SELONDING

This post was written by ptyudiartawan on Agustus 29, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

selonding1-500x500

Karawitan Bali adalah merupakan sebuah musik tradisional yang berkembang di Daerah Bali, secara operasional dipakai media expresi dalam berolah seni baik melalui vocal maupun instrumental, dalam kehidupan masyarakat Bali sangat banyak sekali dijumpai beberapa jenis – jenis gambelan yang menjadikan Bali menjadi pusat kesenian dan juga tempat dimana biasa ditemukan seniman seniman,baik seniman Tari maupun seniman Karawitan.

Eksitensi Gambelan Bali ataupun Karawitan sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat Hindu di Bali, maka dari itu sangatlah perlu kita sebagai masyarakat Bali dan Seniman Bali melestarikan gambelan-gambelan yang sudah kita warisi sampai sekarang agar nantinya tidak terjadi kepunahan seperti kesenian-kesenian atau gambelan-gambelan yang pernah berkembang di Bali. Didalam hal ini selonding merupakan salah satu dari beberapa jenis barungan gambelan di bali.

Didalam penulisan laporan ini dapat kami amati betapa pentingnya Gambelan di Bali karena gambelan tidak akan pernah luput dari kehidupan masyarakat Bali. Karena disamping sebagai pengiring upacara. Konsep-konsep budaya dan nilai-nilai seni sangat besar terkandung didalamnya, maka dari itu sangatlah perlu kita sebagai masyarakat dan seniman Bali melestarikan dan mengembanglan kesenian agar tetap lestari dan diwarisi secara turun temurun.

Selain dari pada itu gambelan Bali sangatlah beraneka ragam,dan jika dilihat dari bentuk gambelan bali bentuknya juga bermacam – macam ada yang berbentuk bilahan dan ada juga yang berbentuk mencol atau mencon.dan didalam hal ini jika dilihat dari segi bentuk pada umumnya gambelan selonding adalah berbentuk bilahan yang mana pada masing – masing bilahannya terdapat nada- nada yang berbeda satu sama lain serta cara memainkannyapun sudah barang tentu berbeda pula.

Gambelan Selonding merupakan salah satu gambelan yang tergolong tua, gamelan Selonding merupakan salah satu contoh mengenai local genius dari leluhur dan juga gamelan selonding memang masih bisa bertahan dari terpaan gelombang peradaban manusia dalam rentang waktu yang cukup lama. Dan juga pada dasarnya gamelan Selonding lahir dari hasil cipta rasa dan karsa nenek moyang sebagai perwujudan dari pengalaman estetis dikala keadaan jiwa sedang nengalami kedamaian dan kesucianDan pada umumnya gambelan Selonding juga alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul memakai alat yang namanya Panggul.

Didalam buku SELONDING (Tinjauan Gamelan Bali Kuna Abad X – XIV ) juga dijelaskan bahwa gamelan Selonding tumbuh hidup dan berkembang sebagai kultur religius sehingga dapat dipahami bahwa gamelan Selonding banyak terdapat di pusat-pusat keagamaan pada zaman bali kuna. Gamelan Selonding juga bukanlah segugusan instrument primitip yang kosong tanpa makna. Dan juga gamelan ini banyak tercatat dalam prasasti raja – raja bali kuna dari babakan pemerintahan Maharaja Sri Jaya sakti sampai dengan awal pemerintahan Majapahit di Bali.

SUMBER : buku SELONDING (Tinjauan Gamelan Bali Kuna Abad X – XIV ) 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: