Sampik Ing Tai

This post was written by pradifthasedang on Juli 19, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Sampik Ingtai adalah salah satu cerita yang cukup populer di Bali. Tersebutlah seorang pemuda bernama sampik dan seorang gadis bernama ingtai. Kedua sejoli ini bertemu di sebuah sekolah untuk anak laki – laki di Kota Anciu. Kenapa Ingtai bisa masuk sekolah laki-laki? ya jawabnya simpel saja, karena Ingtai menyamar menjadi laki-laki.

Sampik dan Ingtai berteman akrab di sekolah tersebut, mereka sering ngobrol bersama, makan bersama, hal ini membuat Ingtai jatuh cinta kepada Sampik sehingga Ingtai membuka rahasia dirinya ke Sampik yaitu bahwa Ingtai adalah seorang wanita. Ini membuat Sampik juga jatuh cinta kepada Ingtai.

Dengan berakhirnya masa menuntut ilmu di kota Anciu, Sampik dan Ingtai kembali ke kampungnya mereka masing-masing, namun cinta mereka tetap membara dihati masing-masing, mereka berdua telah berjanji untuk sehidup semati. Sebelum berpisah Ingtai berkata kepada sampik, jika sampik mencintai dirinya, datanglah ke rumah nya dan lamar dia. Sampik pun berjanji akan meminang Ingtai suatu saat nanti.

Sampik dengan cinta membara dihati, bekerja keras dikampungnya mengumpulkan uang untuk menabung membuat rumah, membeli pakaian dan untuk biaya perjalanan, untuk menemui Ingtai.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, setelah sampik merasa cukup dan percaya diri, akhirnya sampik memberanikan diri datang mencari Ingtai sang pujaan hatinya. Setelah bertanya kesana kemari, melewati perjalanan yang jauh, akhirnya Sampik bisa bertemu Ingtai, namun Sampik shock mengetahui karena Ingtai sudah menikah karena dijodohkan oleh orang tuanya.

Luka hati yang mendalam si sampik membuat dirinya menderita, dan larut dalam kesedihan yang berkepanjangan, dia tidak bisa move on. Lama kelamaan kondisi sampik memburuk sampai akhirnya dia jatuh sakit dan meninggal dunia.

Berselang beberapa lama, terdengar kabar ke telinga Ingtai bahwa sampik telah meninggal karena menderita kehilangan pujaan hatinya. Ingtai yang sudah berjanji untuk sehidup semati dan masih memendam cinta dihatinya untuk sampik, lalau mencari alasan untuk melihat kuburan Sampik. Ingtai menangis terisak – isak di kuburan Sampik, Ingtai juga mengalami sedih yang mendalam, akhirnya dia berdoa memohon agar diijinkan bersatu bersama Sampik. Para dewa yang mendengar doa dari Ingtai mengabulkan doanya, seketika kuburan Sampik terbuka dan Ingtai pun melompat kedalamnya untuk tidur disisi Sampik dan kuburan tertutup kembali. Akhirnya Sampik dan Ingtai bersatu dalam keabadian.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post: