifat yang sangat penting karena sebuah produksi manusia itu tidak akan selalu sama karena perbedaan musikalnya.