Melasti Desa Adat Kerobokan 2019

Om Swastiastu semeton bali. blog kali ini saya akan membahas tentang upacara melasti di desa adat kerobokan. Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Sementara itu, terkait upacara melasti dalam rangkaian menyambut hari suci umat Hindu Nyepi tahun Baru Caka 1941 pada Senin (4/3) di desa Adat Kerobokan akan dipusatkan di Pantai Petitenget, Badung. Dalam pelaksanaan Melasti itu kurang lebih sebanyak 170 Jempana akan diusung warga menuju pantai Petitenget dengan iringan krama 84 Banjar sewewengkon Desa Adat Kerobokan. Kurang lebih akan ada sebanyak 170 Jempana yang akan tedun diusung besok. Dengan melibatkan 84 Banjar dengan total krama pengiring diperkirakan mencapai ribuan orang dari total keseluruhan jumlah krama dari tiga desa yaitu, Desa Adat Kerobokan, Desa Adat Padangluwih dan Desa Pakraman Padangsambian,

upacara melasti diiringin dengan gambelan baleganjur .

Beleganjur ngarap “SDM Kerobokan”

om swastiastu semeton bali pecinta beleganjur bali.selamat datang di blog ketiga saya ini, yang kali ini akan membahas mengenai beleganjur. beleganjur adalah salah satu ensamble gambelan bali. istilah ini berasal dari kata Bala dan Ganjur. Bala berarti pasukan atau barisan, ganjur berarti berjalan.

beleganjur biasa digunakan pada saat upacara ngaben ( pitra yadnya ) dan bisa juga digunakan pada saat upacara melasti. upacara ngaben yang dilakukan oleh umat hindu di bali dengan di iringin beleganjur. gambelan beleganjur juga sering di lombakan di desa atau pun di tingkat umum di bali.

Tabuh lelambatan “kembang perkutut”

0m swastiastu semeton bali pencinta gong kebyar. selamat datang di blog kedua saya ini, yang kali ini akan membahas tentang tabuh lelambatan kembang perkutut. tabuh kembang perkutut diciptakan oleh bapak I wayan brata dan Bapak suartajaya, sejak tahun 1997. tabuh lelambatan kembang perkutut pernah di lombakan di puspem badung sejak tahun 2016.

uniknya dari tabuh lelambatan kembang perkutut adalah bagi saya melodinya sangat mengalir dan melodi yang diciptakan sangat menarik perhatian saya, maka dari itu saya sanget senang mendengarkan dari tabuh lelambatan kembang perkutut ini.

RINDIK BALI ANGREK ANGELO

Om Suastiastu semeton bali pencinta rindik bali. Selamat datang di blog pertama saya ini, yang kali ini akan membahas mengenai kearifan lokal berupa sebuah kesenian musik terbuat dari bambu yang kita kenal dengan sebutan rindik. Yang paling unik dari kesenian musik ini adalah nilai klasiknya dan gending gending yang bersifat menyejukan hati dan sangat indah, saya telah mencintai kesenian rindik ini mulai dari saya kelas satu SMA walaupun belum handal sampai sekarang.

Beberapa tabuh klasik sangat memberikan kesan yang sangat halus dan indah yang terkadang membuat si pendengar terbawa dengan suasana bahkan si penabuh pun bisa terbawa suasana. Benar benar indah dan menawan . Kesenian rindik ini tidak hanya di kenal di daerah bali namun sudah banyak di kenal di manca negara, karena keindahan nya ini kesenian rindik ini dapat menarik perhatian wisatawan manca negara yang berpariwisata di daerah bali, bahkan saking tertariknya beberapa dari mereka sampai mempelajari kesenian ini di bali.

Salah satu tabuh klasik yang sudah di kenal oleh pecinta kesenian rindik di seluruh bali yaitu tabuh anggrek angelo, tabuh ini merupakan salah satu jenis tabuh yang bersifat umum di pelajari oleh seniman rindik.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!