prayogaadi

April 3, 2018

BUNUT BOLONG Cantik & Beraura mistis

Filed under: Lainnya —— prayogaadi @ 9:34 am

Bunut Bolong merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di kabupaten Jembrana, tepatnya di desa Manggisari kecamatan Pekutatan. Bunut Bolong sendiri adalah sebutan untuk pohon besar berakar yang unik karena memiliki lubang di tengahnya yang cukup besar. Lebarnya pun bisa beberapa meter sehingga bisa dilalui jalan aspal dan bis-bis yang berukuran besar pun bisa memasukinya. Terdapat pura “Bujangga Sakti” yang merupakan tempat pemujaan bagi Umat Hindu.

 

Pohon ini memiliki aura mistis yang sangat kuat, dan banyak mitos-mitos yang beredar tentang pohon ini. Mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat lokal juga beragam. Mulai dari pantangan bagi calon pengantin agar tidak melewati Bunut Bolong karena mereka meyakini pernikahan akan batal dilakukan. Bahkan, membawa jenazah, mobil jenazah dan prosesinya juga mesti dihindari sehingga mereka membuat jalan alternatif disamping pohon tersebut.

Namun dibalik mitos-mitos yang beragam tersebut , Bunut Bolong ini sangat asri dengan dikelilingi hutan hijau yang memanjakan mata kita, ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk, jadi sangat cocok untuk melepas stress atau sekedar untuk bersantai di tempat ini. Selain itu, dibawah pohon Bunut Bolong ini terdapat jalan aspal yang menghubungkan Jembrana dengan Buleleng. Hal itu merupakan salah satu faktor yang membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Mungkin jika kalian melewati jalan ini, jangan ragu untuk berhenti sebentar untuk melepas lelah setelah diperjalanan dengan ditambah secangkir kopi hangat pasti akan sangat memanjakan.

 

TERIMAKASIH

BERBEDAH BERBEDA

Filed under: Tulisan —— prayogaadi @ 9:22 am

Apa yang terlintas dipikiran kita saat mendengar kata membedah? Tentu sesuatu yang kita buka dan cari tahu lebih mendalam. Tetapi tidak dengan yang saya istilahkan berbedah disini, saya ingin berbagi pikiran saya tentang sesuatu yang saya anggap menarik walaupun tidak terlalu penting, mari kita mulai.


Berbedah? Berbeda? Awalnya ini kata yang menurut saya menarik untuk saya ulas, istilah yang saya anggap dengan Berbedah disini adalah saat kita membuka pikiran kita untuk sesuatu yang baru dengan mendalami ide kita atau cara berpikir yang mungkin nantinya hanya kita yang akan mengerti, sehingga nantinya akan menjadi kata keduanya yaitu Berbeda .

Secara mudah, Berbeda diartikan dengan sesuatu yang tidak sama. Lalu, mengapa saya tertarik dengan kata ini? Karena menurut saya kata ini mudah diartikan namun sulit dilakukan. Tidak banyak orang yang berani untuk keluar dari zona aman untuk menjadi berbeda, terlalu sulit untuk berani menjadi berbeda, baik dalam berkarya atau berbeda dalam hal apapun, memang ada saat dimana kita harus menjadi sama dengan yang lainnya, namun akan lebih banyak saat-saat dimana kita lebih baik menjadi berbeda.
Dua kata menarik ini saya satukan kemudian mendapatkan arti dari Berbedah Berbeda adalah cara berpikir atau berpandangan yang berbeda, yang mana saat kita bisa berbedah dengan berbeda, kita akan memiliki diri kita sendiri yang mungkin akan lebih baik tergantung dari bagaimana kita menanggapinya.
Tulisan ini adalah persepsi atau pandangan saya sendiri, mohon maaf jika mungkin kita tidak memiliki pandangan yang sama.

TERIMA KASIH

Maret 19, 2018

KARYA SENI RELATIF & TAK SEJALAN

Filed under: Tak Berkategori —— prayogaadi @ 8:28 pm

Seni seperti yang kita ketahui bersama adalah hasil buah fikiran manusia atau segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni diciptakan untuk dinikmati keindahannya.

Dalam menikmati hasil karya seni, seseorang memiliki perspepsi atau pandangan mereka sendiri, inilah yang saya katakan seni itu relatif (tidak mutlak). Sesuatu yang bisa kita nikmati belum tentu bisa dinikmati oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Kenapa seperti itu? Karena masing-masing orang memiliki kriteria indah, bagus, dan menarik menurut mereka. Salah satu contoh adalah ketika kita menonton pertunjukan musik yang isinya sebuah karya musik kontemporer, tak semua orang bisa menikmati musik tersebut, untuk orang awam musik itu terdengar aneh ditelinga mereka, tetapi tidak untuk mereka yang mengerti, orang-orang yang mengerti musik tersebut akan dapat menikmati, dan memahami apa isi dari musik tersebut.

Kemudian apa yang saya sebut tak sejalan? Orang-orang yang berkesenian atau menciptakan sebuah karya seni memiliki jalan mereka masing-masing, tak satupun yang bisa dipaksakan untuk memilih sebuah jalan dalam berkarya, karena seni itu bebas. Terkadang orang-orang itu sengaja menciptakan sebuah karya seni yang mungkin terdengar aneh untuk sebagian orang, mereka ingin terlihat berbeda dengan jalan mereka masing-masing tergantung bagaimana mereka bisa mempertanggungjawabkan hasil karya mereka. Karena menurut saya, karya seni akan menarik jika memiliki identitas, yang nantinya karya kita itu akan menjadi identitas kita.

Jadi, menurut saya berkarya itu tidak harus sejalan dan monoton, kita bebas berkarya dengan jalan kita sendiri selama tidak merugikan orang lain, 1 (satu) orang tidak menyukai karya kita,belum tentu 9 (sembilan) orang lainnya beranggapan sama, karena karya seni itu RELATIF & TAK SEJALAN.

Tulisan ini adalah persepsi atau pandangan saya sendiri, mohon maaf jika mungkin kita tidak memiliki pandangan yang sama.

 

TERIMA KASIH

Februari 28, 2018

Halo dunia!

Filed under: Tak Berkategori —— prayogaadi @ 10:49 am

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!

Powered by WordPress WPMU Theme pack by WPMU-DEV.