prayogaadi

Maret 19, 2018

KARYA SENI RELATIF & TAK SEJALAN

Filed under: Tak Berkategori —— prayogaadi @ 8:28 pm

Seni seperti yang kita ketahui bersama adalah hasil buah fikiran manusia atau segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni diciptakan untuk dinikmati keindahannya.

Dalam menikmati hasil karya seni, seseorang memiliki perspepsi atau pandangan mereka sendiri, inilah yang saya katakan seni itu relatif (tidak mutlak). Sesuatu yang bisa kita nikmati belum tentu bisa dinikmati oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Kenapa seperti itu? Karena masing-masing orang memiliki kriteria indah, bagus, dan menarik menurut mereka. Salah satu contoh adalah ketika kita menonton pertunjukan musik yang isinya sebuah karya musik kontemporer, tak semua orang bisa menikmati musik tersebut, untuk orang awam musik itu terdengar aneh ditelinga mereka, tetapi tidak untuk mereka yang mengerti, orang-orang yang mengerti musik tersebut akan dapat menikmati, dan memahami apa isi dari musik tersebut.

Kemudian apa yang saya sebut tak sejalan? Orang-orang yang berkesenian atau menciptakan sebuah karya seni memiliki jalan mereka masing-masing, tak satupun yang bisa dipaksakan untuk memilih sebuah jalan dalam berkarya, karena seni itu bebas. Terkadang orang-orang itu sengaja menciptakan sebuah karya seni yang mungkin terdengar aneh untuk sebagian orang, mereka ingin terlihat berbeda dengan jalan mereka masing-masing tergantung bagaimana mereka bisa mempertanggungjawabkan hasil karya mereka. Karena menurut saya, karya seni akan menarik jika memiliki identitas, yang nantinya karya kita itu akan menjadi identitas kita.

Jadi, menurut saya berkarya itu tidak harus sejalan dan monoton, kita bebas berkarya dengan jalan kita sendiri selama tidak merugikan orang lain, 1 (satu) orang tidak menyukai karya kita,belum tentu 9 (sembilan) orang lainnya beranggapan sama, karena karya seni itu RELATIF & TAK SEJALAN.

Tulisan ini adalah persepsi atau pandangan saya sendiri, mohon maaf jika mungkin kita tidak memiliki pandangan yang sama.

 

TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Powered by WordPress WPMU Theme pack by WPMU-DEV.